Apa itu Selebgram? Bagaimana Cara Menjadi Selebgram?

apa itu selebgram

Selebgram adalah salah satu pekerjaan yang mungkin 10 tahun yang lalu tidak pernah terbayangkan akan ada. Selebgram sendiri muncul tidak lepas dari peran media sosial yang semakin besar. Terutama dengan kehadiran Instagram, membuat profesi ini menjadi kian besar dan banyak yang ingin menjadi selebgram


Apa itu Selebgram?

Selebgram adalah singkatan dari selebriti instagram. Singkatnya, mereka yang berprofesi sebagai selebgram ini adalah orang yang cukup terkenal di media sosial instagram. Hal ini terlihat dari jumlah pengikut ataupun bagaimana pengaruh dari orang tersebut lewat media sosial tersebut.

Biasanya hal ini akan ditentukan dari seberapa menarik orang tersebut di media sosial. Semakin menarik maka akan semakin banyak pula yang mengikutinya. Dengan semakin banyak pengikut, maka akan semakin besar juga pengaruhnya. Tidak heran jika profesi ini juga identik dengan sebutan influencer.


Bagaimana Cara Menjadi Selebgram?

Apakah semua orang bisa menjadi selebgram? Maka jawabannya adalah iya. Tinggal bagaimana orang tersebut mengatur dan memaksimalkan apa yang ia punya untuk mereka tampilkan di media sosial, dalam hal ini adalah instagram. Selebgram adalah orang yang konten media sosialnya cukup menarik bagi orang lain.

Semakin menarik, maka akan semakin besar juga potensi untuk menjadi influencer. Selain itu, untuk menjadi selebgram juga ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Pilih Niche yang Sesuai dan Anda Minati

Ketika kamu ingin menjadi selebgram, maka salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan konten seperti apa yang ingin kamu buat. Dalam hal ini kamu perlu menentukan niche konten yang sesuai. Kesesuaian ini baik untuk kamu maupun pengikut kamu.

Saat ini, selebgram adalah pekerjaan yang hampir semua orang bisa lakukan. Bahkan, pekerjaan ini sendiri sudah banyak jenisnya. Dari mulai selebgram olahraga, selebgram kesehatan, dan lainnya. Kamu tinggal pilih mana hal yang kamu kuasai dan coba bagikan pengetahuan kamu tentang hal tersebut dengan menarik.

Semakin menarik dan semakin berguna konten yang kamu berikan maka potensi untuk mendapatkan pengikut juga menjadi lebih besar. Dari sinilah awal mula kamu bisa menjadi selebgram.

Baca Juga:   Deretan Beauty Vlogger Indonesia, Mana Inspirasimu?

Baca juga: Apa Itu Endorse Beserta Tipe dan Manfaatnya

2. Tentukan Target Audiens Anda Sebagai Selebgram

Media sosial memang berisi orang dengan berbagai umur dan latar belakang. Karena hal ini, maka media sosial merupakan salah satu pasar dengan target yang luas. Dan jika kamu ingin menjadi selebgram, maka sebaiknya kamu sudah bisa menentukan target audiens yang ingin kamu jangkau.

Misalkan, kamu memiliki pengetahuan tentang finansial. Maka cobalah untuk menargetkan orang-orang yang tertarik dengan investasi, mereka yang baru memulai bekerja, ataupun orang yang baru mau mulai menabung sebagai target audiens kamu. Semakin dekat konten kamu dengan target audiens kamu maka akan semakin mudah juga kamu mendapatkan followers.

3. Bangun Personal Branding yang Kuat Saat Menjadi Selebgram

Selebgram adalah salah satu orang yang akan terus terlihat. Sehingga memiliki personal branding merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Misalkan, jika kamu ingin menjadi influencer dengan membagikan konten tentang cara selalu sehat. Maka kamu juga perlu menjaga badan kamu agar orang melihat kamu selalu bugar.

Personal branding ini akan berkaitan dengan kepercayaan orang terhadap kamu. Tidak mungkin orang akan percaya jika kamu merupakan influencer dengan konten olahraga jika badan kamu terlihat tidak menarik dan tidak bugar.

4. Optimasi Instagram Profil Anda

Dalam dunia internet, optimasi merupakan salah satu hal yang penting. Optimasi akan bertujuan untuk memudahkan orang menemukan kamu. Contoh jika kamu merupakan influencer dengan konten olahraga. Maka akun media sosial kamu akan sering muncul di halaman media sosial orang yang tertarik dengan olahraga juga.

Dalam hal ini, maka langkah yang kamu perlu lakukan sebagai selebgram adalah memastikan akun media sosial kamu teroptimasi dengan baik. Untuk melakukan optimasi ini juga ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Seperti menggunakan hashtags, menggunakan username yang mudah orang ingat dan cari, dan lainnya

5. Bangun Interaksi Dengan Followers Anda

Salah satu hal yang penting bagi selebgram adalah followers. Ini adalah salah satu modal penting bagi influencer. Semakin banyak jumlah followers maka akan baik. Selain, masalah jumlah followers hal yang perlu kamu perhatikan juga adalah bagaimana interaksi dengan followers tersebut.

Ini menjadi hal penting karena selain bisa menjaga followers tersebut hal ini juga akan menjadi bukti jika pengikut media sosial kamu adalah akun asli dan bukan bot. Membangun interaksi ini juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi akun media sosial kamu.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Social Media Influencer di Indonesia

6. Buat Konten yang Berkualitas

Hal penting yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi selebgram adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Semakin baik kualitas konten yang kamu berikan maka potensi kamu untuk mendapatkan banyak followers juga akan semakin tinggi.

Baca Juga:   Algoritma Instagram Reels yang Perlu Diketahui Para Pebisnis

Hal ini juga akan berpengaruh dengan penilaian orang. Konten yang menarik dan berkualitas akan jauh membuat orang tertarik. Membuat konten berkualitas pastinya akan sulit dan membutuhkan banyak riset. Namun di sinilah salah satu tantangan yang perlu kamu taklukan. Ketika bisa menciptakan konten yang berkualitas inilah orang akan semakin mengenal kamu.

7. Konsisten Posting Konten

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan jika ingin menjadi selebgram adalah dengan konsisten untuk memposting konten kamu. Orang tentu akan sulit mencari kamu jika konten kamu hanya sedikit. Setidaknya milikilah jadwal pasti untuk memposting konten baru.

Membuat orang penasaran dengan menunggu memang salah satu trik marketing. Namun jika eksekusinya salah, hal ini hanya akan membuat konten kamu menjadi orang tinggalkan. Inilah mengapa kamu perlu untuk membuat jadwal rutin untuk memposting konten kamu.

8. Pakailah Akun Sosial Media Dengan Bijak

Seperti kamu ketahui jika selebgram adalah orang yang akan cukup berpengaruh di media sosial. Itulah mengapa, jika kamu ingin menjadi influencer kamu juga perlu untuk menggunakan media ini dengan baik dan bijak.

Tidak mungkin orang akan mengikuti akun media sosial kamu ketika kamu juga menggunakan media sosial dengan cara tidak baik.

9. Selektif Dalam Memilih Endorse

Mungkin orang akan melihat jika salah satu keuntungan menjadi selebgram adalah mendapatkan banyak endorse. Hal ini memang karena peran influencer yang bisa mendapatkan banyak perhatian sehingga banyak produk yang ingin menggunakan jasanya.

Namun, dalam hal ini memilih produk endorse juga perlu kamu perhatikan. Tidak semua barang bisa kamu terima. Ketika kamu menerima endorse produk tersebut maka kamu akan mempromosikan barang tersebut. Maka pastikan, jika barang yang kamu terima sesuai dengan niche dan target audiens kamu.

Misal jika kamu influencer yang terkenal dengan konten gaya hidup sehat, maka kamu tidak mungkin menerima barang endorse berupa makanan yang proses pembuatannya tidak sehat. Hal ini juga akan berpengaruh dengan pandangan dan kepercayaan dari followers kamu.

10. Berkolaborasi Dengan Selebgram Lain

Jika kamu ingin menambah followers, ataupun melebarkan target audiens kamu. Maka salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebagai selebgram adalah dengan cara berkolaborasi dengan selebgram lain. Ini merupakan cara yang cukup wajar dan banyak orang lakukan.

Kolaborasi ini sendiri bisa kamu lakukan dalam banyak hal. Misalkan kamu bisa membuat konten bersama selebgram lain atau juga kamu bisa membuat produk dengan seleb instagram lain tersebut.

11. Manfaatkan Instagram Insight

Hal yang penting kamu lihat sebagai selebgram adalah instagram insight. Ini merupakan tool analytics yang akan memberikanmu gambaran tentang bagaimana performa dari konten kamu. Insight ini akan memberikan gambaran seperti berapa jumlah orang yang melihat, berapa jumlah orang yang likes dan comment.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula. Gampang Banget!

Bahkan secara spesifik tool ini juga memberikan gambaran tentang bagaimana profil dari followers kamu keseluruhan. Dengan mengoptimalisasi hal ini maka kamu bisa menjangkau dan menyajikan konten yang memang orang suka.

Kamu bisa melakukan analisis konten seperti apa yang paling banyak orang suka, kapan waktu paling banyak orang melihat konten kamu, dan lainnya. Dari analisis inilah kamu bisa melakukan optimalisasi pada performa konten kamu.

Baca juga: Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu


Apa Untungnya Jadi Selebgram?

Semakin banyaknya orang yang menjadi selebgram tentu salah satunya karena profesi ini mereka nilai cukup menguntungkan. Salah satu keuntungan yang sering orang lihat ketika menjadi selebgram adalah dengan mendapatkan banyak barang endorse.

Selain itu, beberapa keuntungan lain menjadi selebgram adalah:

1. Menjadi Sumber Penghasilan

Tidak hanya barang endorse namun menjadi selebgram juga bisa menjadi sumber penghasilan. Saat ini jasa selebgram adalah salah satu jasa yang membutuhkan ongkos cukup mahal. Meskipun harga ini akan tergantung dari kualitas selebgramnya.

Namun dengan semakin berkualitasnya selebgram maka tarif dan penghasilan yang mereka dapatkan tentu saja akan semakin mahal.

Baca juga: Perkiraan Penghasilan dari Endorse di Sosial Media

2. Membuka Peluang Bisnis

Salah satu keuntungan lain menjadi selebgram adalah bisa membuka peluang bisnis. Setidaknya, ketika nama mereka sudah cukup terkenal maka mereka tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan promosi ketika mereka membuka bisnis.

Saat ini sendiri sudah banyak selebgram yang membuka usaha ataupun bisnis mereka sendiri. Dari mulai jualan baju, makanan, dan lainnya.

3. Memperluas Jaringan

Semakin terkenal maka akan semakin luas juga jaringan kamu. Ini akan bermanfaat salah satunya ketika kamu akan memulai bisnis baru. Dengan jaringan yang sudah luas ini maka setidaknya ada beberapa hal yang akan menjadi mudah.

Baca juga: Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer


Itulah beberapa hal tentang selebgram yang perlu kamu ketahui. Menjadi selebgram adalah salah satu impian banyak orang kini. Namun yang perlu kamu ingat dengan menjadi semakin terkenal tentu akan semakin besar juga tanggung jawab yang akan kamu miliki.

Salah satunya adalah dalam hal memberikan konten. Tentu ketika seorang selebgram sudah semakin terkenal dia tidak bisa lagi memberikan konten dengan asal. Hal ini karena tanggung jawab dan juga akan berpengaruh terhadap personal branding yang ia miliki.


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer ,influencer marketing dan social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password