Apa Itu Rate Card? Ini Penjelasan yang Influencer Wajib Tahu!

apa itu rate card

Membahas tentang influencer atau KOL, kamu tentu sering menemukan pertanyaan tentang apa itu rate card.

Untuk menjawab hal tersebut, rate card artinya sebuah langkah bagi influencer untuk menentukan peran dalam sebuah pemasaran.

Oleh karena itu, berikut informasi penting yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu Rate Card?

Rate card merupakan istilah yang cukup sering kamu dengar ketika tengah membahas strategi marketing yang melibatkan influencer. Secara istilah rate card adalah sebuah dokumen yang berisi tentang informasi harga tentang penempatan iklan. 

Umumnya, dalam rate card ada beberapa elemen penting yang tertera. Salah satunya adalah informasi mengenai demografi. Informasi tersebut mengacu pada analisis target pasar iklan yang akan perusahaan lakukan. Selain itu, ada juga informasi kriteria iklan dan informasi harga sebagai hal terpenting.

Merujuk pada istilah tersebut, rate card artinya tidak selalu selaras dengan harga jasa dari layanan iklan yang ada pada influencer. Namun, saat ini istilah mengenai apa itu rate card jelas cukup beririsan dengan mereka yang berprofesi di ranah entertainment. Pasalnya, penempatan iklan di media sosial jadi hal yang cukup efektif saat ini. 

Peran Influencer di Iklan Media Sosial 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu rate card dan manfaat di dalamnya, penting untuk mengingat lagi apa peran dari pelakunya sendiri, influencer. Singkatnya, influencer adalah sosok yang punya kekuatan untuk menarik minat masyarakat dalam jumlah yang banyak. 

Saat ini, influencer umumnya bekerja di bidang media sosial digital, dengan platform seperti Instagram, Twitter, dan TikTok. Namun, tidak jarang juga mereka membantu proses promosi secara offline. Tentu pemasaran secara offline dan online memiliki mekanisme yang berbeda. Maka, kamu pun akan menemukan rate card berbeda juga. 

Namun, kedua mekanisme tersebut tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu memasarkan sebuah produk kepada masyarakat luas. 

4 Manfaat Promosi Bisnis dengan Jasa Influencer

Berikut adalah manfaat promosi menggunakan influencer yang perlu kamu tahu:

1. Pengenalan Produk Sesuai Target 

Ketika sebuah perusahaan atau brand menggunakan jasa influencer sebagai bagian promosi, biasanya mereka sudah tahu target pasar yang diinginkan. Dengan menentukan target pasar di awal, brand juga bisa dengan mudah menemukan sosok influencer yang tepat untuk pemasarannya. 

Perlu kamu pahami bahwa setiap influencer memiliki basis massa yang eksklusif sesuai dengan minat target mereka. Jadi, jika kamu ingin jadi seorang influencer tech, maka kamu perlu membangun persona dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih percaya dengan apa yang kamu tawarkan. 

2. Mendapatkan Basis Data Baru 

Dengan bantuan influencer yang tepat dalam proses promosi, brand bisa mendapatkan basis data pelanggan atau calon pelanggan baru. Cara ini penting, agar perusahaan bisa berkembang. Semakin banyak data pelanggan, semakin besar kemungkinan perusahaan memberi produk yang layak untuk kebutuhan masyarakat luas. 

Mengelola basis data masyarakat ini juga jadi ilmu penting bagi kamu yang ingin jadi influencer. Kamu perlu mengenal secara detail tentang penggemarmu. Hal tersebut membantu kamu mengolah konten yang lebih baik dan sesuai minat massa. Sehingga, apa yang kamu lakukan layak untuk diikuti. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Brand 

Menggunakan influencer, berarti membuat brand lebih dekat dengan masyarakat luas. Oleh karena itu, teknik pemasaran ini bisa membuahkan kepercayaan dan reputasi baik bagi sebuah perusahaan. Namun, tentu saja perusahaan perlu hati-hati dalam memilih influencer. Riset secara intensif bisa jadi langkah mitigasi risiko. 

Kamu pun sebagai influencer harus bisa memposisikan diri sebagai sebuah brand. Dengan basis massa yang semakin besar, maka apa yang kamu lakukan bisa saja mempengaruhi perlakuan orang banyak. Alangkah baiknya untuk selalu bisa menjaga citra baik dan memberi inspirasi bagi masyarakat luas. 

4. Peluang Penjualan Besar 

Dengan jangkauan audiens yang lebih luas, teknik promosi menggunakan influencer berpeluang untuk mendapatkan penjualan yang besar. Namun, dalam hal ini, perusahaan atau brand harus memastikan produk atau layanan yang mereka tawarkan memang dibutuhkan oleh masyarakat dalam konteks kehidupan sehari-hari. 

5 Manfaat Rate Card untuk Influencer 

Kamu yang saat ini sedang menjalani karier sebagai influencer, harus mulai memahami tentang apa itu rate card. Pasalnya, mengerti tentang dokumen ini dan kegunaannya dapat membantu kamu mendapatkan keuntungan secara finansial. Berikut adalah 5 manfaat rate card yang wajib kamu ketahui sebagai influencer

1. Dokumen Pengenalan 

Memahami tentang rate card, ternyata bisa membantu banyak orang mengenalmu lebih jauh. Sebagai influencer, orang hanya bisa mengetahui dirimu lewat konten yang kamu produksi. 

Namun, dengan adanya dokumen ini, kamu bisa menambahkan informasi personal yang berkaitan dengan profesimu saat ini. Hal tersebut membantu brand untuk lebih mengenal dan menyesuaikan strategi marketing dengan persona yang kamu bangun. 

2. Riwayat Pengalaman 

Dalam rate card, kamu pun bisa menambahkan informasi mengenai riwayat pengalaman. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah di mata para penentu keputusan brand. Semakin banyak pengalamanmu di ranah pemasaran, maka semakin besar peluang kamu untuk bisa bekerja sama dengan brand ternama.

Kamu tidak perlu memasukkan riwayat pengalamanmu dari awal hingga yang terbaru. Cukup masukkan hasil kerja promosi yang kamu lakukan. Tambahkan juga sedikit narasi mengapa campaign tersebut sukses, agar lebih menarik. 

3. Informasi Audiens 

Tidak hanya informasi mengenai dirimu saja sebagai influencer, dalam memahami apa itu rate card, juga bisa membantu brand. Salah satu aspek yang cukup memudahkan adalah target audiens. Dengan data yang komprehensif, proses kerja sama antara influencer dan brand akan lebih mudah dan cepat. 

Dengan informasi audiens yang lengkap, brand akan merasa dimudahkan, karena kamu mengerti target pasar yang mereka inginkan. Selain itu, kamu juga bisa saja mendapatkan kebebasan kreatif, karena brand percaya bahwa kamu dapat meningkatkan minat massa dengan baik. 

4. Meningkatkan Citra Profesional 

Sebagai influencer, kamu perlu memahami bahwa rate card sama halnya dengan sebuah kartu nama bagi pebisnis. Kamu yang memiliki dokumen ini bisa terlihat memiliki citra profesional. Anggapan tersebut hadir, karena kamu terkesan serius untuk mulai bekerja sama dalam bisnis dengan brand atau perusahaan. 

5. Menentukan Harga Jasa 

Dengan memahami apa itu rate card, maka kamu memiliki pengetahuan untuk menentukan harga jasa promosi secara mandiri. Dalam menentukan harga, kamu perlu memikirkan aspek kreativitas, waktu, tenaga, serta inventaris pendukung. Selain itu, jika kamu punya tim, maka kamu perlu buat rincian berdasarkan kebutuhan mereka juga. 

Sudah Paham Apa Itu Rate Card? 

Memahami apa itu rate card menjadi hal yang penting, jika kamu ingin jadi influencer secara serius. Kamu juga perlu tahu bahwa dokumen ini terus membutuhkan penyesuaian.

Seiring berkembangnya diri kamu sebagai influencer, maka harga yang kamu tawarkan pun bisa berkembang.

Semoga informasi ini membantu!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, influencer marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password