Apa Itu TikTok Lite? Berikut Perbedaannya dengan TikTok

apa itu tiktok lite

Sebagai generasi yang telah melewati masa milenium, teknologi adalah salah satu hal yang sangat populer. Perkembangan gadget pun tidak terelakkan, bahkan macam-macam gadget pun lebih beragam. Terutama dalam perkembangan aplikasi, salah satunya adalah media sosial TikTok lite.

Media sosial di masa ini merupakan satu dari banyak hal yang digandrungi oleh setiap orang, terutama oleh kawula muda. Fungsi dari sosial media sangat beragam, terutama dalam menjadi wadah untuk menuangkan kreativitas para penggunanya. 

Sedikit berbeda dengan masa sebelum milenium yang hanya bisa menuangkan kreativitas secara terbatas melalui tulisan atau televisi, saat ini era teknologi 4.0 membantu menyebarkan konten tanpa batas. Tidak hanya untuk satu negara, melainkan seluruh dunia.

Media yang saat ini booming dan banyak kawula muda gunakan adalah TikTok. Ia adalah aplikasi yang memberikan kuasa para pengguna untuk mengunggah bermacam-macam video dengan tema yang berbeda-beda. Menonton video melalui Tiktok adalah salah satu kepuasan sebab banyak ilmu yang tersebar.

Mulai dari ilmu pembelajaran hingga ilmu kehidupan. Namun yang membuat beberapa orang mundur untuk uninstall aplikasi ini juga tidak sedikit. Hal ini karena aplikasi TikTok cukup memakan banyak memori internal smartphone dan kadang membuat kinerja smartphone melambat.

Kendati demikian, masih ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Nah, apabila kamu salah satu dari mereka yang kekurangan memori internal ada solusinya nih. Untuk memangkas memori aplikasi yang terlalu besar, kamu dapat menginstall TikTok versi lebih ringan dengan fitur yang sama.

Aplikasi dengan versi ini disebut dengan TikTok Lite. Sebenarnya apa itu TikTok Lite? Bagaimana cara kerjanya? Kemudian bagaimana cara install TikTok Lite apk? Berikut adalah penjelasan lengkapnya. Check it out!


Apa Itu TikTok Lite?

Dilansir dari Google Play Store, TikTok Lite apk merupakan platform sosial media yang terdapat dukungan musik di dalamnya. Berbagai macam musik pun dapat kamu temukan di dalam aplikasi ini, mulai dari musik untuk dance, gaya bebas, maupun pertunjukan tertentu. 

Aplikasi ini mendorong para penggunanya untuk menyalurkan bakat dan kreativitas melalui video berdurasi pendek. Banyak yang tidak hanya menampilkan tarian, namun juga imajinasi yang dihadirkan melalui video dengan tulisan tertentu. 

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Live Streaming YouTube dengan Mudah

TikTok Lite apk sengaja merancang aplikasi ini sebagai wadah untuk para generasi muda membuat video pendek yang unik dengan mudah dan bisa cepat terunggah agar dapat tersebar ke seluruh penggunanya di dunia. 

Beberapa keunggulan tiktok lite yang utama meliputi fitur pengenalan wajah yang maksimal. Aplikasi ini akan merekam setiap ekspresi wajah yang Anda rekam, seperti ekspresi keren, lucu, bahagia, dan semua ekspresi lain. Selain itu, fitur ini dibantu dengan kecepatan pengambilan gambar dengan kualitas tinggi dan cepat. 

Kedua, aplikasi yang juga menyebar video ini memiliki tajam dan nyata. Sehingga videonya terbuat secara instan, antarmuka pun mulus, dan tanpa macet. Detail apapun yang terekam dalam video akan terlihat nyata dan tanpa cacat. 

Kemudian salah satu keunggulan yang sangat anak muda sukai adalah kapabilitas TikTok dalam memberikan layanan penyuntingan video yang dapat menggabungkan gambar dan video dalam satu frame. Yang mana video tersebut nantinya dapat diberi tambahan musik, sinkronisasi ritme, dan efek spesial yang unik dan menarik.  

Terakhir, TikTok lite membantu para penggunanya memilih musik mana yang kira-kira cocok mereka gunakan untuk melengkapi video yang sudah mereka buat. Pustaka musik yang aplikasi ini sediakan lengkap dan kamu pun bisa menemukan musik dari semua genre di seluruh dunia.


Perbedaan TikTok dan Tiktok Lite

ByteDance sebagai perusahaan yang meluncurkan aplikasi satu ini awalnya tidak mengeluarkan versi lite di Indonesia. Mereka hanya menyediakan versi asli yang berukuran lebih besar, namun sekitar tahun 2018 ByteDance memutuskan untuk meluncurkan versi lite di Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. 

TikTok merupakan salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Dilansir dari Sensor Town aplikasi ini telah terunduh sebanyak 350 juta kali di empat bulan pertama tahun 2021. 

Namun tak kalah dengan versi asli, versi lite juga cukup populer dengan jumlah unduhan sebanyak 100 juta kali di Google Play Store. Dua versi ini sebenarnya tidak terlalu bertolak belakang, namun keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing,

Apa itu perbedaan TikTok dan TikTok Lite? Berikut penjelasannya. 

Besar Memori Aplikasi

Perbedaan mencolok yang utama dari versi standar dan versi lite adalah jelas terlihat dari besar memori aplikasi. Untuk versi standar, ia berukuran lebih besar yaitu sekitar 75 MB. Namun itu hanya besaran aplikasi, belum besaran memori yang kamu butuhkan saat menginstal aplikasi ini.

Versi standar cukup memakan banyak memori, apalagi ketika kamu menyimpan dan mengunduh beberapa video dari TikTok. Bagi kamu yang memiliki memori handphone yang terbatas, versi lite adalah solusi terbaik apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini. 

Baca Juga:   Sistem Promosi Endorse dan Paid Promote, Manakah yang Lebih Efektif?

Versi lite hanya membutuhkan besaran aplikasi sebesar 21 MB saat pengunduhan. Sebagai tambahan, ia tidak akan mengambil banyak memori handphone. Kecuali apabila kamu mengunduh setiap video yang ada di dalam aplikasi tersebut. 

Ukuran File Aplikasi

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, versi standar memiliki besaran aplikasi 3 kali lebih besar daripada versi lite. Kendati demikian, ukuran file di dalam handphone pasti jauh lebih besar lagi.

Untuk versi standar, ukuran file aplikasi yang tersimpan di handphone bisa mencapai 300 MB. Bagi kamu dengan memori terbatas, ukuran file sebesar itu akan mengambil banyak tempat. Selain itu, memori yang penuh dapat mengakibatkan performa handphone menurun dan tidak secepat biasanya.

Sedangkan versi lite hanya berukuran setengah dari Tiktok versi standar, yaitu sekitar 182 MB. TikTok Lite adalah jawaban terbaik yang akan menjaga performa handphone tetap stabil tanpa harus mengambil banyak memori.  

Perbedaan Fitur Utama

Karena ukuran dan besaran aplikasi yang jauh berbeda, fitur yang disajikan oleh TikTok versi standar dan versi lite berbeda jauh. Beberapa fitur yang biasa kamu gunakan saat menggunakan versi standar akan terhapus saat kamu menggunakan versi lite.

Fitur-fitur yang tidak dapat kamu nikmati saat menggunakan versi lite meliputi fitur block list untuk memblokir pengguna yang tidak kamu sukai, fitur digital wellbeing untuk membatasi penggunaan aplikasi, dan fitur live photo untuk mengambil foto yang hasilnya berupa gambar bergerak.  

Sebagai tambahan, fitur duet yang biasa berguna untuk berkolaborasi dengan pengguna TikTok yang lain juga dinonaktifkan dalam versi lite. Kendati demikian, fitur-fitur utama yang lain masih dapat berfungsi di TikTok Lite dengan baik. Kamu masih bisa menyukai dan menyimpan video yang kamu sukai di aplikasi tersebut.

UI dalam TikTok dan TikTok Lite 

UI merupakan User Interface yang berarti tampilan desain dari sistem tertentu, ia dapat berupa halaman website maupun aplikasi. Menilik perbedaan ukuran yang cukup signifikan, kamu juga akan mendapati perbedaan dalam UI aplikasi versi standar dan versi lite.

Kedua versi ini memiliki tampilan UI dengan lima tab dalam halaman utama. Tab tersebut meliputi home, search, upload, inbox, serta profil yang muncul pertama kali saat membuka aplikasi. 

Perbedaannya adalah logo dari tab inbox yang muncul di versi standar dan versi lite. Untuk versi standar, logo tab tersebut berupa amplop. Sedangkan logo tab inbox dalam versi lite berupa petir. 

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula! Gampang Banget!

Kendati demikian petir dan amplop tidak menunjukkan perbedaan keestetikan yang menonjol. Yang terpenting adalah fitur inbox masih dapat digunakan di versi lite meskipun logonya sedikit melenceng dari versi standar. 

Durasi Video yang Dapat Diunggah

Berbicara tentang perbedaan yang muncul sebab besaran aplikasi dan ukuran file yang mencolok akan memberikan perbedaan juga dalam video yang dapat diunggah oleh pengguna TikTok. Dapat kamu simpulkan bahwa versi standar dengan ukuran file lebih besar akan menampung video dengan durasi lebih besar pula. 

TikTok Lite hanya dapat menampung video dengan ukuran kecil. Penggunanya mendapat privilege untuk mengunggah video dengan durasi paling lama 15 detik. Sedangkan untuk versi standar, penggunanya dapat durasi lebih lama yaitu sekitar 3 menit. 

Meskipun perbedaan durasinya cukup jauh, namun versi lite masih sangat worthy untuk kamu gunakan terutama apabila memori handphone sudah hampir penuh. 

TikTok Lite Menyimpan Video dan History Pengguna

Versi lite adalah versi mini yang terintegrasi tinggi dengan fitur utama yang tidak kalah dengan versi standar. Salah satu yang terbaik yang dapat versi lite berikan kepada para penggunanya adalah penyimpanan history pengguna yang berpindah dari versi standar ke versi lite.

Setiap video yang tersimpan, like yang sudah kamu berikan, dan history milikmu akan tersimpan dalam data versi lite. Ketika kamu login di versi ini, data milikmu tidak akan hilang begitu saja. Semuanya sudah tersimpan dengan baik.


Yuk, Salurkan Kreativitas dan Ekspresi Terbaikmu dengan Tiktok Lite!

Nah, kamu telah mengetahui apa itu versi lite dari aplikasi pembuat dan penyebar video kreasi di seluruh dunia yang populer satu ini. Bagi kamu yang memiliki memori terbatas dan masih ingin mengakses aplikasi ini, versi lite adalah jawaban terbaik yang akan membuatmu tetap merasa aman dalam menggunakannya.

Dengan besaran aplikasi dan ukuran file yang lebih kecil, versi lite adalah solusi yang dapat membuatmu tetap berkreasi. Fitur-fitur utama juga masih dapat kamu gunakan, mulai dari fitur pembuatan video, penyuntingan, hingga pengunggahan. 

Meskipun durasi video yang dapat kamu unggah terbatas selama 15 detik, namun seharusnya itu tidak membatasi sisi kreatifmu dalam pembuatan video yang unik dan menarik, bukan?

Selain itu TikTok adalah penyedia kreativitas bagi para penggunanya untuk mengekspresikan kreativitas mulai dari gambar, video, tarian, hingga motivasi yang dapat memberikan inspirasi baik untuk pengguna dan penonton video. Yuk, manfaatkan aplikasi ini untuk menyalurkan kreativitasmu!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password