Mengenal Apa Itu SEO On Page untuk Blogger Pemula

apa itu seo on page

SEO atau Search Engine Optimization akan menjadi salah satu aspek yang harus kamu dalami jika berniat terjun ke dunia blogging. Aspek SEO sebenarnya masih lagi terbagi menjadi beberapa jenis yakni SEO on page, off page, dan technical SEO. Artikel kali ini akan fokus mengulas tentang apa itu SEO on page secara mendalam.

Sejatinya, banyak orang belum mengerti mengenai pentingnya aspek SEO yang satu ini bagi keberlangsungan sebuah website. Padahal, SEO on page merupakan salah satu penentu keberhasilan situs web dan harus selalu dipelajari secara kontinu.

Lagipula, website kamu tak akan bisa muncul di halaman pencarian search engine jika tidak melibatkan optimalisasi SEO. Nah, agar web blog kamu ramai dikunjungi orang, jangan lupa pelajari dan pahami apa itu optimasi on-page SEO pada ulasan di artikel ini.


Apa Itu SEO On Page?

SEO on page merupakan praktek optimasi suatu halaman web agar bisa menduduki posisi terbaik di mesin pencari. Jika halaman web berhasil menjajaki peringkat atas di search engine, jumlah pengunjung website pun juga jadi lebih tinggi.

Singkatnya, SEO on page merupakan upaya mengoptimalkan konten yang kamu posting agar bisa mendapat banyak pengunjung atau trafik organik. Dengan begitu, web blog kamu akan jadi makin populer dan dapat bersaing dengan website-website lainnya.

Karena berhubungan dengan aspek on-page, praktek SEO kali ini lebih terfokus pada cara menciptakan konten yang menarik bagi pembaca manusia maupun bot mesin pencari.

Jika seorang blogger atau pemilik website berhasil meraih dua tujuan tersebut, konten buatan kamu akan berkesempatan mendapat kursi paling strategis di halaman mesin pencari. 

Kunci utama untuk mencapai keberhasilan tersebut adalah mampu menciptakan konten yang berkualitas. Untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas, kamu perlu mempertimbangkan faktor penting SEO on page secara menyeluruh.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page

Setelah mengulas tentang apa itu SEO on page, kita jadi mengerti bahwa kunci keberhasilan dari optimasi on page SEO adalah menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan konten berkualitas, user friendly, dan SEO friendly? Caranya, kamu perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi SEO on page yang akan terulas dalam poin penjelasan berikut ini.

1. Kata Kunci

Poin utama yang akan menjadi penentu keberhasilan dari SEO adalah kata kunci atau keyword. Ibaratnya, kata kunci adalah jantungnya SEO on page yang nantinya akan dikembangkan menjadi konten berkualitas.

Sebelum membuat konten, setiap blogger perlu melakukan riset kata kunci sesuai dengan topik yang ingin kamu bahas. Dalam proses riset kata kunci, kamu bisa memilih opsi keyword yang sedang hype ataupun kata kunci lainnya sesuai kebutuhan web blog kamu.

Jika kamu berhasil memilih keyword dengan tepat, bukan tidak mungkin website kamu bisa menggeser halaman web kompetitor dan menduduki peringkat di atasnya.

Setelah menemukan kata kunci yang diinginkan, kamu bisa mulai mengembangkan keyword tersebut menjadi sebuah konten yang menarik. Sebarkan kata kunci tersebut secara alami agar konten bisa tetap enak dibaca.

Selain itu, tempatkan kata kunci di bagian-bagian pilar artikel seperti judul artikel, paragraf awal, sub judul, bagian tengah artikel, dan bagian penutup. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan tentang penempatan kata kunci yang tepat dalam penulisan artikel SEO berikut ini.

Baca Juga:   Content Placement: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

a. Kata Kunci di Judul Artikel

Dalam praktek optimasi SEO on page, kata kunci utama wajib kamu masukkan ke dalam penulisan judul artikel. Selain itu, penempatan keyword sebaiknya diletakkan di bagian awal judul agar skor on-page SEO jadi makin bagus.

b. Kata Kunci di Paragraf Awal

Saat menyusun konten artikel, kata kunci utama sebaiknya diletakkan pada 100 kata pertama di paragraf awal artikel. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah mesin pencari melakukan indexing konten kamu.

c. Kata Kunci di Sub Judul

Pengaplikasian apa itu SEO on page terkait kata kunci juga perlu kamu sisipkan pada bagian sub judul atau heading artikel. Dengan adanya kata kunci pada sub judul, konten blog kamu akan lebih mudah dipindai oleh web crawler berdasarkan aspek pembagian heading. 

Oleh sebab ini pulalah, kita jadi sering menjumpai jenis artikel listicle daripada artikel yang berisi full paragraf. Penggunaan heading juga dapat membantu mempermudah pembaca dalam menangkap isi konten yang mereka baca.

2. Judul Konten

Berbicara mengenai apa itu SEO on page berarti berbicara tentang pembuatan konten menarik. Salah satu syarat konten menarik adalah penggunaan judul konten yang relevan dan mampu menggugah minat para pengunjung agar mau membaca isi artikelnya sampai tuntas.

Namun, jangan sekali-kali kamu membuat judul clickbait yang menyesatkan hanya agar lebih banyak dilirik oleh pengunjung web. 

Justru, judul yang tidak relevan dengan isi konten akan membuat websitemu mendapat penalti (hukuman) dari mesin pencari sehingga konten tersebut tidak akan bisa ditemukan dalam di halaman search engine result page (SERP).

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah memasukkan keyword utama ke dalam penulisan judul konten dengan susunan kata yang natural. Selanjutnya, hindari membuat judul terlalu panjang dan tidak boleh lebih banyak dari 60 karakter.

3. Permalink

Permalink (permanent link) adalah URL yang dapat mengarahkan kamu ke halaman konten tertentu. Singkatnya, permalink merupakan akses pintu masuk cepat yang dapat memudahkan pengunjung memasuki satu postingan tertentu tanpa perlu masuk melalui home website.

Agar permalink konten kamu bersifat SEO friendly, tuliskan identitas tautan dengan susunan kata yang rapi dan sisipkan pula kata kunci utamanya. Contohnya, https://koinworks.com/apa-itu-on-page-seo/. 

Dengan begitu, pembaca maupun web crawler (bot) akan mudah mengidentifikasi maksud dari permalink tersebut dan membuat halaman web kamu memiliki kualitas SEO on page yang baik di mata mesin pencari.

Jika kamu belum tahu cara pembuatan permalink dengan benar, kamu bisa melihat struktur permalink dari website kompetitor teratas sebagai referensi. Selanjutnya, usahakan membuat permalink secara singkat dan jelas dengan panjang maksimal sebanyak 65 karakter.

4. Jumlah Kata

Memahami apa itu SEO on page juga perlu memperhatikan aspek jumlah kata dalam penulisan konten artikel. Sebenarnya, masalah jumlah kata ini sering mendapat perhatian lebih dari kalangan webmaster maupun blogger.

Pasalnya, tidak ada yang tahu pasti mengenai jumlah kata ideal untuk setiap penulisan artikel SEO. Seringnya, banyak orang lebih menganggap bahwa semakin lengkap isi artikelnya maka akan semakin mudah untuk muncul di halaman utama hasil pencarian. Begitu pula sebaliknya.

Pada kenyataan, jumlah kata bukanlah sebuah patokan utama untuk bisa menaikkan peringkat website. Masih banyak faktor on-page lainnya yang memiliki andil besar dalam meningkatkan performa SEO website.

Setidaknya, konten kamu perlu memuat lebih dari 300 kata agar dinilai baik di mata mesin pencari. Kriteria tersebut sudah merupakan standar minimum jumlah kata yang harus dipenuhi oleh konten SEO. 

Baca Juga:   7 Tips dan Cara Mendapatkan Job Content Placement

Intinya, berapapun jumlah katanya, setiap blogger akan mendapat kesempatan yang sama untuk bisa merebut posisi strategis di hasil pencarian. Asalkan kamu memenuhi standar penulisan konten SEO yang telah ditetapkan.

5. Kualitas dan Originalitas Artikel

Aspek utama dari memahami apa itu SEO on page adalah mampu menyusun artikel yang berkualitas dan original. Jika kamu berhasil menghasilkan konten original dengan kualitas yang baik, siap-siap halaman web kamu akan kebanjiran trafik.

Jika artikel yang dihasilkan memiliki kualitas yang buruk dan copy paste karya milik orang lain, tentu akan berpengaruh pada performa SEO website dan peringkat halaman web di SERP.

Mesin pencari tentu hanya akan memprioritaskan artikel dengan kualitas penulisan yang baik dan mampu memberikan lebih banyak manfaat kepada para pengguna internet.

6. Internal Link

Salah satu aspek lain yang dapat menjadi faktor pendongkrak SEO on page untuk web blog kamu adalah dengan menerapkan internal link. Apa itu internal link

Internal link merupakan tautan yang akan membawa pembaca menuju ke halaman yang berbeda tetapi masih dalam satu website yang sama. Jika pembaca meng-klik anchor text yang berisi internal link, maka secara otomatis kamu akan memasuki halaman web yang lain di domain website yang sama.

Kamu bisa membuat rencana atau keyword mapping terstruktur agar isi konten dapat terhubung dengan artikel-artikel pribadi lainnya melalui penerapan internal link.

Dengan begitu, pengunjung akan melimpahkan waktu bacanya secara lebih lama serta dapat memberikan sinyal baik kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut memiliki konten-konten yang berkualitas.

7. Outbound Link

Outbound link atau eksternal link juga punya andil dalam meningkatkan kualitas SEO on page website kamu secara efektif. Eksternal link merupakan tautan yang mengarahkan pembaca ke halaman website milik orang lain.

Dalam menyematkan eksternal link, sebaiknya pilih dari website yang sudah memiliki tingkat authority tinggi ataupun sumber website original. 

Jika kamu menyisipkan URL dari konten yang relevan, maka mesin pencari akan semakin mudah untuk memahami topik konten milikmu dan dapat membantu menaikkan ranking page web milikmu.

8. Alt Image

Jika membahas perihal apa itu SEO on page, maka seluruh aspek yang terkandung dalam konten blog perlu melalui proses optimasi termasuk pada bagian gambarnya.

Nah, cara mengoptimasi gambar dalam konten adalah dengan mengisi bagian alt image menggunakan kata kunci target ataupun kata kunci turunan. Dengan begitu, konten blog kamu akan lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian gambar di mesin pencari. 

Maka dari itu, jangan biarkan bagian alt image tersebut kosong tanpa terisi tulisan apapun. Kosongnya alt image sama halnya dengan menyianyiakan kesempatan untuk bisa memperoleh peluang ranking yang bagus di halaman pencarian gambar.

Selain itu, usahakan untuk memakai jenis gambar jernih dan tidak blur dengan ukuran file yang tidak terlalu besar. Menyisipkan file berukuran besar akan berpengaruh pada kecepatan loading halaman dan peforma SEO website secara keseluruhan.

Jika gambar yang akan kamu gunakan memiliki resolusi gendut, kamu bisa mengkompres ukuran file gambar agar lebih kecil. 

9. Kecepatan Website

Pernah mengalami loading web yang lama? Jika pernah, bagaimana perasaan kamu? Biasanya, para pengguna internet akan merasa kesal dan memilih untuk keluar dari halaman tersebut karena tidak mau membuang waktu mereka terlalu lama.

Oleh karena itu, kecepatan website telah menjadi salah satu faktor on page penting yang perlu kamu pahami selama mendalami apa itu SEO on page.

Pasalnya, pihak mesin pencari (Google) juga pernah menyampaikan hal yang serupa bahwa aspek kecepatan website akan menjadi faktor penting dalam perangkingan situs web. Dengan kata lain, semakin cepat waktu loadingnya maka semakin bagus peringkat website kamu.

Baca Juga:   WordPress VS Blogspot, Manakah yang Lebih Baik untuk Kamu?

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecepatan loading website adalah dengan menggunakan Google AMP atau Accelerate Mobile Page.


Mengapa SEO On Page Penting untuk Para Blogger?

Kira-kira, mengapa para blogger harus menerapkan dan memahami tentang apa itu SEO on page? Karena, SEO on page akan membantu mesin pencari dalam memahami struktur situs web, konten web, dan tingkat relevansi konten dengan kueri pencarian.

Sejatinya, aspek SEO on page perlu mendapat perhatian yang lebih utama daripada jenis-jenis SEO lainnya. Tanpa memahami dasar-dasar SEO on page, maka aspek SEO yang lain tidak akan bisa menghasilkan manfaat yang optimal untuk mendongkrak peringkat website di SERP.


Cara Memaksimalkan SEO On Page di Website

Bagaimana sih cara memaksimalkan SEO on page dalam sebuah website? Caranya, kamu hanya perlu memaksimalkan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti yang sudah diulas pada pembahasan sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa penjelasan di bawah ini dengan seksama.

1. Optimalisasi Konten Agar User Friendly

Setelah memahami apa itu SEO on page, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah menciptakan konten berkualitas yang disukai oleh pembaca. 

Demi mewujudkan hal tersebut, kamu perlu mengetahui siapa target pembaca yang ingin disasar agar bisa menemukan tata bahasa yang ringan dan cocok dengan target tersebut.

Misalnya, kamu hendak menulis blog untuk pembaca usia remaja dan young adult, maka tata bahasa yang digunakan akan bersifat lebih casual dan santai sesuai dengan spirit ala anak muda. 

Penggunaan bahasa yang kaku, stiff, dan terlalu formal malah akan membuat pembaca (kawula muda) cepat merasa bosan dan akan meninggalkan halaman web dengan cepat. 

Intinya, sesuaikan saja konteks, isi konten, dan penggunaan tata bahasanya dengan target pembaca yang tepat agar mereka dapat menilai konten kamu sebagai karya yang berkualitas.

2. Optimalisasi Konten Agar SEO Friendly

Setelah kamu selesai menuliskan konten berkualitas, langkah berikutnya adalah melakukan optimalisasi konten dengan beberapa bantuan tool SEO yang mumpuni. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kualitas konten yang bernilai baik menurut mesin pencari.

Adapun, salah satu tool yang bisa kamu pakai untuk membantu kegiatan optimasi on-page SEO adalah Yoast Plugin. Kamu dapat berlangganan dan memasang plugin tersebut dalam CMS (WordPress) untuk mengetahui aspek on-page mana yang harus diperbaiki agar menghasilkan satu konten utuh yang SEO friendly.

3. Optimalisasi Halaman Website

Ternyata, ruang lingkup dalam memahami apa itu SEO on page tidak hanya menyasar pada aspek penyusunan konten dan penggunaan kata kunci. Kamu juga perlu melakukan optimalisasi halaman website agar bisa memasuki hasil penelusuran utama di halaman pencarian.

Adapun, beberapa aspek yang perlu kamu optimalisasi antara lain:

  • http status
  • Robot txt
  • Title tag
  • Page speed
  • Domain 
  • Template
  • Dan lain-lain

Kesimpulan

Secara umum, aspek telah kamu pelajari dalam artikel apa itu SEO on page kali ini sangat berhubungan dengan bagian muka website seperti konten, URL, dan lain sebagainya. 

Sebagai blogger pemula, kamu perlu mendalami dasar-dasar SEO on-page terlebih dahulu sebelum melangkah ke aspek SEO yang lainnya. 

Perlu kamu ketahui pula bahwa hasil dari optimalisasi SEO memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, hasilnya akan sangat setara dengan upaya dan strategi yang kamu kerahkan untuk bisa mendapatkan kursi terbaik di SERP.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, hingga blogger influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password