Apa itu SEO YouTube? Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya!

apa itu seo youtube

Menjadi sebuah konten kreator memang sering menjadi jalan keluar banyak orang untuk lebih cepat terkenal. Walaupun begitu, ada beberapa orang yang iseng membuka sebuah channel YouTube. Nah, untuk kamu yang bingung bagaimana caranya menjadi terkenal lebih cepat pada platform media sosial ini, kamu harus membuat video yang SEO Friendly. Lalu, apa itu SEO YouTube? Dan bagaimana tips-tips untuk dapat mengoptimalkannya?


Apa Itu SEO YouTube?

Sebelum masuk ke tips-tips jitu untuk mengoptimalkan SEO pada video YouTube kamu, kamu tentunya harus terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya pengertian dari SEO itu sendiri. SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah salah satu teknik pengoptimalan konten yang akan membuat konten kalian menjadi salah satu video rekomendasi kepada para pengunjung.

Teknik SEO memang sudah banyak terpakai pada media-media sosial lain ataupun karya lain selain karya tulis. Hal ini tentunya berfungsi sama dengan cara kerja SEO YouTube tersebut. 

Biasanya, pengertian SEO ini akan sering kamu lihat pada karya tulis atau artikel-artikel online. Hal ini agar mengoptimalkan karya tulis tersebut agar muncul pada bagian awal jika pengunjung mencari sesuatu keyword yang serupa dengan topik yang ada pada konten yang bersangkutan.


Cara Kerja SEO YouTube

Selain dari pengertian apa itu SEO YouTube, kamu tentunya harus tahu juga bagaimana cara kerja yang terjadi saat mengoptimalkan SEO YouTube ini. Dengan mengoptimalkan SEO pada video YouTube kamu, banyak hal yang akan kamu dapat. 

Salah satunya adalah pengoptimalan meta deskripsi pada video, ataupun video kamu sendiri. Mengoptimalkan SEO YouTube kamu artinya kamu juga akan mengoptimalkan mesin pencari pada aplikasi luar seperti Google atau pencarian lain.

Lalu, mengapa bisa mengoptimalkan SEO YouTube dapat menghubungkan kamu dengan SEO aplikasi lain seperti Google? Karena Google dan YouTube sudah terhubung. Kedua aplikasi ini (media sosial dan mesin pencari) membagi data yang sama. Artinya jika kamu mengoptimalkan cara kerja SEO YouTube, artinya Google dapat mengindeks video kamu secara otomatis.

Hal ini tentunya akan menguntungkanmu untuk mendapatkan engagement yang kamu inginkan. Orang-orang sudah tidak perlu lagi membuka YouTube hanya untuk mencari video kamu. 

Video kamu akan tetap berkesempatan untuk muncul pada halaman awal pencarian pada Google saat seseorang mencari keyword yang serupa dengan video yang kamu buat.

Namun, untuk mengoptimalkan SEO YouTube untuk mesin pencarian Google itu sendiri, kamu harus menambahkan teks untuk menjelaskan konten YouTube Mu dengan baik. 

Lalu yang harus kamu lakukan pada pertanyaan apa itu SEO YouTube dan bagaimana cara memberikan teks yang baik? Artinya, kamu harus belajar cara menulis teks seperti judul video, deskripsi dan tag yang ada pada konten YouTube mu.


Bagaimana Cara Belajar Tentang SEO YouTube?

Jika pertanyaan tentang SEO YouTube sangat banyak? Lalu bagaimana kamu belajar untuk mencari tahu apa itu SEO YouTube tersebut? Nah, kamu bisa belajar dari banyak aspek, seperti berikut ini :

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

1. Seminar dan Kelas Online

Cara belajar pertama tentang SEO YouTube adalah melalui seminar dan kelas online. Seperti yang kita ketahui, pada masa pandemic ini tidak menyurutkan orang-orang untuk mencari tahu dan menambah wawasan. Apalagi pada bagian digital marketing ini, SEO menjadi topik utama dari seminar ataupun kelas Online.

Tak hanya SEO keseluruhan, SEO YouTube juga mereka bahas dengan rinci dan jelas. Selain itu, kelebihan dari mengikuti seminar dan kelas online ini adalah kamu dapat mengetahui apa kata mereka tentang SEO YouTube dan bagaimana trik-triknya. Jika kamu yang merasa sayang untuk membiayai seminar dan kelas online tentang SEO ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab banyak sekali seminar dan kelas online gratis yang bersertifikat tersebar pada internet. Kamu bisa mencarinya pada media-media sosial seperti Instagram atau YouTube.

2. Mempelajari Video yang Ada Dari YouTube

Kedua adalah dengan mempelajari video yang ada dari YouTube. Tentunya sebelum belajar untuk mengetahui apa itu YouTube, kamu perlu terlebih dahulu untuk mencari tahu bagaimana sebenarnya konsep video pada media sosial yang satu ini. Karena YouTube termasuk ke dalam aplikasi yang cukup besar, maka akan banyak sekali contoh-contoh video yang dapat kamu temukan.

Video-video tersebut ada yang tidak ber-SEO, dan yang ber-SEO. Semakin sering kamu memperhatikan dan membandingkan video satu dengan video lain, maka kamu akan mengetahui bagaimana caranya membuat konten yang optimal.

3. Masuk ke Dalam Komunitas SEO YouTube

Cara selanjutnya adalah dengan masuk ke dalam sebuah komunitas yang berisi para YouTuber yang ingin sama-sama belajar. Tentunya, untuk menjadi seorang yang optimal dalam ilmunya, kamu juga harus bertukar pikiran dengan orang-orang yang sama penasarannya denganmu. Selain bertukar pikiran, kamu juga bisa bertukar dan mendengar pengalaman mereka dalam membuat konten pada YouTube.

Dengan mempunyai komunitas sendiri, ilmu yang akan kamu dengar dari teman-teman komunitasmu bukan hanya sekitar SEO YouTube saja, namun ada banyak lagi ilmu yang lain.

4. Baca Artikel dan Bacaan Lain

Cara ketiga untuk mengetahui apa itu SEO YouTube tentunya dengan mencari banyak sumber bacaan seperti artikel, buku, ebook, dll. Hal ini akan membantumu membandingkan informasi yang satu dengan informasi yang lain. Selain itu, sama seperti cara-cara sebelumnya, jangan pernah lelah untuk mencari informasi-informasi tentang SEO YouTube ini karena biasanya perhitungan sistemnya akan berubah-ubah tergantung trend.

5. Perbanyak Pengalaman

Kata orang, guru terbaik adalah pengalaman. Karena tidak ada yang pasti yang benar-benar bisa membuat kontenmu langsung terkenal hanya karena SEO ini, artinya kamu harus mencoba banyak sekali cara. Pada setiap aktivitas baru, Trial dan error itu memang penting untuk kamu lakukan apalagi untuk mencoba sesuatu perhitungan yang hanya ada pada sistem. Artinya, tidak ada bukti pasti tentang bagaimana cara kerja SEO YouTube berlaku sama terhadap setiap orang.

Dengan mencoba banyak sekali trik juga membuatmu akan tetap konsisten dalam berkonten. Semakin sering kamu berusaha, maka akan semakin besar pula keberhasilannya. Maka dari itu, jika kamu mengetahui trik-trik yang belum pernah kamu lakukan, maka cobalah trik tersebut.


Cara Mengoptimalkan SEO YouTube

Nah, setelah mengetahui pengertian tentang apa itu SEO YouTube, ini saatnya kamu mengetahui bagaimana trik-trik jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan video kamu agar lulus SEO YouTube. Tentunya, trik-trik ini tidak hanya untuk membuatmu dapat mengoptimalkan SEO, tapi kamu juga dapat mengoptimalkan konten video agar lebih baik lagi.

1. Carilah Keyword Yang Tepat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO YouTube adalah dengan mencari keyword yang tepat. Sebenarnya, ini adalah cara umum yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO pada general. Seperti yang kamu ketahui, SEO akan membaca dan mengakumulasikan mana tulisan yang pantas dan lulus untuk akhirnya mereka rekomendasikan menjadi pilihan pertama untuk para pencari.

Baca Juga:   Cara Membuat Instagram Music dengan Mudah untuk Story

Keyword ini haruslah sama dan menyangkut topik apa yang sedang kamu bahas pada video kamu. Ada banyak pula cara untuk mencari keyword yang tepat. Salah satu cara paling gampang adalah dengan website-website yang ada pada internet. Kamu akan melihat berbagai pilihan keyword dari yang popular dan biasa-biasa saja. Pilihlah keyword yang popular dan sedang banyak dicari orang.

2. Tulis Deskripsi Berdasarkan Keyword

Setelah mengetahui keyword mana yang pas untuk videomu, selanjutnya yang kamu perlu lakukan adalah menulis deskripsi berdasarkan keyword tersebut. Dalam menulis sebuah deskripsi, kamu harus mengetahui bagaimana caranya memilih kata untuk membuat para penonton penasaran.

Jika para penonton videomu penasaran akan apa yang ingin kamu tampilkan, maka kamu selangkah lebih maju dalam mendapatkan engagement dan menjadi terkenal.

3. Optimalkan Pemilihan Kata Terhadap Judul Video

Selain apa itu SEO YouTube, kamu juga harus paham akan mengoptimalkan pemilihan kata terhadap judul video. Seperti yang kamu ketahui, judul video adalah hal yang pertama kali dilihat oleh calon pengunjung. Maka dari itu buatlah judul yang menarik namun bukan clickbait. Tetaplah menulis judul yang real dan sesuai dengan apa topik yang sedang kamu bahas.

Perhatikan juga untuk memasukkan keyword yang telah kamu pilih ke dalam judul video kamu. Hal ini untuk semakin meningkatkan posisi video kamu pada mesin pencarian, baik itu mesin pencarian Google maupun YouTube.

4. Optimalkan Tags yang Ada Pada Video YouTube

Cara keempat adalah dengan menggunakan dan mengoptimalkan tagar atau tags yang ada pada saat kamu ingin mengunggah suatu video. Sama seperti keyword, buatlah tag yang sesuai dengan keyword yang ada. Sebaiknya gunakan kata-kata yang hampir sama hingga tag yang kamu pakai akan maksimal.

Namun perhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan tag pada video kita karena hal itu malah akan bersifat sebaliknya pada SEO. Sistem akan menganggap video yang kamu buat adalah bagian dari spam.

5. Minta Penonton Untuk Meninggalkan Komentar

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak para penonton yang sudah menonton atau melihat video kamu untuk meninggalkan komentar. Hal ini mengakibatkan sistem akan mencatat video kamu sebagai video yang “berkesan” kepada para pengunjung. Namun pastikan pula agar para penonton kamu tidak terlalu spam. Algoritma YouTube akan melihat video kamu sebagai spam jika komentar yang kamu dapat tidak seimbang dengan jumlah penonton.

6. Ajak Penonton Untuk Subscribe

Selain meninggalkan komentar, kamu juga dapat mengajak penonton untuk subscribe. Saat kamu belajar apa itu seo YouTube, kamu tentunya sudah tahu bahwa engagement apapun akan tetap berpengaruh terhadap pembacaan sistem. Itulah mengapa jika daftar subscriber mu semakin meningkat, artinya YouTube akan menilai bahwa video kamu cocok untuk mereka rekomendasikan pada pengguna lain.

7. Optimalkan Pembuatan Konten untuk YouTube

Tips selanjutnya untuk mengoptimalkan SEO pada akun YouTube, kamu juga harus mengoptimalkan konten yang kamu bagi ke media sosial ini. Jika konten yang kamu buat sama sekali tidak menarik, maka tips-tips sebelumnya tidak akan bekerja dengan baik. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas video? Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  • Pakai Kamera Dengan Kualitas Bagus

Banyak kreator yang berlomba-lomba untuk menghasilkan karya dengan kualitas dan resolusi yang tinggi agar menghasilkan pengalaman yang hebat untuk para penonton konten mereka. Nah, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memakai kamera dengan kualitas yang bagus.

Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

Begitu pula dengan proses editing. Pastikan kamu memakai aplikasi edit yang baik dan tidak mengurangi kualitas resolusi video kamu.

  • Pakai Background yang Tepat

Kamu juga dapat memakai background yang tepat. Untuk kamu yang membuat konten yang hanya mempunyai satu frame, tentunya kamu mengerti bahwa para penonton akan salah fokus jika kamu memakai background yang tidak memikat mata. Memakai background yang tepat juga semakin membuatmu tampil profesional sehingga para penonton akan menganggap kamu menghibur.

Untuk kamu yang membuat video pemandangan atau vlog yang tidak memakai background yang sama, kamu juga harus tetap memilih background yang sesuai dengan apa topik yang kamu ingin sampaikan.

  • Gunakan Microphone

Selanjutnya, pakailah microphone agar kualitas suara kamu tidak pecah dan terdengar dengan jelas.

  • Gunakan Tripod

Selain menggali ilmu tentang apa itu SEO YouTube, kamu juga harus menggali ilmu tentang bagaimana cara membuat sinematografi yang bagus. Video yang baik tentunya harus stabil. Artinya, video yang kamu hasilkan haruslah dalam keadaan tenang. Nah, untuk itu, kamu sangat perlu alat kamera seperti tripod ini. Tripod akan membantumu menstabilkan kamera kamu dalam posisi yang pas.

  • Pilih Lighting Tepat

Terakhir, kamu dapat memilih pencahayaan yang baik saat merekam video. Ada banyak tipe lightning yang dapat kamu pakai, seperti pencahayaan alami dari matahari atau memakai pencahayaan buatan dari lampu.

8. Buat Thumbnail yang Menarik

Tips selanjutnya untuk membuat video yang SEO Friendly adalah dengan membuat thumbnail yang menarik. Thumbnail akan menarik para penonton yang nantinya akan membuat engagement terhadap video YouTube. Thumbnail juga sama pentingnya dengan Judul loh!

9. Rename Slug atau Link Video YouTube

Slug adalah sebuah link yang menjadi alamat video kamu pada dunia online. Nah, biasanya, saat kamu mengunggah sesuatu, maka slug yang ada akan random. Untuk memaksimalkan SEO YouTube, kamu dapat mengubah alamat link tersebut dengan keyword yang kamu pakai. Hal ini berlaku juga untuk meningkatkan SEO pada artikel atau karya tulis yang kamu upload ke internet.

10. Berikan Link yang Mengarah Pada YouTube Channel Kamu

Pada setiap video YouTube kamu, pastikan untuk membubuhkan link khusus yang mengarah ke channel YouTube kamu. Hal ini akan membuat orang-orang dan penonton yang melihat videomu dapat melihat video lain yang kamu unggah. Jika ini terjadi, maka algoritma YouTube akan menganggap channel kamu sebagai channel yang bermanfaat dan akan menaikkan posisimu dalam trik SEO.

Kamu dapat membubuhkannya pada kolom komentar atau deskripsi video.

11. Gunakan SRT File Untuk Subtitles dan Closed Captions

Seperti yang kamu ketahui, SEO YouTube sangat berfokus kepada teks. Maka dari itu, gunakanlah SRT File untuk subtitles dan closed option. Pada subtitle tersebut, tulislah beberapa hal yang menyangkut keyword yang kamu buat.

12. Kategorikan Videomu

Jangan lupa untuk mengkategorikan videomu sesuai dengan kategori yang kamu gali pada videomu. Hal ini berguna agar YouTube merekomendasikanmu kepada banyak orang yang tertarik dengan kategori yang sama.


Kesimpulan

Itulah pengertian tentang apa itu SEO YouTube dan bagaimana cara mengoptimalkannya agar kamu cepat dapat engagement dari para penonton. Semoga artikel ini dapat membantu!

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, seperti social media influencer, berita influencer, maupun marketing influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password