Apa Itu Pay Per Impression dan Bagaimana Contohnya?

pay per impression adalah

Pada saat menjalankan suatu iklan dalam strategi digital marketing, ada salah satu istilah penting yang harus kamu ketahui, hal tersebut adalah Pay Per Impression.

Impression adalah sebuah istilah dalam digital marketing yang menjadi parameter atau menunjukan seberapa sering iklan yang kamu jalankan terlihat oleh orang-orang. Iklan tersebut tidak harus di klik, dengan orang melihat iklan tersebut, sudah termasuk dalam impression.

Seiring dengan perkembangan jaman, pemasaran melalui dunia digital atau digital marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang kini menjadi sangat penting. Pay Per Impression sangat penting untuk strategi digital marketing kamu. 

Apa Itu Pay Per Impression?

Pay Per Impression adalah metode pembayaran yang harus kamu keluarkan ketika menjalankan iklan untuk setiap kali iklan tersebut tayang dan orang-orang melihatnya. Metode pembayaran ini juga memiliki nama lain, yaitu Cost Per Mile atau CPM.

Manfaat Pay Per Impression

Setelah mengetahui pengertian Pay Per Impression, hal penting berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah manfaat dari metode iklan yang satu ini. Metode pembayaran iklan digital ini sering menjadi tolak ukur untuk menganalisis Return of Investment (ROI) dalam sebuah kampanye online yang perusahaan lakukan. 

ROI dari Pay Per Impression ini juga sering menjadi pembanding dengan ROI dari pemasangan iklan offline, seperti banner, poster, dan lain sebagainya. Selain untuk menganalisa ROI, ada beberapa manfaat lainnya dari metode iklan yang satu ini.

Metode iklan ini bisa untuk mengetahui brand awareness sebuah perusahaan. Karena Pay Per Impression lebih cocok untuk mengetahui brand awareness jika membandingkannya dengan beberapa metode iklan lainnya. Misalnya, Cost Per Click (CPC) atau Pay Per Click (PPC).

Baca Juga:   Kapan Waktu Terbaik Post di Facebook Agar Konten Ramai?

Apabila menggunakan metode iklan yang satu ini, kamu dapat meletakan iklan kamu pada beberapa tempat yang tepat dan baik, untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Karena metode iklan yang satu ini sangat cocok untuk membantu memperkenalkan brand kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Metode iklan ini juga dinilai lebih murah jika membandingkannya dengan beberapa metode iklan lainnya. Terlebih jika kamu yakin bahwa iklan kamu menarik dan dapat menghasilkan Click Through Rate (CTR) yang tinggi, maka iklan tersebut akan menjadi sangatlah efektif untuk promosi digital kamu.

Cara Menghitung Pay Per Impression

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari Pay Per Impression, kamu juga perlu mengetahui cara menghitung Pay Per Impression dengan tepat. Menghitung biaya iklan merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan dengan baik.

Cara menghitung metode iklan yang satu ini sebenarnya cukuplah mudah.

Kamu bisa menghitungnya dengan rumus dibawah ini : 

Pay Per Impression  = Total Biaya : (Total Jumlah Impression : 1000)

Maka, hasil tersebut akan menunjukan biaya per seribu impression yang harus kamu keluarkan. Mengapa per seribu impression? Karena biaya iklan ini dihitung per seribu, bukan per impression.

Sebagai contoh, apabila kamu mempersiapkan biaya sebesar Rp 8.000.000,- dan dari iklan tersebut kamu perkirakan akan mendapat 200.000 impression. Maka untuk seribu impression biaya yang perlu kamu keluarkan sebesar Rp 40.000. Berikut adalah perhitungannya untuk mempermudah kamu memahaminya:

Rp 8.000.000,- / (200.000 / 1000) = Rp 40.000

Nah, jika kamu ingin mengetahui berapa biaya iklan per impressionnya, kamu tinggal bagi saja hasil di atas dengan angka 1000. Jadi, hasilnya adalah Rp 40 untuk harga iklan per impression.

Baca Juga:   Viral Marketing: Pengertian dan Strategi Melakukannya

Kesimpulannya, semakin banyak total impression yang akan kamu terima dari penayangan iklan, maka semakin kecil biaya per impressionnya. Begitu juga sebaliknya, jika semakin kecil jumlah impression dari penayangan iklan tersebut, maka semakin mahal pula biayanya.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memasang iklan Pay Per Impression, pastikan kamu memilih platform yang tepat. Supaya mendapatkan total impression yang tinggi, biaya iklan kamu tidak membengkak, dan juga mendapatkan hasil yang maksimal.

Metode Iklan Lainnya

Setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai Pay Per Impression, ada juga informasi tambahan yang bisa bermanfaat untuk kamu. Informasi tersebut adalah metode iklan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan kamu.

Selengkapnya di bawah ini.

1. Pay Per Click

Metode iklan lainnya selain Pay Per Impression yang cukup terkenal adalah Pay Per Click (PPC) atau Cost Per Click (CPC). PPC adalah sebuah metode iklan yang dimana kamu akan dikenakan biaya setiap kali muncul interaksi click dalam iklan yang kamu pasang.

Metode iklan yang ini cukup populer karena memiliki sistem yang menyesuaikan dengan apa yang biasa dicari masing-masing pengguna internet. 

Sebagai contoh, apabila seorang biasa membuka tentang tempat wisata, makan akan muncul iklan yang berhubungan dengan tempat wisata, seperti promo perjalan wisata dan lain sebagainya.

2. Pay Per Action

Metode iklan Pay Per Action (PPA) merupakan metode iklan yang biayanya akan dikenakan ke kamu, apabila ada orang yang melihat iklan tersebut. Selain melihat, orang tersebut juga harus melakukan sebuah aksi. Misalnya, klik iklan tersebut atau menghubungi nomor yang tertera pada tayangan iklan yang kamu pasang.

3. Pay Per Sale

Metode iklan berikutnya adalah Pay Per Sale. Metode iklan yang satu ini biayanya dihitung berdasarkan jumlah penjualan sebuah produk. Selain produk, bisa juga sebuah layanan jasa dari sebuah iklan. Contoh metode iklan yang satu ini, yaitu seperti yang ada di situs website Amazon.

Baca Juga:   Tips Sukses Menjadi Social Media Influencer di Indonesia

4. Pay Per Lead

Selanjutnya adalah metode iklan yang bernama Pay Per Lead, yaitu sebuah metode iklan yang bisa kamu jalankan untuk mendapatkan interaksi dari orang-orang. Interaksi tersebut, seperti mengisi form, mengisi survei, atau bisa juga mendaftarkan diri sebagai anggota.

5. Pay Per Download

Metode iklan Pay Per Download adalah metode iklan yang akan membebankan biaya iklan terhadap aksi download dan upload. Kamu akan mengeluarkan sejumlah biaya sesuai dengan banyaknya jumlah download atau upload konten digital. Konten digital tersebut, seperti dokumen, musik, video dan lain sebagainya.

6. Pay Per Play

Selanjutnya adalah metode iklan Pay Per Play. Hampir sama seperti Pay Per Download. Metode iklan ini biayanya terhitung apabila seseorang memutar audio maupun video yang hadir dalam iklan yang kamu telah pasang sebelumnya.

7. Pay Per View

Metode iklan selain yang terakhir adalah Pay Per View, yakni metode iklan yang akan membuat kamu mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah viewers dalam sebuah event.

Tertarik Menerapkan Iklan Pay Per Impression?

Itulah beberapa informasi penting mengenai iklan Pay Per Impression yang perlu kamu ketahui beserta jenis iklan lainnya. Setelah mengetahui beberapa informasi penting tersebut, apakah kamu tertarik menjalankan metode iklan yang sangat cocok untuk membangun brand awareness ini?

Sebelum menjalankannya, jangan lupa untuk memperhitungkan potensi kunjungan dari platform tersebut. Agar biaya iklan yang kamu keluarkan memberikan hasil yang memuaskan.


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, berita influencer dan lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password