Apa Itu Social Proof? Begini Teknik Jitu Marketingnya

Saat ini, teknik marketing yang digunakan oleh para pebisnis semakin hari semakin beragam. Hal ini karena adanya perkembangan zaman dan teknologi yang lebih modern. Salah satu teknik marketing yang baru berkembang adalah social proof. Lalu, apa itu social proof dan bagaimana tekniknya? Simak ulasan berikut ini!
Daftar Isi
Apa Itu Social Proof?
Social proof adalah sebuah kondisi psikologis dimana seseorang cenderung mengikuti apa yang dilakukan dan dipilih orang lain. Hal ini dapat terjadi karena menurut ilmu psikologi, orang akan cenderung menganggap apa yang dilakukan orang lain itu benar. Terlebih lagi jika hal yang sama dilakukan oleh banyak orang.
Dari ilmu psikologi tersebut, banyak marketer atau orang yang bekerja pada bidang marketing memanfaatkan hal tersebut untuk mengambil keuntungan. Mereka melakukannya dengan cara membuat produk mereka banyak di gunakan hingga di review orang, sehingga orang lain akan tertarik untuk menggunakan.
Seberapa Penting Teknik Marketing Social Proof?
Lalu, mengapa social proof perlu diterapkan pada strategi marketing yang kamu miliki? Ya, social proof penting dilakukan, karena mempengaruhi psikologi orang secara langsung. Hal ini merupakan titik kelemahan setiap konsumen, ketika mereka terpengaruhi, maka kemungkinan besar mereka akan membeli sebuah produk.
Tidak hanya itu, teknik marketing ini sangat diperlukan, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pengguna sosial media aktif. Pengguna sosial media aktif akan cenderung menggunakan atau membeli produk yang memiliki banyak ulasan dari orang lain.
Strategi Teknik Marketing Social Proof
Sebelumnya, kamu telah mengenal apa itu social proof. Untuk melakukan social proof sebagai salah satu teknik marketing, ada beberapa strategi khusus yang perlu kamu lakukan. Berikut ini 5 strategi yang bisa kamu terapkan:
1. Memperbanyak Review Pelanggan
Cara pertama dalam menggunakan strategi social proof adalah dengan memperbanyak review pengguna atau pelanggan. Saat ini, review pelanggan adalah salah satu hal yang wajib ada dalam setiap bisnis.
Hal ini karena adanya review akan meyakinkan calon pelanggan baru, bahwa produk memiliki kualitas yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara agar kamu mendapatkan review pelanggan:
- Review sukarela. Hal ini umumnya akan dilakukan oleh pelanggan apabila mereka benar-benar puas akan produk yang mereka beli. Biasanya, review dilakukan melalui aplikasi chatting atau dengan menandai akun bisnis mu pada sosial media.
- Review melalui e-commerce. Jenis review satu ini juga merupakan review yang banyak dijadikan acuan dalam membeli sebuah produk. Untuk itu, kamu perlu membuka online shop, seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli untuk memasarkan produk mu.
- Review dengan benefit. Kamu dapat memberikan benefit tertentu bagi pelanggan yang melakukan review pada produk mu. Misalnya, benefit berupa voucher atau diskon tertentu.
Jika kamu sudah mendapatkan banyak review, jangan lupa untuk menaruh testimoni atau review tersebut pada laman sosial media yang kamu miliki, agar para calon pelanggan dapat melihatnya dengan mudah.
2. Mengadakan Diskon Besar
Cara kedua untuk melakukan marketing social proof adalah dengan mengadakan diskon besar bagi pelanggan. Adanya diskon ini sudah pasti dapat menarik minat setiap pembeli. Ketika banyak orang yang membeli produk mu, maka orang yang belum membeli akan terpengaruh karenanya.
Pada dasarnya, orang akan cenderung membeli produk yang telah banyak laku terjual. Hal ini karena mereka percaya produk tersebut memiliki kualitas baik, karena banyak orang yang menggunakan produk tersebut.
Kamu sebaiknya memberikan diskon besar pada laman e-commerce, karena jumlah produk terbeli akan muncul pada laman tersebut. Kamu bisa mengikuti event flash sale atau event diskon bulanan pada tanggal kembar tertentu untuk memberikan diskon.
Jenis diskon yang bisa kamu tawarkan bisa berupa potongan biaya ongkos kirim maupun potongan harga produk. Untuk potongan ongkir, kamu bisa menjalin kerjasama dengan pihak ekspedisi. Sementara untuk potongan harga produk, kamu perlu menghitung HPP dengan cermat, agar tidak rugi besar.
3. Menggunakan Trik Promosi Sosial Media
Sosial media saat ini merupakan sasaran yang empuk untuk melakukan teknik marketing, khususnya social proof. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pengguna sosial media aktif. Berikut ini adalah beberapa trik marketing yang dapat kamu lakukan pada sosial media:
- Mengadakan diskon bersyarat yang mampu meningkatkan brand awareness. Misalnya, pelanggan akan mendapatkan diskon sebesar 50%, apabila membuat review menarik tentang produk dan mengunggahnya pada akun pribadi.
- Mengadakan kuis berhadiah. Kamu dapat membuat postingan kuis atau pertanyaan menarik dan menjanjikan hadiah tertentu pada pemenangnya.
- Memperbanyak unggahan review pelanggan secara langsung melalui wawancara ataupun melalui aplikasi chatting.
- Menggunakan layanan iklan berbayar yang ada pada sosial media, seperti Instagram Ads ataupun Tiktok Ads. Biaya yang kamu butuhkan tidak banyak, mulai dari Rp20.000,00 saja per hari.
4. Menggunakan Peer Promotion
Peer promotion adalah trik promosi barang menggunakan rekan atau sanak famili terdekat. Para pebisnis yang baru mulai merintis bisnis mereka banyak menggunakan jenis promosi ini. Peer promotion merupakan jenis promosi yang cukup mudah dan tidak menggunakan banyak biaya.
Kendati demikian, kamu tetap mengeluarkan sedikit biaya untuk memberi sampel gratis pada sanak keluarga atau teman terdekatmu. Mintalah mereka untuk membuat review produk mu dan mengunggahnya pada laman sosial media masing-masing.
Umumnya, peer promotion ini akan menjadi hal yang melejitkan penjualan mu untuk pertama kali. Serta meningkatkan kepercayaan calon konsumen lain untuk membeli produk, karena adanya review dari rekan dan keluarga terdekat kamu.
5. Menggunakan Jasa Endorse Influencer
Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk marketing social proof adalah menggunakan jasa endorse influencer. Influencer sendiri adalah sebuah akun sosial media milik perseorangan maupun sebuah kelompok yang memiliki pengikut aktif berjumlah belasan ribu hingga jutaan.
Karena memiliki jumlah pengikut yang banyak, influencer memiliki andil yang banyak dalam menciptakan sebuah trend dan mempengaruhi banyak orang untuk mengkonsumsi dan menggunakan produk tertentu. Sehingga, ada banyak brand yang menggunakan influencer sebagai salah satu media promosi.
Menggunakan influencer sebagai media promosi cukup memakan banyak biaya. Namun, sudah banyak testimoni yang mengatakan bahwa jasa endorsement ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penjualan. Bahkan, kamu dapat meraup keuntungan 3 kali lipat dari biasanya.
Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan endorsement berkisar antara Rp500.000,00 hingga Rp5.000.000,00, bergantung pada performa sosial media milik influencer serta jenis konten apa yang akan kamu buat nantinya. Apakah konten foto, video, unggahan feed, atau story biasa.
Yuk, Segera Gunakan Social Proof sebagai Teknik Marketing!
Sekian tadi adalah beberapa penjelasan mengenai apa itu social proof hingga teknik marketing social proof yang dapat kamu jalankan. Menjalankan sebuah bisnis memang sesuatu hal yang sangat menantang. Melalui teknik marketing social proof, kamu akan meningkatkan performa bisnismu dengan baik.