Apa itu SEO? Pentingnya SEO untuk Para Blogger dan Pemilik Website

Apa itu seo dan manfaat seo

Saat ini mungkin sudah banyak orang yang pernah mendengar atau mengetahui SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu SEO? Secara umum SEO adalah suatu upaya yang orang-orang lakukan untuk mendapatkan posisi hasil teratas pada mesin pencarian atau search engine seperti Google untuk suatu kata kunci atau keyword yang mereka targetkan.

Dengan mendapatkan posisi teratas pada mesin pencarian, hal ini akan meningkatkan jumlah kunjungan ke dalam website kamu. Tidak hanya website, ternyata SEO juga bisa kamu terapkan pada blog yang kamu miliki untuk mendapatkan hasil yang sama seperti website.

Banyak orang yang menganggap dan menilai bahwa SEO itu penting, lalu apa sebenarnya SEO itu? Kenapa SEO itu penting? Bagaimana cara melakukan dan juga tips melakukannya? Dan tools apa saja yang dapat membantu kamu melakukan optimasi SEO ini, mari kita kenali SEO lebih jauh lagi.


Apa itu SEO?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa SEO adalah suatu upaya untuk mendapatkan posisi teratas mesin pencari seperti Google. Mesin pencari atau search engine sebenarnya ada banyak sekali, seperti Google, Bing, Yandex, Duck Duck Go, bahkan ada juga Yahoo!

Namun kenapa Google? Hal ini karena mayoritas penduduk Indonesia lebih sering menggunakan Google sebagai mesin pencari jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Ini terbukti dengan jumlah pencarian di Google yang mencapai lebih dari 3 miliar setiap harinya. 

Karena inilah SEO memiliki tujuan untuk mengoptimasi halaman agar berada pada posisi teratas pencarian Google dengan suatu kata kunci atau keyword tertentu.


Manfaat SEO yang Begitu Penting

Setelah mengetahui apa itu SEO, tentunya timbul pertanyaan seberapa pentingnya SEO untuk kamu? Untuk mengetahui jawaban pertanyaan ini, kamu harus mengetahui beberapa manfaat dari SEO itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SEO yang perlu kamu ketahui

1. Meningkatkan Traffic atau jumlah kunjungan

Manfaat SEO yang pertama adalah meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke dalam website atau blog kamu. Dengan berada pada posisi teratas terhadap suatu kata kunci atau keyword, hal ini akan meningkatkan kemungkinan orang-orang berkunjung ke website atau blog kamu.

Saat berada di posisi terhadap terhadap suatu pencarian kata kunci atau keyword, ini akan meningkatkan jumlah kunjungan website atau blog kamu karena mayoritas orang-orang akan sangat jarang untuk berkunjung pada halaman kedua, ketiga atau seterus jika dibandingkan dengan halaman pertama.

Selain meningkatkan kemungkinan jumlah kunjungan, dengan berada pada posisi teratas juga akan memudahkan orang-orang untuk menemukan situs website atau blog kamu.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat SEO yang berikutnya adalah meningkatkan brand awareness. Dengan semakin seringnya halaman-halaman website atau blog kamu berada pada posisi teratas hasil pencarian suatu kata kunci atau keyword, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui brand kamu.

Banyak orang yang berpendapat SEO adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness jika dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti sosial media atau iklan lainnya.

3. Menargetkan Target Pasar yang Tepat

Tak hanya meningkatkan jumlah kunjungan dan juga brand awareness, dengan menggunakan SEO kamu juga menargetkan pasar dengan lebih tepat. Hal ini bisa kamu lakukan karena kamu mengatur seperti apa orang-orang yang berkunjung ke website atau blog kamu melalui kata kunci atau keyword yang kamu targetkan.

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

Sebagai contoh, jika kamu memiliki website atau blog yang membahas atau menjual produk skin care kecantikan. Maka kamu dapat menargetkan kata kunci atau keyword skin care wanita terbaik. Dengan menargetkan kata kunci atau keyword tersebut, maka mayoritas pengunjung website atau blog kamu adalah perempuan.

4. Meningkatkan Penjualan

Untuk kamu yang memiliki website atau blog yang memang menjual produk-produk di dalamnya, maka SEO juga bisa meningkatkan penjualan produk-produk tersebut. Hal ini bisa terjadi seiring dengan jumlah kunjungan website atau blog kamu yang semakin meningkat.

Banyak orang yang berpendapat SEO jauh lebih baik jika membandingkannya dengan media pemasaran lainnya seperti sosial media. Hal ini karena SEO memiliki jangkauan pasar yang lebih luas jika dibandingkan media sosial yang terbatas hanya pada platform media sosial tersebut.

5. Memperbaiki Website atau Blog Kamu

Pada prakteknya, SEO juga mengharuskan kamu memiliki website atau blog yang dianggap baik dan layak oleh Google untuk berada di posisi teratas pencarian terhadap suatu kata kunci atau keyword.

Karena hal tersebut maka kamu akan memiliki website atau blog yang lebih baik dari pada sebelumnya. Berkat perbaikan yang terjadi di dalam website atau blog kamu, tidak hanya berguna untuk Google memposisikan website atau blog kamu, orang-orang yang berkunjung ke dalam website atau blog juga akan merasakan manfaatnya.

6. Sebagai Investasi Jangka Panjang

SEO sering disebut sebagai investasi jangka panjang. Hal ini karena untuk mendapatkan hasil dari SEO tidaklah instan atau bisa kamu dapatkan dalam hitungan jam, butuh waktu untuk berada pada posisi teratas mesin pencarian dan merasakan hasilnya.

Namun jika website atau blog kamu sudah berada posisi teratas pencarian terhadap suatu kata kunci atau keyword, maka kemungkinan untuk hilang, turun dan  juga terjadinya pengurangan jumlah konversi atau penjualan di dalam website atau blog kamu juga tidak sebesar media pemasaran lainnya.


Tips Optimasi SEO

Pada dasarnya untuk mengoptimasi SEO terbagi menjadi tiga cara, yaitu optimasi SEO on-page, off-page dan juga teknikal SEO. Untuk melakukan ketiga optimasi SEO ini dan mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan apa yang kamu harapkan, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini

Optimasi On-Page SEO

Optimasi on-page SEO adalah upaya optimasi yang kamu lakukan di dalam website kamu. Hal ini merupakan hal pertama bisa kamu lakukan sendiri untuk website atau blog kamu. 

Untuk melakukan optimasi on-page SEO kamu bisa melakukannya dari beberapa hal berikut ini:

  • Menentukan keyword utama. Dengan menentukan keyword utama yang memiliki volume pencarian yang cukup dan dengan apa yang kamu inginkan untuk website atau blog kamu, maka website atau blog kamu akan lebih mudah mencapai posisi pertama pencarian terhadap suatu kata kunci atau keyword
  • Setelah menentukan keyword utama, berikutnya adalah domain atau nama website. Kamu bisa menggunakan domain atau nama website yang sesuai dengan target pasar kamu dan menempatkan keyword tersebut di domain atau nama website kamu
  • Perhatikan URL yang kamu gunakan. Usahakan untuk menggunakan URL yang mengandung keyword yang kamu targetkan
  • Isi website atau blog juga perlu kamu perhatikan. Memang kamu memiliki kebebasan untuk membuat isi konten tersebut, namun isi konten yang seragam akan dianggap Google dan juga pengunjung website atau blog kamu lebih baik
  • Meta title dan meta description juga harus kamu perhatikan. Kamu haru menempatkan keyword pada kedua bagian. Untuk meta title kamu bisa membuatnya kurang dari 60 karakter dan meta description kurang dari 160 karakter
  • ALT text adalah keterangan gambar untuk gambar-gambar yang berada dalam website atau blog kamu. Dengan menggunakan ALT text yang tepat yang mengandung keyword yang kamu targetkan, maka gambar tersebut juga bisa muncul pada hasil pencarian gambar Google
Baca Juga:   9 Skill Blogger yang Harus Dikuasai Seorang Pemula (Lengkap)

Optimasi Off-Page SEO

Optimasi off-page SEO adalah berkaitan dengan promosi, membangun link atau jaringan yang mengarah ke website atau blog kamu. Tujuannya adalah agar Google mengetahui seperti apakah isi dari website kamu melalui relevansi atau hubungan dan promosi dari luar website kamu dan meningkatkan kredibilitas dan rangking website atau blog kamu.

Untuk melakukan optimasi off-page, kamu bisa memulainya dengan link building atau memberikan link dari luar website kamu yang mengarah ke website kamu. Kamu bisa memulainya dengan meminta website lain membuat konten atau promosi website kamu.

Kamu juga harus memperhatikan kualitas dari link yang mengarah ke website atau blog kamu. Usahakan hanya mendapatkan link-link yang berkualitas saja dan bukan link-link yang bersifat spam.

Dengan semakin banyaknya link yang dari luar website kamu yang memiliki kualitas yang baik, maka juga akan semakin meningkatkan DA atau Domain Authority dan PA ada Page Authority yang berhubungan dengan tingkat kepercayaan Google terhadap isi dari website atau blog kamu

Teknikal SEO

Teknikal SEO umumnya adalah perbaikan teknis yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan posisi ranking website atau blog kamu yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah kunjungan website atau blog kamu. Berikut ini adalah beberapa tips teknikal SEO yang bisa kamu terapkan

  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memiliki sertifikat SSL atau dianggap aman oleh Google. Hal ini merupakan hal wajib yang harus kamu miliki. Website atau blog yang sudah memiliki sertifikat SSL adalah website yang sudah menggunakan https dan akan lebih mudah untuk mendapatkan rangking di Google
  • Kecepatan loading website atau blog juga harus kamu perhatikan, baik itu untuk perangkat desktop atau komputer maupun mobile. Website atau blog yang memiliki kecepatan loading yang baik akan lebih mudah mendapatkan ranking di Google dan juga membantu pengunjung website atau blog kamu
  • Sitemap juga harus terapkan pada website kamu. Sitemap ini lebih bersifat teknikal SEO. Sitemap.txt ini adalah daftar isi yang bisa Google gunakan untuk membaca isi dari keseluruhan website atau blog kamu
  • Robots.txt adalah salah satu elemen yang wajib ada saat optimasi on-page SEO. Robots txt merupakan instruksi bagi robot Google untuk mengetahui halaman-halaman apa saja yang boleh dan tidak boleh robot Google baca

Tools SEO

Untuk melakukan optimasi SEO ini, baik itu optimasi on-page dan off-page, ada beberapa tools dari Google yang dapat kamu gunakan untuk melakukannya. Beberapa tools ini bisa kamu gunakan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tools yang bisa kamu gunakan.

1. Google Analytics

Google analytics adalah tools gratis yang Google berikan dan bisa kamu gunakan. Tools ini akan memberikan kamu data-data mengenai website atau blog kamu. 

Data-data tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kembali website kamu agar memiliki ranking yang baik dan meningkatkan jumlah kunjungan. Data-data yang google analytics berikan adalah sebagai berikut

  • Halaman-halaman yang saat ini pengunjung website atau blog kamu lihat
  • Demografi pengunjung website atau blog kamu seperti usia, lokasi, dan perangkat yang mereka gunakan untuk mengunjungi website atau blog kamu
  • Jumlah kunjungan website atau blog kamu dalam kurun waktu tertentu
  • Behaviour atau seperti apa orang-orang yang berkunjung ke website atau blog kamu dari halaman satu ke halaman yang lainnya
  • Jumlah konversi atau penjualan yang terjadi pada website atau blog kamu
Baca Juga:   Apa itu Backlink? Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

2. Google Search Console

Tools gratis dari Google yang berikutnya adalah Google Search Console. Google search console atau yang lebih sering orang-orang kenal dengan GSC ini adalah tools yang akan memberikanmu banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari GSC ini 

  • Memberikan issues atau hal-hal yang perlu kamu perbaiki dari website atau blog kamu
  • Data mengenai jumlah seberapa sering halaman-halaman kamu terlihat di hasil pencarian Google dan juga jumlah berapa kali orang-orang click dan masuk ke dalam website
  • Jumlah rata-rata posisi halaman-halaman website atau blog kamu di Google
  • Keyword atau kata kunci apa yang paling sering orang-orang gunakan untuk masuk ke dalam website kamu
  • Memberikan permintaan ke Google untuk membaca website kamu
  • Memberitahu Google tentang halaman-halaman yang ingin kamu hapus dari mesin pencarian Google
  • Seberapa cepat website kamu bisa diakses pengunjung baik menggunakan desktop atau komputer dan juga mobile atau handphone

3. Google Trends

Selanjutnya adalah google trends. Sesuai dengan namanya, Google trends akan memberikan kamu informasi mengenai suatu trend pada mesin pencari Google. Kamu juga bisa memanfaatkan google trends untuk mengetahui seperti apa trend pencarian terhadap suatu keyword dan juga saran keyword-keyword lain yang relevan atau serupa.

4. Google Pagespeed Insight

Tools selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah google pagespeed insight. Google pagespeed insight akan memberikanmu skor mengenai seberapa cepat website atau blog kamu dan juga halaman-halaman di dalamnya bisa dibuka baik dalam platform desktop dan juga mobile.

Selain memberikan skor, dengan menggunakan tools ini kamu juga akan mendapatkan insight mengenai hal-hal yang perlu kamu perbaiki untuk meningkatkan skor tersebut dan membuat website atau blog kamu dan halaman-halamannya memiliki time loading yang lebih baik

5. Google Mobile Friendly Tester

Tools terakhir yang dapat kamu manfaatkan adalah google mobile friendly tester. Dengan menggunakan tools ini kamu dapat mengetahui apakah website atau blog kamu dan juga halaman-halamannya sudah mudah untuk diakses dengan menggunakan mobile atau handphone atau belum.

Tools ini cukup penting mengingat bahwa saat ini lebih banyak orang yang mengakses Google atau mencari sesuatu dengan menggunakan mobile atau handphone dibandingkan dengan menggunakan desktop atau komputer.


Kesimpulan

Itulah pengertian tentang SEO, mulai dari apa itu SEO, pentingnya SEO untuk website atau blog kamu, tips melakukan optimasi SEO baik itu optimasi on-page dan juga off-page dan juga beberapa tools SEO gratis yang dapat kamu manfaatkan.

Tujuan utama dari optimasi SEO adalah mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian Google terhadap suatu kata kunci atau keyword yang nantinya juga akan meningkatkan jumlah kunjungan website atau blog kamu.

Untuk melakukan optimasi SEO memang bukanlah hal yang bisa kamu langsung lakukan dengan sekali mencoba saja. Kamu juga perlu latihan untuk melakukannya dan mendapatkan hasil yang maksimal yaitu mendapatkan ranking halaman website yang baik dan juga meningkatnya jumlah kunjungan website atau blog kamu.

Selain itu, hasil dari optimasi SEO ini tidak bisa langsung terlihat. Namun jika kamu melakukannya dengan benar dan tekun, maka hasilnya juga bisa akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password