Apa itu vlog ? Manfaat dan Tips Menjadi Vlogger Terkenal!

apa itu vlog

Pada era globalisasi 4.0 ini, teknologi memang sudah semakin canggih bahkan telah mendominasi seluruh kegiatan di dunia. Karena itu, banyak sekali orang yang memulai mengembangkan hobinya dengan merekam aktivitas-aktivitas mereka. Nantinya, video tersebut akan mereka upload ke media sosial dengan tujuan untuk menambah kepopularitasan. Nah, untuk kamu yang memiliki hobi atau senang berkecimpung dalam bidang fotografi dan videografi, pasti kamu akan tertarik untuk menjadi vlogger. Lalu sebenarnya, apa itu vlog, dan bagaimana tips menjadi vlog terkenal? Simak penjelasannya.


Apa Itu Vlog?

Kegiatan blogging adalah sebuah kegiatan untuk membagi sesuatu konten yang bisa berisi topik apa saja. Blogging sendiri mempunyai banyak jenis, namun keseringan, orang-orang melakukan blogging tulisan dan blogging video. Blogging video inilah yang menjadi asal muasal nama vlog. 

Vlog atau singkatan dari video blogger sendiri adalah sebuah konten yang berupa video dan biasanya terbagi atas berbagai jenis. Seperti vlog tentang kehidupan sehari-hari, atau vlog khusus seperti makeup, makanan, dan lain-lain. 

Biasanya, pada pembuatan konten video ini, orang-orang akan mengedit video mereka sedemikian rupa agar dapat menarik penonton.

Selain itu, durasi rata-rata seseorang dalam membuat sebuah vlog adalah sekitar 10 sampai 15 menit saja. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan adanya video blog yang akan mencapai waktu lebih dari waktu tersebut, bahkan ada juga video blog yang sampai berjam-jam durasinya. 

Cara membuat blog video atau vlog juga cukup mudah. Kamu tinggal merekam kegiatan yang ingin kamu tampilkan pada khalayak ramai dengan kamera dan hubungkanlah dengan media-media lain. Vlog ini mulai booming pada tahun 2014. 

Saat itu, banyak sekali orang yang ingin mencari penjelasan tentang apa itu vlog dan bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya.


Persiapan Sebelum Membuat Vlog

Perlengkapan dan persiapan yang harus kamu lakukan sebelum membuat vlog adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Alat

Mempersiapkan tool/alat yang akan kamu pakai saat kamu ingin merekam vlog milikmu, Seperti namanya, yang perlu kamu siapkan pertama kali adalah alat-alat rekam yang akan kamu gunakan untuk merekam vlog ataupun video milikmu. 

Perangkat-perangkat tersebut tentu saja bermacam-macam. Kamu bisa bebas memakai kamera ataupun memakai ponsel untuk merekam tergantung budget yang kamu miliki.

Baca Juga:   Tips Convert YouTube to MP3 dengan Mudah dan Cepat

2. Siapkan Software Editing

Selain merekam, perlengkapan lainnya yang penting adalah software untuk mengedit video-video yang sudah kamu rekam. Tentunya, hal ini sangat memerlukan keterampilan karena berhubungan dengan berbagai macam teknik untuk membuat video tersebut tidak membosankan. Kamu bi menggunakan aplikasi edit yang tersedia seperti Filmora, Adobe dll.

3. Membuat Thumbnail

Selanjutnya yang kamu perlu siapkan dalam mengerjakan video blogger adalah membuat thumbnail pada bagian awal video. Thumbnail atau tampilan depan ini akan kamu tempatkan pada bagian awal video dan bertujuan untuk menarik penonton. Thumbnail biasanya berisi hal-hal atau tulisan maupun visual yang menjadi topik utama yang kamu ambil pada konten video vlog kamu.


Apa Itu Vlogger?

Selain pertanyaan apa itu vlog, kamu juga harus mengetahui tentang apa itu vlogger. Vlogger adalah sebutan khusus untuk seseorang yang melakukan kegiatan video blogging. Biasanya vlogger-vlogger ini mengirim atau meng-upload video mereka ke media sosial seperti Instagram atau Youtube. Kedua media sosial itu memang menjadi populer karena menyediakan platform luas untuk pengguna.

Selain itu, pengguna kedua media sosial tersebut juga sangat banyak. Hal inilah yang menjadi alasan utama para vlogger memilih Instagram dan Youtube sebagai tempat untuk menambah kepopularitasan mereka.

Menjadi seorang vlogger juga tidak harus memiliki ketentuan-ketentuan khusus seperti harus berusia 18 tahun baru bisa menjadi vlogger. 

Youtube mencatat bahwa vlogger muda sekitar umur 9 sampai 15 tahun hampir sama banyaknya dengan para vlogger yang sudah dewasa. Hal ini karena para vlogger anak-anak tersebut mempunyai konten dengan tema dan topik yang sesuai dengan umur mereka. 

Youtube dan Instagram sendiri adalah aplikasi yang tidak mengatur batas usia para pengguna, dalam kata lain pengguna kedua media sosial tersebut boleh dari rentang usia mana saja asalkan mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Video yang kamu tampilkan juga akan terus terpantau oleh tim youtube. Jika mereka menilai video yang kamu posting tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pihak Youtube mempunyai hak untuk menghapus video kamu tanpa harus melakukan persetujuan.

Menjadi seorang vlogger juga mewajibkan kamu memiliki kemampuan bahasa yang baik, artinya, kamu harus bisa memberikan informasi-informasi yang dapat mengedukasi ataupun menghibur seseorang. Kemampuan dalam memilih konten juga sangat perlu untuk kamu tingkatkan jika kamu ingin menjadi seorang vlogger.


Manfaat Vlog

Manfaat Vlog sendiri tentunya sangat banyak dan dapat berpengaruh pada orang banyak maupun vlogger itu sendiri. Selain mengenal apa itu vlog, kamu juga tentunya harus mengetahui apa sebenarnya manfaat vlog kamu agar semakin meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam membuat video blog tersebut. Manfaat vlog antara lain adalah sebagai berikut :

Baca Juga:   Pengaruh IG Live Untuk Bisnis Beserta Tips Agar Banyak Ditonton

1. Informasi dan Pengetahuan Baru

Kebanyakan, konten yang ada pada media sosial menyediakan informasi dan pengetahuan baru setiap harinya. Konten-konten yang menyediakan informasi dan pengetahuan baru ini adalah konten-konten yang masuk ke dalam jenis konten “how-to”. 

Konten how-to atau singkatnya adalah konten tutorial memang bertujuan untuk menginformasikan kepada para penonton cara terbaik untuk dapat melakukan sesuatu hal.

Selain konten berjenis how-to, jenis lain yang berisi informasi dan pengetahuan baru adalah seperti konten yang berasal dari beberapa sumber. Contohnya, konten-konten yang mengambil topik science ataupun topik yang ada pada jurnal-jurnal maupun kejadian nyata. 

Konten informasi juga biasanya menginformasikan kepada penontonnya berita-berita terkini yang ada pada masyarakat. Seperti berita dari kalangan artis, maupun berita-berita mengenai peramalan cuaca yang sumber nya pasti.

Beberapa video blogging juga dapat menggiring opini para penontonnya hingga mereka saling berbagi informasi pada kolom komentar.

2. Untuk Hiburan Bagi Para Penonton

Apa itu vlog yang berisi hiburan untuk para penonton? Vlog jenis ini biasanya adalah vlog bergenre komedi atau parody. Tujuannya adalah membuat para penonton merasa bahagia terhadap konten tersebut. 

Hal ini juga menjadi kebanggaan untuk seorang vlogger karena ia mampu membuat karya yang menghibur orang banyak tanpa harus menjatuhkan orang lain.

3. Mendapatkan penghasilan

Mendapatkan penghasilan dari membuat konten video juga sudah menjadi hal biasa dalam dunia media sosial. Banyak platform yang menawarkan untuk memberikan monetisasi dan bayaran tergantung seberapa banyak penonton video kamu. 

Semakin banyak penonton yang menonton dan menjadi langganan pada channel milikmu, maka akan semakin banyak pula media sosial tersebut akan membayarmu.

Beberapa media sosial yang memberikan keuntungan untuk kamu adalah Youtube. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kesempatan besar dalam menerima engagement lain seperti endorsement dan iklan.

4. Mendapatkan Kepopularitasan

Salah satu manfaat vlog bagi para vlogger adalah mereka dapat menjadi terkenal dan menambah kepopularitasan mereka. Hal ini dapat diwujudkan jika video yang mereka buat tersebut menjadi viral dan mempunyai banyak penonton. Para vlogger ini tidak jarang akan melebarkan sayapnya ke dunia entertainment ataupun liputan media.

Inilah kenapa membuat vlog dapat menjadi sebuah batu loncatan kamu untuk sukses dan meraih mimpi kamu. Kamu juga akan mendapatkan banyak penggemar yang menunggu karya-karyamu selanjutnya.


Tips Menjadi Vlogger Terkenal

Setelah membahas tentang apa itu vlog dan berbagai macam manfaatnya, kamu juga harus mengerti apa-apa saja tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi vlogger terkenal. 

Baca Juga:   Cara Membuat Channel Youtube di HP dan PC

Hal ini dapat kamu lakukan jika video vlog kamu dapat menempati urutan teratas dalam algoritma media sosial hingga video tersebut banyak menjangkau orang banyak untuk mau menontonnya. Berikut ini tips menjadi vlogger terkenal yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih Platform Unggah

Dalam menjadi vlogger langkah pertama adalah memilih platform tempatmu akan mengunggah video. Hal ini sangat krusial karena akan menentukan seberapa banyak pengguna yang akan menonton video kamu. Pilihkan media sosial yang sudah terkenal dengan konten-konten videonya yang populer.

Pilih juga media sosial yang dapat digunakan oleh semua umur. Hal ini akan membuat video kamu memiliki potensi tinggi untuk dapat terlihat. Biasanya, masa-masa remaja adalah masa dimana seseorang mempunyai waktu lebih banyak untuk berada pada media sosial, jadi unggahlah video mu pada media sosial kegemaran para remaja. Salah satu contohnya adalah Youtube.

Selain Youtube, media sosial lainnya yang bisa kamu pakai adalah Tiktok. Media sosial Tiktok ini juga memiliki banyak sekali pengguna yang tentunya dapat menaikkan popularitas kamu. Poin plusnya, Tiktok lebih cepat untuk mempromosikan video kamu.

2. Tentukan Tema

Sebuah hal yang wajib kamu tentukan sebelum mengunggah video milikmu adalah menentukan tema yang akan kamu kembangkan pada satu akun tersebut. Jauhilah tema bebas yang tidak terkategori. Hal ini akan membuatmu menjadi seseorang yang tidak konsisten dengan topik yang akan kamu buat pada video mu selanjutnya.

Hal ini juga akan membantu platform media sosial tersebut dalam merekomendasikan akun milikmu ke beranda para penonton yang memiliki riwayat ketertarikan pada tema itu. Kamu juga akan semakin mudah untuk mengorganisir target pasar kamu.

3. Menemukan Ciri Khas Kamu

Ciri khas juga bisa menjadi tips menjadi vlogger terkenal selanjutnya. Hal ini akan menunjukkan sisi keunikan kamu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ciri khas ini bisa saja kamu dapatkan dari nada suara kamu, atau dari slogan pembuka kamu, atau yang lain. Sebaiknya jangan mencontek ciri khas orang lain karena para penonton akan menganggapmu sebagai peniru.

4. Buat Ide Konten Yang Menarik Minat

Membuat ide konten yang menarik menjadi penjelasan dari apa tu vlog versi kamu. Jika kamu ingin, kamu bisa membuat konten dengan topik yang sedang populer pada saat itu agar semakin menarik minat para penonton.

Itulah penjelasan tentang apa itu vlog dan bagaimana tips menjadi vlogger terkenal yang bisa kamu lakukan untuk video blogger kamu. Semoga artikel ini membantu!


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password