Apa itu Linktree? Ini Manfaat Lengkapnya untuk Bisnis

apa itu linktree

Pertanyaan terkait apa itu Linktree mungkin saja sudah sering muncul khususnya bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia digital marketing. Pada dasarnya, Linktree adalah suatu tool yang berfungsi sebagai penyambung antara situs web dengan akun sosial media dalam sebuah platform tertentu.

Namun disisi lain, tool ini juga seringkali menjadi sebuah metode khusus yang berfungsi menyambungkan media sosial dengan marketplace atau situs web tertentu yang berhubungan dengan penjualan produk. Berbeda dengan landing page, tool ini lebih spesifik ke arah penjualan produk dengan metode pembayaran yang jelas.

Apa Itu Linktree?

Secara garis besar, Linktree adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna membuat halaman yang dapat dipersonalisasi menyesuaikan halaman tersebut sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, keberadaan Linktree dapat terlihat pada bagian profil sebuah akun Instagram untuk jenis bisnis.

Linktree juga dapat pengguna pakai di banyak platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, LinkedIn dan Twitter. 

Selain itu, dengan menggunakan tautan khusus ini, kamu juga dapat mempromosikan bisnis atau informasi pekerjaan terkait dan hal lain pemasaran lainnya dengan metode share link.

Kehadiran tautan khusus ini juga sangat mempermudah para pelaku bisnis yang mempromosikan produk mereka secara daring. Biasanya, tautan ini berisi sebuah halaman khusus yang memuat informasi terkait pembelian produk secara detail. Jadi, audiens hanya tinggal melakukan klik saja sebagai tindakan utamanya.

Setelah kamu mengaturnya dan menambahkan semua tautan bisnis, kamu cukup copy URL tautan tersebut dan paste tautan ini dalam biografi media sosial. Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan update rutin terhadap tautan Linktree tersebut, tanpa mengubah tautan pada bio media sosial.

Kemudian, tahapan selanjutnya untuk mengoptimalkan tautan Linktree adalah dengan cara promosi dan share sebanyak-banyaknya di berbagai konten media sosial. Tujuannya, tentu saja agar audiens semakin tertarik untuk melakukan klik yang menuju ke suatu halaman tertentu.

Manfaat Linktree untuk Bisnis dan Media Sosial

Setelah mengetahui apa itu Linktree, tentu kamu penasaran apa saja sih manfaat dari penggunaan tautan khusus ini bagi keperluan bisnis dan media sosial? Yuk simak selengkapnya!

1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Manfaat pertama dari Linktree adalah untuk meningkatkan Click Through Rate (CTR). CTR sendiri adalah rasio jumlah tindakan klik terhadap impression atau konten. Jadi, semakin tinggi rasio CTR yang kamu peroleh, maka semakin besar potensi tautan khusus ini untuk meningkatkan omset penjualan.

Untuk memaksimalkan CTR dalam sebuah tautan Linktree, kamu juga harus menggunakan sebuah meta description terstruktur dari judul hingga deskripsi yang terbentuk dengan baik. 

Selain itu, pastikan juga untuk tidak menulis judul dengan jumlah kata yang lebih dari 60 karakter. Hal ini untuk memaksimalkan optimasi halaman tersebut di mesin pencari web.

Kemudian, perhatikan juga kata kunci yang akan kamu gunakan. Kamu dapat memilih keyword yang memiliki rasio tinggi. Namun, kamu juga harus menyesuaikan kata kunci ini dengan judul dan topik pembahasan. 

Selain itu, hindari juga penggunaan kata kunci yang terlalu padat agar tautannya dapat perform dengan lebih optimal lagi.

2. Media Promosi Lintas Platform

Keuntungan lain yang bakal kamu peroleh dari penggunaan Linktree adalah sebagai media promosi terhadap produk maupun brand tertentu di berbagai media sosial. 

Hal ini karena tautan khusus tersebut memungkinkan kamu untuk dapat mengorganisir berbagai situs penting untuk keperluan bisnis. Mulai dari tautan situs website dan e-commerce, kontak WhatsApp bisnis dan pribadi, halaman Facebook, dan lain sebagainya. 

Dengan cara tersebut, maka audiens dan pengikut media sosial dapat memilih media sosial mana yang terbaik untuk nantinya mereka akses guna menjangkau brand atau produk kamu.

Selain itu, Linktree juga mampu memberitahukan kepada para audiens bahwa brand yang kamu kelola ini sedang aktif di berbagai media sosial. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang saat ini sedang membangun branding untuk keperluan bisnis secara daring.

3. Proses Branding Lebih Terstruktur

Dalam proses membangun interaksi dengan audiens, tentu saja kamu harus membuat strategi praktis dan terstruktur sebagai media branding. Dengan mengetahui apa itu Linktree dan menerapkannya dalam proses branding, maka bisnis kamu tentu menjadi lebih terstruktur dengan jelas.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena Linktree adalah sebuah media tautan yang mampu menghubungkan bisnis kamu dengan berbagai media sosial, jadi proses branding menjadi lebih efisien. Selain itu, hal ini juga membantu proses branding menjadi lebih tepat sasaran karena metode tautannya adalah all in one action.

Jadi, seluruh akun media sosial di berbagai platform dapat terstruktur secara rapi dengan satu tautan khusus yang menuju ke arah situs utama. Kemudian, langkah selanjutnya yang perlu audiens lakukan hanya ada dua pilihan, yaitu membeli produk atau meninggalkan halaman tersebut. Sangat simpel, bukan?

4. Jangkauan Audiens Lebih Luas

Dengan menggunakan Linktree, maka jangkauan audiens yang akan kamu dapatkan dalam sebuah promosi digital menjadi lebih luas. Hal ini karena metode all in one action pada tool tersebut berfungsi untuk merangkum semua media sosial dalam satu tautan.

Jika kamu mengelolanya dengan maksimal dan dengan target audiens yang tepat sasaran, maka jangkauan interaksi yang  kamu dapatkan dari sebuah konten media sosial menjadi lebih luas. Selain itu, dengan menggunakan tautan khusus ini maka target audiens pun menjadi lebih jelas di setiap media sosial yang kamu kelola.

5. Analisa Trafik dan Klik

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapat jika mengetahui apa itu Linktree serta menerapkannya dalam proses branding yakni kamu dapat melakukan analisa kunjungan dan klik dari audiens. Jadi, kamu juga akan mengetahui berapa jumlah kunjungan audiens yang mengakses tautan kamu di berbagai platform tersebut.

Informasi klik dan kunjungan ini nantinya bakal membantu kamu untuk melihat dan menentukan platform mana yang mendapat audiens dengan rasio tertinggi. Dengan demikian, kamu juga dapat menggunakan hasil analisis ini untuk memaksimalkan dan membuat perbaikan kualitas dalam platform yang lainnya.

Jadi, jumlah klik dan pengunjungnya pun akan lebih meningkat. Hal ini tentu saja sangat berdampak positif bagi penjualan dan branding produk pastinya.

6. Transaksi Penjualan Menjadi Lebih Mudah

Jika kamu menggunakan tautan khusus di media sosial bisnis dan mengarahkannya ke situs atau metode pembayaran terhadap suatu produk, tentu proses transaksi menjadi lebih mudah. Cara melakukannya yaitu dengan menghubungkan media sosial dengan tautan tertentu yang mengarah ke situs pembelian produk.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tautan yang mengarahkan audiens menuju marketplace kamu, kontak Whatsapp bisnis, atau berbagai platform lain yang berfungsi memudahkan proses transaksi. 

Dengan melakukan hal ini, tentu audiens dan konsumen kamu menjadi lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya, jika sudah tertarik maka para konsumen ingin langsung melakukan pembelian tanpa perlu metode yang berbelit-belit.

Cara Menggunakan Linktree di Berbagai Platform

Setelah mengetahui apa itu Linktree dan manfaatnya bagi bisnis, berikut ini adalah cara mudah untuk menggunakan tautan khusus ini di berbagai platform.

1. Salin Tautan Utama 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk dapat menggunakan Linktree adalah dengan menyalin tautan utama yang ingin kamu gunakan sebagai tujuan akhir proses klik dari audiens. Namun sebelum itu, pastikan kamu menyalin tautan utama yang menjadi halaman transaksi atau branding produk.

2. Hubungkan Linktree dengan Media Sosial

Setelah menyalin tautan Linktree tersebut, silakan paste tautan di berbagai bio media sosial yang kamu kelola. Pastikan tautan tersebut berada di bagian atas bio agar mempermudah audiens untuk melakukan klik terhadap tautan.

3. Pantau Terus Intensitas Kunjungan Tautan

Terakhir, seluruh proses dan kinerja tautan khusus ini tergantung bagaimana konten yang kamu buat dalam media sosial. Namun, terlepas dari kualitas konten, kamu juga perlu memantau intensitas pengunjung tautan ini untuk mendapatkan analisa data kunjungan sebagai bahan referensi kedepannya.

Sudah Tahu Apa Itu Linktree?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Linktree, manfaatnya, dan cara penggunaannya.

Pada dasarnya, tool tersebut merupakan sebuah tautan yang menghubungkan media sosial dengan halaman transaksi atau katalog produk.

Tujuannya yaitu untuk mempermudah konsumen dalam proses transaksi produk.

Jadi, apakah sudah terbayang tentang Linktree?


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password