Tiktok Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di Tiktok

TikTok Ads - Kelebihan dan Cara Beriklan di TikTok Ads

Memulai bisnis dan mencari jangkauan target pasar yang lebih luas merupakan salah satu tantangan bagi kamu yang sedang berbisnis. Oleh karena itu, kamu dapat membuat rencana strategi pemasaran agar bisnis kamu miliki dapat berjalan dengan baik. Saat ini, terdapat banyak media untuk memasang iklan. Salah satunya adalah Tiktok Ads, bagi kamu yang masih asing dengan cara menggunakannya maka kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Mungkin kamu telah berupaya memasang iklan untuk mempromosikan bisnis yang sedang berjalan, namun usaha tersebut belum mencapai tujuan? Tak perlu khawatir, kamu dapat mencoba memasang iklan melalui tiktok ads. Sebelum mengetahui tutorial memasang iklan, yuk berkenalan dulu dengan apa itu tiktok ads dan kelebihan yang mendatangkan keuntungan bagi bisnis kamu.

Apa itu Tiktok Ads?

Tiktok Ads merupakan salah satu fitur yang muncul pada tahun 2020 sebagai sarana mempromosikan sebuah bisnis. Kamu dapat melihat bagaimana peluang menggunakan fitur ini dapat mendatangkan keuntungan. Hal ini karena kepopuleran platform tiktok saat ini dapat memberikan dampak besar dalam tren promosi yang akan kamu lakukan. 

Dengan penyesuaian pasar dan bisnis maka kamu dapat memaksimalkan iklan agar sampai pada tujuan target konsumen yang tepat. Fitur iklan yang Tiktok miliki pun beragam, kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan juga strategi pemasaran. Selain itu, kamu juga dapat merancang konsep iklan yang akan tampil. Tak perlu khawatir mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Iklan

Dalam penggunaannya, tiktok ads terdiri dari beberapa jenis iklan yang dapat kamu tampilkan. Berikut ini jenis iklan dalam pilihan fitur ini dan kamu bisa menyesuaikan dengan strategi pemasaran beserta target konsumen yang tepat. Simak dengan baik agar kamu dapat memilih plan yang tepat untuk bisnis yang sedang kamu jalankan ya!

1. In-Feed Video

Jenis iklan pertama yang tersedia adalah in-feed video. Iklan ini merupakan video yang muncul selama kamu melakukan jelajah for your page. Ketika kamu sedang berselancar dan menikmati konten-konten yang tersedia dalam fyp maka kamu dapat menemukan iklan ini.

Selain itu, biasanya jenis tiktok ads ini akan muncul lebih dari satu kali. Dalam penayangannya, kamu juga dapat meninggalkan reaksi seperti memberikan like atau berkomentar. Tidak hanya interaksi dalam platform, kamu juga dapat mengunjungi website yang tercantum secara pop-up dalam video tersebut.

Tujuan dari memasang iklan in-feed adalah menarik perhatian secara berkala audiens tiktok. Jenis iklan yang akan muncul pun biasanya sesuai dengan algoritma konten yang sering ditonton oleh audiens tersebut. Oleh karena itu, hal ini dapat membuat audiens penasaran dan mengunjungi profil dari bisnis yang tercantum dalam iklan tersebut. 

Contoh dari in-feed video seperti iklan berikut ini:

cara masuk fyp

2. Top View Ads

Selanjutnya ada tiktok ads dengan konsep Top view. Selaras dengan artinya yakni video yang berada teratas, iklan ini memiliki tempat paling atas saat kamu baru saja membuka tiktok. Durasi yang dapat kamu gunakan dalam iklan ini sepanjang 60 detik!

Dengan cukupnya durasi tersebut, kamu bisa membuat konsep video yang eye catching dan berhasil merebut perhatian audiens. Hal ini karena iklan yang terpasang dengan konsep top view akan muncul pertama kali dan paling atas pada feed audiens. Oleh karenanya, ini adalah peluang besar untuk menyebarkan informasi terkait dengan bisnis yang kamu pasarkan.

Selain mempersiapkan konsep iklan yang memikat perhatian dalam durasi hingga 60 detik, ada aspek lain yang bisa kamu maksimalkan. Hal tersebut adalah optimalisasi link pada website yang dapat kamu tampilkan saat iklan berlangsung. Pop-up website bermanfaat agar audiens bisa menemukan gambaran dan dapat mengunjungi website dengan mudah.

Berikut adalah contoh dari Top view ads yang dapat kamu temukan di tiktok:

contoh top view ads pada tiktok ads

3. Brand Takeover

Selain top view ads, daftar nomor tiga dari jenis iklan di tiktok ads ini juga bisa mencuri perhatian audiens. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini karena jenis iklan Brand Takeover akan tampil saat proses masuk kedalam aplikasi tiktok.

Iklan ini tentu menarik perhatian audiens karena kamu pasti akan melihat video yang muncul sebelum tampilan fyp muncul. Meskipun tampil pada saat menuju ke aplikasi, tantangan lain bagi iklan ini adalah durasi penayangan. Jika jenis iklan sebelumnya memiliki durasi yang lebih panjang, maka dalam iklan ini memiliki waktu yang singkat.

Durasi dari brand takeover adalah 5 detik. Tantangan tersebut mengenai bagaimana pemasang iklan dapat menyampaikan pesan melalui konten yang menarik untuk audiens. Oleh karena itu, sebaiknya pemasang iklan bisa mencantumkan link yang mengarahkan audiens menuju website atau toko online. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mempersingkat waktu   sekaligus menarik perhatian audiens untuk mengunjungi toko online.

4. Hastag Challenge

Daftar selanjutnya dalam jenis iklan yang tersedia untuk Tiktok Ads adalah hastag challenge. Mungkin bagi sebagian besar dari kamu pernah melihat video challenge yang menyebarkan informasi dengan diiringi dengan jingle ataupun koreografi. Terlepas dari hal tersebut, ciri iklan dengan jenis ini adalah penggunaan hastag dalam caption video yang memiliki ciri khas untuk suatu brand. 

Berikut adalah contoh dari hastag challenge yang dapat kamu temukan pada aplikasi TikTok.

ikut hashtag challenge

Dalam memaksimalkan pemasaran kepada target audiens, kamu bisa mengajak komunitas atau influencer. Hal ini karena, dengan mengajak komunitas yang sesuai untuk melakukan hastag challenge yang telah berkonsep akan memaksimalkan strategi promosi sebuah brand. Selain itu, konten yang mereka hasilkan dapat menjadi sarana untuk bisnis kamu dapat berinteraksi dengan audiens yang lebih luas. 

Kamu bisa merancang konsep untuk jenis tiktok ads hastag challenge. Hal tersebut dapat kamu mulai dari isi konten, ciri khas hastag dan siapa saja yang akan kamu ajak untuk kolaborasi. Usahakan agar membuat nada yang mudah untuk diingat atau koreografi yang menarik agar audiens merasa tertarik dengan kampanye iklan tersebut.

5. Brand Augmented Reality 

Pada daftar terakhir ada jenis iklan dengan konsep augmented reality. Saat ini, audiens jejaring sosial sangat tertarik dengan penggunaan fitur seperti filter saat berfoto atau mengambil video. Kamu dapat memanfaatkan tren ini dengan menghadirkan fitur brand augmented reality yang memiliki desain menarik dan berkarakter.

Kamu dapat mencuri perhatian audiens dengan menawarkan augmented reality yang menarik untuk mereka coba. Dengan hal tersebut maka kamu berhasil menyebarkan brand awareness kepada target audiens. Dalam proses pembuatannya, usahakan agar desain AR memiliki identitas brand dan tetap menarik saat digunakan.

Berikut adalah contoh dari penggunaan brand augmented reality dalam salah satu iklan tentang sebuah brand:

contoh brand augmented reality di tiktok ads

Kelebihan dan Manfaat Tiktok Ads

Setelah mengetahui apa itu tiktok ads dan jenis iklan yang dapat kamu buat, maka selanjutnya adalah mengetahui apa saja manfaatnya. Strategi pemasaran ini layak kamu coba karena perkembangan aplikasi ini menunjukkan tren positif untuk berbisnis. Aplikasi tiktok awalnya hanyalah platform bagi content creator untuk membuat konten video. Namun hingga saat ini, tiktok mengalami perkembangan ekspansi tren seperti hadirnya tiktok shop dan juga fitur iklan pada tiktok.

Meskipun aplikasi ini mengalami perkembangan tren secara dinamis, tetapi angka pengguna baru tiktok tak pernah padam. Ini menunjukkan bahwa terdapat potensi pasar yang besar dari komunitas pengguna aplikasi tiktok yang dapat kamu manfaatkan sebagai tempat promosi.

Melihat jumlah pengguna yang menjanjikan dan juga konten yang beragam, berikut adalah kelebihan tiktok ads yang harus kamu ketahui:

1. Memiliki Potensi Audiens yang Sangat Luas

Tiktok merupakan aplikasi yang saat ini memiliki total pengguna mencapai angka miliaran dari seluruh negara di dunia. Untuk Indonesia, total pengguna Tiktok tercatat pada bulan Juli 2021 berhasil mencapai angka 92 juta. Data tersebut menunjukkan bahwa platform tiktok merupakan sarana yang masif untuk menyebarkan iklan dan melakukan promosi terhadap sebuah brand. Dengan penyampaian konsep yang tepat dan sesuai dengan target audiens, maka hasil dari pemasangan iklan tersebut akan mendatangkan keuntungan.

2. Pemasangan Iklan yang Mudah

Setelah memiliki jumlah audiens yang sangat banyak, kelebihan lain dari tiktok ads adalah pemasangannya yang mudah. Hal ini tentu merupakan inovasi teknologi yang sangat membantu dalam proses promosi. Jika dahulu pemasangan iklan perlu waktu yang tidak sebentar dan proses yang panjang, namun iklan di tiktok merupakan cara modern yang gampang. 

Dengan mendaftarkan akun pada tiktok for business dan merangkai konsep iklan, maka kamu dapat menentukan sendiri rencana untuk pemasangan iklan. Hal lain yang dapat kamu atur adalah budget yang kamu keluarkan untuk menayangkan iklan. Proses pemasangannya pun mudah dan tak memerlukan waktu yang terlalu lama.

3. Konsep Iklan Bervariasi

Dalam tiktok ads, kamu dapat menampilkan iklan bebas berekspresi sesuai dengan konsep yang akan kamu tampilkan. Iklan dalam platform ini tak hanya hadir dalam bentuk tulisan monoton atau visual yang itu-itu saja. Maka dari itu, kamu bebas mengekspresikan konsep dari sebuah brand secara menarik baik dari segi visual, audio, hingga informasinya. Yang perlu kamu perhatikan adalah tetap mematuhi panduan peraturan komunitas yang telah Tiktok miliki ya.

Cara Menjalankan Tiktok Ads (Tutorial)

Berikutnya adalah mengenai tutorial bagaimana kamu bisa menjalankan sebuah tiktok ads. Sebagai persiapan, yang perlu kamu lakukan adalah memiliki koneksi internet yang stabil dan alamat email yang aktif untuk pendaftaran akun.

1. Melakukan Pendaftaran Akun

cara mendaftar tiktok ads

Situs yang kamu gunakan untuk menjalankan Tiktok Ads berbeda dengan platform Tiktok yang biasanya untuk melihat video. Kamu bisa menuju Tiktok for Business untuk membuat akun terlebih dahulu. Dalam membuat akun, kamu perlu untuk memasukkan informasi seperti alamat email, kata sandi, kode verifikasi, dan nomor telepon. 

mengisi informasi bisnis di tiktok ads

Setelah berhasil membuat akun, maka situs akan mengarahkan kamu untuk mengisi informasi tentang profil bisnis. Informasi yang dapat kamu tulis adalah mengenai bidang industri, nama usaha, nomor telepon, dan mata uang yang kamu gunakan. Ketika selesai mengisi semua kolom, maka kamu dapat memberikan centang pada kolom setuju dengan peraturan pihak Tiktok dan menuju ke langkah selanjutnya.

2. Mengisi Profil Bisnis dan Rencana TikTok Ads

Langkah selanjutnya saat profil tiktok for business telah selesai maka kamu dapat memilih opsi sebagai pengiklan seperti tampilan berikut ini.

tautan promosi bisnis

Sesaat setelah mengisi bahwa pihak kamu sebagai pengiklan, maka tampilan selanjutnya yang muncul adalah kolom yang berisi tautan promosi bisnis. Dalam kolom yang muncul seperti gambar berikut, kamu dapat mengisi dengan link website, media sosial ataupun link toko online pada e-commerce.

memilih mode iklan

Kemudian, tampilan selanjutnya akan berisi dua pilihan mode iklan yang dapat kamu gunakan. Dua mode ini adalah mode sederhana dan mode kustom. Kamu dapat memilih mode sederhana jika durasi iklan yang akan kamu tayangkan kurang dari 5 menit. Sedangkan untuk durasi yang lebih panjang dan melakukan pengaturan secara manual maka kamu dapat memilih mode kustom.

memilih mode iklan tiktok ads

3. Mengatur Pemasangan TikTok Ads

Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi tujuan dari pemasangan iklan yang kamu lakukan. Pada opsi ini kamu dapat melakukan penyesuaian masing-masing berdasarkan tujuan memasang iklan. Ketika kamu sudah menentukan pilihan maka dapat memilih opsi selanjutnya pada bagian bawah kanan pada tampilan layar.

mengatur pemasangan tiktok ads

Menu pengaturan selanjutnya adalah menetapkan target audiens terhadap iklan yang kamu pasang. Pada menu ini, kamu dapat menentukan audiens secara otomatis maupun secara manual sesuai dengan konsep iklan. Sebagai contoh audiens yang terpilih berdasarkan usia, maka data jumlah audiens akan muncul pada bagian kanan dengan total parameter angka.

menyesuaikan audiens

Setelah menyesuaikan audiens dengan konten iklan, maka sekarang adalah saatnya memilih tempat penayangan iklan tersebut. Kamu dapat memilih TikTok sebagai tempat penayangan iklan atau platform lain yang bekerjasama seperti yang tertera pada gambar berikut. Kamu bisa melakukan klik selanjutnya jika telah menyelesaikan pilihan dan penyesuaian pada menu audiens dan penayangan.

memilih tempat penayangan iklan

Langkah ketiga adalah menetapkan dana anggaran untuk tiktok ads. Jumlah minimal untuk anggaran adalah Rp50.000 dan kamu dapat menyesuaikan durasi dan metode pembayaran secara manual atau otomatis. Kamu dapat melihat cara pengisian anggaran seperti contoh berikut ini.

memasukkan anggaran harian tiktok ads

4. Klik Buat Iklan dan Tunggu Proses Persetujuan

Tiktok ads selesai kamu rencanakan ketika langkah buat iklan telah kamu isi. Konten yang akan tampil sebagai iklan pun dapat kamu atur sendiri. Ketika penyesuaian konten telah selesai maka kamu dapat melakukan klik buat iklan kemudian menyetujui persyaratan peraturan Tiktok dan menunggu proses persetujuan. Setelah permohonan pembuatan iklan telah disetujui maka kamu bisa menunggu agar iklan tersebut dapat tayang. Kamu dapat melakukan pemeriksaan terkait iklan tersebut melalui dashboard pengguna yang ada pada situs tersebut ya! 

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai apa itu tiktok ads, manfaat dan bagaimana menggunakannya sebagai sarana pemasaran di era digital saat ini. Dengan hadirnya inovasi yang bermanfaat, kamu bisa menggunakannya untuk menyebarkan promosi terhadap bisnis yang sedang berjalan. Tidak ada salahnya untuk tetap cuan selagi menikmati konten hiburan di tiktok bukan? Tunggu apalagi, segera manfaatkan kampanye iklan di tiktok ads dan semoga berhasil ya!

Dapatkan informasi maupun tips seputar influencer, tiktok influencer, influencer marketing, dan lainnya hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password