Apa itu Tiktok Shop? Inilah Cara Membuat Tiktok Shop!

apa-itu-tiktok-shop-influencer101

Fitur belanja online sudah marak tersedia, khususnya pada aplikasi. Banyak aplikasi yang akhirnya menambahkan fitur ini ke dalamnya. Tentu saja hal ini ada kaitannya dengan permintaan belanja oleh masyarakat.

Berdasarkan umum, minat masyarakat pada belanja online sangat tinggi. Segala kemudahan yang ada membuat masyarakat lebih suka berbelanja secara online daripada datang langsung ke tempatnya. Apalagi jika ada diskon yang tersedia di aplikasi belanja online tersebut.

Setelah aplikasi Instagram, kini Tiktok sudah meluncurkan fitur belanja yang bernama Tiktok Shop. Cara penggunaannya juga hampir sama, mungkin karena keduanya sama-sama memuat fitur belanja.

Apa itu Tiktok Shop?

Tiktok Shop merupakan fitur terbaru dari Tiktok, yang mana berfungsi untuk transaksi jual beli dengan melalui aplikasi Tiktok secara langsung. 

Tiktok Shop memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenis Facebook Shop dan Instagram Shopping, yakni calon pembeli dapat langsung membeli barang pada aplikasi Tiktok tanpa harus mengunjungi situs web resmi dari toko. 

Dari mulai chatting sampai transaksi pembayaran, kamu bisa melakukannya langsung pada aplikasi Tiktok.

Sebagai aplikasi dengan pengguna yang banyak, aplikasi Tiktok berhasil memiliki jumlah unduhan dengan total lebih dari 2 miliar kali. Total tersebut tercatat pada per tiga bulan pertama tahun ini dan perhitungan secara global.

Pada tahun 2020 kuartal satu, perusahaannya telah berhasil menembus jumlah unduhan dengan nilai tinggi jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Mencapai 315 juta unduhan, baik itu pada Google Play Store maupun App Store.

Adanya peningkatan pada jumlah unduhan Tiktok, yakni tahun 2018 antara kuartal satu dan empat. Akan tetapi, pada tahun berikutnya yakni 2019, jumlah unduhan Tiktok sempat mengalami penurunan. Bahkan, pada tahun 2018 kuartal dua sampai 155,9 juta unduhan.

Google Play Store menyumbangkan sebagian besar jumlah unduhan dari aplikasi Tiktok. Sehingga, perusahaan dapat mengumpulkan lebih dari 1,5 miliar unduhan atau bisa dikatakan mencapai 75% dari keseluruhan jumlah unduhan. Sebaliknya, App Store menghasilkan 495,2 juta unduhan atau 24,5% dari total unduhan.

Dengan menggunakan Tiktok Shop, para pengguna dapat berbelanja sambil mengakses aplikasi Tiktok. Sehingga, kamu tidak perlu beralih ke aplikasi lain ketika transaksi pembayaran. Oleh karena itu, transaksi jual beli akan terasa lebih mudah.

Banyak juga beberapa e-commerce yang bergabung ke Tiktok Shop untuk memasarkan produk, diantaranya adalah JD.ID dan Tokopedia. Berbelanja di Tiktok Shop akan melewati proses yang begitu mudah. 

Karena kamu hanya perlu memastikan aplikasi Tiktok sudah terpasang di ponsel kamu adalah versi terbaru dan harus memiliki akun yang terdaftar. Tiktok Shop juga menawarkan berbagai produk dengan merek ternama maupun produk UKM.

Bahkan, para pengguna dapat berbelanja langsung dengan berbagai promo dan kesempatan menerima hadiah. Selain itu, Tiktok Shop juga mendukung pembelian pada barang, baik itu melalui siaran langsung toko maupun unggahan produk.


Cara Membuat Tiktok Shop untuk Pemula

Berikut cara daftar Tiktok Shop :

1. Daftar Akun ke Tiktok Shop Seller

Silahkan masuk ke website resmi Tiktok shop seller.

apa-itu-tiktok-shop-influencer101

Untuk mendaftar akun, kamu bisa melalui tiga cara, yakni antara mendaftar dengan akun Tiktok, nomor ponsel, atau akun email. Setelah itu, verifikasi nomor telepon dan alamat email.

apa-itu-tiktok-shop-influencer101

Selamat, akun Tiktok Shop kamu sudah terdaftar!

apa-itu-tiktok-shop-influencer101

2. Mengisi Informasi Data Pribadi

Setelah akun sudah terdaftar, maka kamu wajib untuk mencantumkan informasi mengenai data pribadi. Diantaranya adalah alamat, email, nomor telepon. dan lainnya. Kemudian, jangan lupa juga untuk memasukkan informasi tentang bisnis apa yang akan kamu jalankan. 

Informasinya terkait nama toko, alamat toko, jenis bisnis maupun produk yang dijual, dan hal penting lainnya. Dengan adanya informasi ini, sehingga bisnis yang kamu jalankan akan mudah konsumen ingat. 

Setelah itu, isi informasi mengenai registrasi bisnis dan hal lain yang berkaitan. Ini bertujuan agar akun kamu mendapatkan verifikasi dari Tiktok Shop. Jadi ketika sudah berhasil terkonfirmasi, maka secara resmi Tiktok Shop bisa kamu gunakan.


Manfaat Tiktok Shop

Meskipun platform media sosial lain sudah banyak menyediakan fitur e-commerce, Namun Tiktok Shop memiliki beberapa manfaat yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Berikut beberapa manfaat Tiktok shop:

1. Aplikasi Multifungsi Untuk Media Sosial dan Berbelanja

Pada saat ini, ketika kamu ingin berbelanja, maka tidak perlu membutuhkan lagi marketplace. Karena dengan adanya fitur ini, kamu akan mendapatkan dua gabungan antara media sosial dan marketplace sekaligus.

Oleh sebab itu, fitur ini memang sangat multifungsi. Selain dapat membuat space ponsel lebih kecil, fitur ini juga terlihat lebih menarik dan tentu saja praktis.

2. Terdapat Banyak Promo

Biasanya, pelanggan e-commerce akan mengeluh mengenai besaran promo dan ongkir yang sering terbatas. Kini kamu bisa dengan mudah menikmati promo besar-besaran yang ada pada fitur ini. 

Berbagai produk mulai dari peralatan rumah tangga, kuliner, dan bahkan fashion  bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau dan bonus ongkir seluruh Indonesia.

3. Luas Pasar Untuk Pebisnis

Dengan menggunakan fitur ini, kesempatan dan peluang baru bagi pebisnis akan terbuka luas. Sehingga, memperluas jangkauan audiens akan membuka kesempatan untuk menarik buyer dan meningkatkan omzet menjadi lebih banyak lagi.

4. Tiktok Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Memiliki pengguna aktif yang sangat banyak, dalam sehari rata-rata pengguna akan membuka aplikasi sebanyak 8 kali. Sehingga, aplikasi ini tidak kalah dengan sosial media lainnya.

Ketika mempromosikan sebuah produk, Tiktok akan menampilkan berbagai konten menarik dengan hastag yang sesuai, sehingga produk pun banyak dilirik oleh pengguna.

Karena aplikasi ini sangat populer, maka Tiktok memiliki manfaat yang beragam. Mulai dari pengetahuan baru, kesehataan, edukasi, dan bahkan sekarang sudah banyak universitas atau sekolah yang menggunakan Tiktok untuk promosi maupun membentuk branding.

5. Dapat Mudah digunakan

Tidak sedikit orang yang belum memiliki keterampilan dalam mengedit sebuah video, sehingga dengan hadirnya aplikasi ini, maka pengguna akan mudah mengedit. Tiktok menyediakan beberapa tools canggih, diantaranya adalah timer, start, stop record, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam filter, green screen, sticker, GIF, emoji, teks, transisi, dan lain-lain. Kamu juga bisa dengan bebas menambahkan backsound untuk video dan fitur live yang tersedia mirip dengan sosial media lainnya.

6. Sangat Populer di Kalangan Remaja

Jika usia remaja adalah target market dari produk kamu, maka melakukan promosi di Tiktok sangatlah tepat. Hal ini karena pengguna Tiktok di Indonesia lebih dominasi pada generasi Y dan Z, yakni dengan rata-rata usia 14-24 tahun.

Selain itu, usia remaja menjadi generasi yang menjorong konsumtif dan tidak impulsif. Sehingga, Tiktok Shop adalah media promosi yang cocok untuk dapat menjangkau target pasar.

7. Hashtag Berguna Untuk Discover Feed

Memiliki fitur hashtag atau tanda pagar yang dapat membantu pengguna menemukan konten dengan mudah. Kamu bisa membuat hashtag yang sesuai dengan tema, gampang diingat, dan relevan pada produk yang akan kamu jual. 

Jangan lupa untuk menambahkan #fyp pada konten kamu, ini bertujuan agar konten dapat muncul pada halaman pengguna lainnya. Biasanya, jika sebuah konten berhasil masuk FYP, maka kamu secara otomatis akan memperoleh komen, like, maupun share

Selain itu, kamu juga bisa membuat challenge baru untuk menaikkan branding produk. Misalnya seperti beberapa promosi yang artis lakukan untuk membuat tantangan baru dengan lagu mereka. Diantaranya adalah Justin Bieber, Zico, dan artis lainnya.

8. Tersedia Tiktok Ads

Aplikasi ini memiliki fitur ads atau iklan yang bisa kamu gunakan untuk membuat jangkauan konten produk menjadi maksimal. Apalagi membuat Tiktok ads cukup mudah.

Pertama, kamu bisa menuju ke laman aplikasi Tiktok, lalu isi beberapa data yang tersedia. Setelah itu, kamu tentukan tujuan mengapa iklan dibuat dan atur target pasar serta anggaran.

Selanjutnya unggah foto atau video, tambahkan Call To Action (CTA) untuk iklan, dan sudah selesai. CTA ini akan berfungsi sebagai alat untuk mengarahkan pengguna TikTok menuju website, install aplikasi, atau hal lainnya yang ingin kamu capai.


Kesimpulan

Saat ini, Tiktok sedang naik daun. Sehingga, hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk mempromosikan produk maupun jasa yang kamu jual. Akan tetapi, kamu juga perlu untuk memperhatikan pembuatan konten yang harus menarik dan menyenangkan. 

Ini bertujuan untuk membuat pengguna menonton konten sampai selesai, selain itu mereka juga akan memberikan reaksi yang berupa like dan komen. Sehingga, memungkinkan juga mereka untuk mengunjungi website maupun install aplikasi yang kamu inginkan.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online, namun tidak tahu harus memulai memasarkannya dimana. Maka, tidak ada salahnya jika mencoba mendaftar Tiktok Shop. Seller dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan marketing. Selain itu, kamu juga dapat memperluas pasar dari produk yang kamu jual loh!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password