Mengenal Apa Itu SEO Off page untuk blogger pemula?

apa itu seo off page

Untuk seorang blogger atau pemilik website, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic pada blog atau website. SEO sendiri ada dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Lalu apa itu SEO off page? Seberapa penting dan bagaimana cara memaksimalkan SEO off page ini?


Apa itu SEO off page?

SEO off page merupakan sebuah cara untuk melakukan optimasi SEO yang dilakukan dari luar website. atau cara ini akan menggunakan faktor eksternal untuk membuat SEO dari website teroptimasi dengan baik. Nantinya. SEO off page ini akan berperan sebagai support untuk SEO on page. SEO on page sendiri merupakan cara untuk melakukan optimasi dari sisi internal.

Pada penggunaanya, SEO off page ini akan banyak menggunakan berbagai platform lain. Dari mulai website lain, media sosial, ataupun forum online. Salah satu cara untuk mengoptimasi jenis SEO ini adalah dengan membangun link building ataupun membuat backlink.


Faktor-faktor SEO off page

Untuk mendapatkan kualitas SEO yang baik, maka ada beberapa faktor yang cukup berpengaruh. Faktor ini nantinya akan cukup berpengaruh ketika kamu melakukan optimasi. Beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan ketika mengoptimasi SEO off page adalah:

1. Kualitas Backlink

Jika berbicara masalah apa itu SEO off page, maka banyak orang yang mengatakan jika cara optimasi ini berkaitan erat dengan backlink. Secara singkat backlink merupakan link website yang kamu sisipkan dari dalam website lain.

Backlink akan menjadi faktor utama dalam optimasi SEO ini. Karena hal inilah, maka cukup penting untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Ketika kamu mendapatkan backlink yang berkualitas maka tingkat optimasi yang kamu punya juga akan menjadi lebih optimal.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas ini, maka setidaknya ada beberapa faktor yang bisa kamu lihat, seperti:

  • Bagaimana reputasi dari website asal?
  • Seberapa aktif website asal backlink tersebut?
  • Apakah website tempat kamu menyimpan backlink memiliki kesamaan topik dengan website kamu?
  • Apakah website tempat kamu menyimpan backlink memiliki kesamaan bahasa?
  • Penempatan backlink
  • Dofollow dan Nofollow
  • Umur Backlink

Untuk masalah backlink ini, hal penting yang sangat perlu kamu perhatikan adalah masalah penempaan backlink. Ketika backlink yang kamu buat tersemat dalam sebuah teks, maka Google juga akan membaca apa isi lengkap dari teks tersebut.

Nantinya Google akan memutuskan apa konteks dari link tersebut. Jika sesuai dengan ketentuan, maka website kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hal itu.

2. Jumlah Backlink

Banyak orang yang masih berpikiran jika jumlah backlink merupakan hal yang paling berpengaruh dalam optimasi SEO off page. Padahal, jika berkaca pada pengertian apa itu SEO off page, maka yang lebih penting adalah kualitas dari backlink itu sendiri, dan bukan kuantitasnya. Meski demikian, kamu juga masih bisa menciptakan kualitas backlink yang baik dengan kualitas yang sangat banyak.

Dalam hal ini, maka lebih baik memiliki sedikit backlink dari website dengan kualitas baik daripada memiliki banyak backlink dari website dengan reputasi buruk atau bahkan tidak aktif sama sekali.

Baca Juga:   Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

3. Anchor Text

Faktor lainnya yang juga akan memerankan peranan penting dalam optimasi SEO jenis ini adalah anchor text. Dengan adanya anchor text, maka backlink yang kamu buat akan terbaca sebagai sebuah kata kunci. Yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan anchor text adalah jangan menggunakan secara berulang.

Penggunaan yang berulang-ulang dalam satu artikel tidak akan memberikan dampak positif yang lebih besar. Sebagai contoh, jika ada dua anchor text dalam satu artikel yang menuju ke link yang sama. Maka Google hanya akan menggunakan pilihan pertama, sementara anchor text yang kedua mungkin tidak akan berguna sama sekali. Itulah mengapa gunakanlah anchor text dengan minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Variasi Backlink

Masih berbicara tentang backlink, selain masalah kualitas dan kuantitas, hal lain yang juga sangat perlu kamu perhatikan adalah variasi backlink yang bisa kamu gunakan. Selain menggunakan backlink dalam sebuah teks atau contextual link, kamu juga bisa membuat backlink dengan variasi profile bio, comment, widget, directory, dan lainnya. Yang jelas, semakin bervariasi tentu akan semakin baik.

Namun yang perlu kamu perhatikan juga adalah menggunakan semua variasi tersebut dengan bersamaan juga tidak akan menghasilkan hal yang positif. Jika kamu membuat banyak variasi di waktu yang bersamaan, maka Google juga cenderung akan melihat satu variasi saja yang ada di sana.

5. Aktivitas Sosial

Jika kamu berbicara apa itu SEO off page, dan hanya berbicara tentang backlink,maka itu merupakan hal yang kurang tepat. Selain backlink, faktor lain yang juga bisa membantu kamu untuk optimasi SEO jenis ini adalah aktivitas sosial. Terutama ketika penggunaan media sosial menjadi semasif seperti saat ini.

Jika website yang kamu punya cukup aktif di media sosial, maka itu bisa menjadi salah satu indikator jika website yang kamu punya cukup populer. Untuk melihat bagaimana performa website di aktivitas sosialnya, maka kamu bisa menggunakan beberapa tools yang bisa mengukur jumlah share, dan interaksi di media sosial.

6. Reputasi Sosial

Masih berkaitan dengan aktivitas sosial, maka hal yang paling penting dari aktivitas sosial adalah masalah reputasi. Ketika aktivitas sosial kamu cukup aktif, namun dengan reputasi yang buruk, maka mesin pencari juga akan melihat hal itu sebagai sebuah poin minus untuk optimasi SEO off page.

Dalam hal ini, maka reputasi sosial yang kamu bangun juga menjadi satu hal yang harus sangat kamu perhatikan. Reputasi ini juga akan mempengaruhi bagaimana Google melihat website yang kamu punya.

7. Personal Search

Berbicara masalah SEO off page, maka hal penting lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah personal search. Sesuai namanya, maka dalam hal ini Google seolah akan merekomendasikan website yang sesuai dengan personal search dari pengguna. Nantinya, sangat mungkin terjadi hasil pencarian untuk satu keyword yang sama memiliki hasil yang berbeda pada beberapa pengguna.

Untuk masalah personal search ini sendiri ada beberapa faktor yang cukup menentukan, yaitu:

  • Kesamaan negara dan bahasa
  • Apakah pengguna pernah mengunjungi website tersebut sebelumnya
  • Tingkat kepuasaan pengguna pada website tersebut. Jika sudah pernah berkunjung sebelumnya
  • Apakah website tersebut pernah di share oleh orang yang pernah berinteraksi dengan pengguna

Faktor-faktor ini nantinya yang akan dijadikan penilaian mesin pencari untuk merekomendasikan sebuah website kepada pengguna.


Kenapa SEO off page penting untuk blogger?

Setelah mengetahui apa itu SEO off page, mungkin kamu juga akan bertanya seberapa penting SEO off page ini? maka jawabannya adalah sangat penting. Alasan sederhana mengapa SEO jenis ini penting adalah karena ini merupakan salah satu cara yang menentukan penilaian website kamu oleh mesin pencari.

Baca Juga:   Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat optimas SEO jenis ini menjadi sangat penting. Beberapa alasan tersebut antara lain:

1. Mempengaruhi Penilaian Google

Ini merupakan alasan penting pertama mengapa SEO off page penting. Google memang memiliki banyak faktor untuk menilai sebuah website. Nantinya, semua faktor tersebut akan dihitung dengan formulasi tersendiri. Dan dari sekian banyak faktor itu, SEO off page memiliki peranan yang cukup besar.

Bahkan mungkin penilaian dari SEO jenis ini akan mempengaruhi lebih dari setengah hasil penilaian akhir mesin pencari. Itulah mengapa optimasi SEO off page merupakan hal yang perlu kamu lakukan.

2. Meningkatkan Kredibilitas

ketika kamu membangun SEO off page, maka kamu akan menggunakan banyak sekali platform lain. Jika ini berhasil, maka website kamu akan semakin banyak ditemukan. Semakin sering website kamu muncul, hal ini juga bisa membuat kredibilitas dari website kamu naik.

Nantinya, dengan kredibilitas yang semakin naik. Dan juga website kamu yang semakin sering muncul, hal ini juga akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian dari mesin pencari.


Cara Memaksimalkan SEO off page

Pertanyaan selanjutnya setelah kamu paham apa itu SEO off page adalah bagaimana cara memaksimalkan SEO off page itu sendiri? ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan optimasi SEO ini, beberapa cara tersebut antara lain:

1. Menjalankan Link Building

Cara pertama dan mungkin yang terpenting ketika kamu akan melakukan optimasi SEO off page adalah dengan menjalankan link building. Singkatnya, link building merupakan cara untuk mendapatkan link dari website lain, atau kamu lebih mengenal dengan istilah backlink.

Dalam optimasi SEO off page, memang backlink akan memegang peranan yang sangat penting. Ketika kamu bisa membangun banyak link dari website lain, terutama ketika website tersebut relevan dan berkualitas, maka Google akan melihatnya sebagai sebuah sumber yang terpercaya.

Namun demikian, kamu juga harus memperhatikan masalah kuantitas. Yang terpenting adalah kualitas. Ketika kuantitasnya sangat banyak namun berasal dari website tidak jelas, maka mesin pencari hanya akan melihat hal itu sebagai sebuah SPAM.

  • Untuk itu, ketika kamu ingin melakukan optimasi dengan menggunakan link building, maka ada beberapa hal yang bisa kamu coba, seperti:
  • Link Building dari Konten. Hal ini akan terjadi ketika konten kamu berkualitas. Nantinya, website lain akan menggunakan website kamu sebagai sebuah rujukan.
  • Guest Blogging. Ini merupakan cara di mana kamu membuat sebuah konten di website lain, dengan menaruh link pada konten tersebut yang akan menuju pada website kamu.
  • Ego Bait. Teknik ini bisa kamu lakukan dengan menyebut nama orang atau brand. Hal ini bertujuan untuk membuat orang atau brand tersebut mau memberikan backlink.
  • Broken link building. Kamu akan bekerja sama dengan website lain. Nantinya kamu akan memberikan konten kamu yang berisi link menuju ke website kamu untuk menggantikan konten pada website orang lain yang mengalami broken link.
  • Link Reclamation. Teknik ini akan kamu lakukan ketika ada halaman backlink yang rusak, namun sudah kamu perbaiki.

Selain menggunakan beberapa teknik tadi, ada juga beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan, seperti:

Domain Authority dan Page Authority

Ini merupakan faktor yang bisa mengukur bagaimana kualitas backlink yang kamu buat. Domain Authority merupakan skor untuk melihat bagaimana peluang dari rangking sebuah website di Google. Sementara page authority merupakan skor untuk menunjukan bagaimana peluang sebuah halaman website untuk berada di peringkat atas. Nantinya kedua faktor ini akan menggunakan skala 1-100.

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

Nantinya, ketika kamu akan membuat backlink yang berkualitas maka carilah website dengan skor DA dan PA yang lebih tinggi dari website kamu. Setidaknya pilihlah website dengan skor DA dan PA yang tidak jauh dengan website kamu.

Anchor Text

Faktor lain yang juga perlu kamu perhatikan ketika melakukan optimasi SEO off page adalah anchor text. Dengan menggunakan anchor text maka akan membentuk Google untuk memahami konteks informasi. Ketika backlink yang kamu buat menggunakan anchor text yang sesuai dengan kata kunci, maka hal itu juga akan membantu kamu untuk melakukan optimasi SEO off page.

Relevansi

Dalam hal ini maka ketika kamu membuat backlink, maka pilihlah website yang memiliki relevansi dengan website kamu. Setidaknya kamu pilih website yang memiliki niche yang sama. Dengan memilih relevansi ini maka akan membuat nilai lebih pada Google.

Traffic

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan ketika membuat backlink adalah traffic. Pastikan website yang kamu pilih untuk menjadi tempat backlink adalah website dengan traffic yang tinggi. Semakin tinggi traffic maka kemungkinan backlink kamu di klik akan menjadi lebih tinggi.

2. Tingkatkan EAT

EAT merupakan kependekan Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Ini merupakan sebuah indikator untuk melihat kualitas website. Dengan menggunakan EAT ini maka mesin pencari akan tahu apakah website kamu terpercaya atau tidak. Nantinya mesin pencari akan memastikan bahwa hasil yang mereka tampilkan adalah hasil terbaik dan akurat. Ketika nilai EAT website kamu tinggi, maka itu artinya website kamu cukup terpercaya.

3. Perhatikan Local SEO

Ini merupakan faktor optimasi SEO off page yang perlu kamu perhatikan ketika website kamu adalah website bisnis. Local SEO adalah cara untuk membuat bisnis yang kamu punya muncul dalam pencarian lokal. Nantinya, local SEO ini akan membuat bisnis kamu menjadi mudah untuk menemukan bisnis kamu.

Untuk mengoptimalkan local SEO ini maka hal yang perlu kamu perhatikan adlah mengisi profil lengkap bisnis kamu. Hal lain yang juga akan mempengaruhi local SEO adalah rating dan komentar dari pengunjung.

4. Tingkatkan Engagement di Media Sosial

Hal lain yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan SEO off page adalah engagement di media sosial. Dengan banyaknya pengguna media sosial maka ketika engagement yang kamu punya cukup bagus hal itu akan membuat website kamu juga menjadi lebih terpercaya.

Dari engagement tersebut juga kamu bisa memprediksi berapa traffic yang bisa kamu dapatkan. Semakin tinggi engagement, maka semakin optimal juga SEO off page yang kamu buat.


Mulai Optimalkan SEO Off Page

Setelah memahami semua hal tentang apa itu SEO off page, maka kamu juga akan paham dengan seberapa pentingnya hal ini. SEO merupakan cara yang bisa kamu optimalkan untuk mendatangkan traffic bagi website kamu. Sehingga cara ini wajib kamu pahami jika kamu mempunyai blog atau website.

Nantina, SEO off page juga akan mendukung SEO on page yang kamu buat. Selain untuk mengoptimalkan traffic, penggunaan SEO off page juga untuk membuat website kamu mendapatkan pengunjung dari banyak tempat. Ini juga merupakan satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikan kredibilitas website kamu.


0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password