Apa Itu Instagram Reels dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu Instagram Reels dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Belum lama ini, pengguna media sosial dihebohkan dengan Instagram yang meluncurkan fitur baru bernama Instagram Reels. Secara umum, tampilan fitur ini mirip dengan aplikasi TikTok. Lantas, apa itu Instagram Reels dan kira-kira apa saja manfaatnya untuk bisnis? Kamu akan mendapatkan jawabannya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Instagram Reels?

Menurut situs resmi Instagram, fitur Instagram Reels adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video singkat selama 15 detik dengan tambahan fitur lain, seperti efek, pilihan audio, dan berbagai tools kreatif yang lainnya.

Seiring dengan perkembangannya, kini video dalam Instagram Reels bisa berdurasi lebih dari 15 detik. Dengan adanya fitur ini, maka kamu bisa dengan mudah menggabungkan ataupun merekam beberapa klip sekaligus dan diedit menjadi satu video utuh.

Menariknya video yang kamu buat hanya bisa terlihat oleh followers-mu saja jika akun milikmu dalam mode private. Layaknya platform TikTok yang menjadi kompetitornya, Instagram juga menyediakan fitur For Your Page atau FYP yang menjadi laman explore sesuai dengan history pencarian kamu.

Bagaimana Algoritma Instagram Reels Bekerja?

Sebagai fitur baru, tentu masih belum banyak orang yang paham bagaimana algoritma Instagram Reels ini. Padahal sebenarnya cara kerja algoritmanya sama seperti fitur lain yang biasa kamu gunakan. Akan tetapi, setidaknya terdapat 4 hal terkait algoritma Instagram yang perlu kamu tahu, yakni:

Aktivitas

Interaksi dan aktivitas Instagram akan menentukan konten mana yang memiliki banyak jumlah suka dan komentar oleh pengguna selama beberapa waktu terakhir. Aktivitas ini nantinya akan membuat Instagram memahami tipe konten Reels mana yang paling relevan dengan si pengguna.

Baca Juga:   5 Cara Menentukan Metrics Social Media Untuk Marketing

Sejarah Interaksi

Pada halaman Explore, konten yang sering muncul merupakan konten-konten yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan kamu. Nah, inilah yang menjadi salah satu pertimbangan algoritma Reels. Jadi, Instagram akan berusaha untuk memahami konten yang membuatmu tertarik sehingga akan lebih sering muncul.

Informasi Mengenai Reels

Algoritma yang satu ini biasanya bersumber dari audio apa yang kamu pakai, pengenalan secara visual, hingga keseluruhan frame pada video kamu yang nantinya akan menentukan popularitas Reels.

Informasi Mengenai Orang yang Posting

Instagram cenderung akan mempertimbangkan popularitas konten dengan tujuan untuk menemukan konten-konten menarik dan kemudian akan menampilkannya kepada audiens baru.

Selain 4 hal tersebut, kamu juga perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini sebagai pertimbangan algoritma Reels.

  • Menggunakan format vertical video.
  • Membuat konten yang menarik dan menghibur penonton.
  • Hindari posting ulang sebuah konten yang berasal dari platform aplikasi lain.
  • Menggunakan musik yang tersedia di Instagram Music atau  Audio Original dari video yang kamu buat.
  • Memanfaatkan berbagai creative tools pada Reels.
  • Melakukan eksperimen terkait konten video yang kamu buat.

Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis

Setelah menyimak penjelasan tentang apa itu Instagram Reels dan gambaran tentang algoritmanya, kamu sebagai pemilik bisnis perlu mengetahui berbagai manfaat dari adanya fitur ini. Ya, kehadiran Instagram Reels juga berdampak bagi pemilik bisnis terkait dengan popularitas dan brand awareness pada bisnis mereka.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat Instagram Reels untuk bisnis yang wajib kamu ketahui.

1. Boost Post Instagram

Manfaat yang pertama adalah dapat membantu untuk boost post Instagram sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Nantinya konten video Reels yang kamu buat akan muncul di feeds dan juga explore Instagram. Nah, inilah yang akan membuat orang-orang merasa penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai bisnis kamu.

Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Lite Cepat dan Mudah 

2. Dapat Meningkatkan Jumlah Followers

Traffic Instagram yang tinggi bisa kamu dapatkan dari eksposur pada laman Instagram Reels explore. Oleh karena itulah, kamu harus memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya dengan cara membuat konten menarik yang relevan dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

Konten yang berkualitas tentu akan membuat followers Instagram bisnismu menjadi bertambah karena semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu. Dengan begitu, hal ini akan membuat tingkat kepercayaan pelanggan kepada brand bisnis kamu akan semakin meningkat.

3. Sebagai Pilihan Alternatif dari Facebook Ads

Tidak dapat dipungkiri jika kehadiran fitur ini sangat membantu para pebisnis dalam memasang iklan secara gratis. Jadi, tidak heran jika fitur ini dapat menjadi pilihan alternatif dari Facebook Ads yang membutuhkan biaya besar untuk memasang iklan.

Selain mendapatkan followers, kamu juga bisa sekaligus beriklan tanpa perlu mengeluarkan anggaran pada bisnis. Peluang yang sangat menarik, bukan? Hal inilah yang mendorong para pebisnis mencoba aktif membuat konten video Reels.

4. Sebagai Media Kolaborasi Bisnis

Fitur Instagram yang satu ini juga bisa menjadi media kolaborasi dengan mitra bisnis ataupun influencer yang bekerja sama dengan brand kamu. Cara ini tentu dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen sekaligus meningkatkan engagement akun Instagram bisnis.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menunjukkan video-video yang berisi proses produksi agar audiens bisa lebih mengenal produk yang kamu jual dan meningkatkan traffic pengunjung profil Instagram bisnis kamu.

5. Lebih Mudah Meningkatkan Brand Awareness

Durasi waktu dalam fitur Reels yang cukup lama membuat pebisnis bisa lebih mudah dalam membuat konten untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Apalagi ditambah dengan adanya tools audio dan efek yang akan membuat audiens tertarik dengan kontenmu.

Baca Juga:   Cara Menyimpan Video Dari Instagram Cepat dan Mudah!

Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan lebih mudah. Semakin banyak konten tentang produk atau proses produksi yang kamu berikan kepada audiens, maka perhatian mereka akan tetap pada brand Anda.

6. Menunjukkan Brand Personality

Melalui Instagram Reels, kamu akan menunjukkan citra dari brand bisnis sehingga konsumen dan juga audiens dapat mengenal seperti apa bisnis kamu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat video perkenalan brand dan juga membangun hubungan baik dengan audiens untuk menunjukkan brand personality bisnis.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat Instagram Reels?

Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti terkait waktu yang tepat untuk membuat Instagram Reels dan mengunggahnya ke akun Instagram bisnis kamu. Hal ini karena kamu juga harus menyesuaikan dengan audiens yang mengikuti akun Instagram tersebut dan mempertimbangkan waktu dengan interaksi terbanyak.

Akan tetapi, secara umum terdapat prime time khusus untuk mengunggah konten Reels yang bisa kamu coba. Adapun waktu yang dianggap paling tepat untuk mengunggah konten adalah saat makan siang, yakni sekitar pukul 11.00-13.00 WIB serta saat malam hari di jam istirahat dan beraktivitas sejak pukul 19.00-21.00 WIB.

Selain itu, hari Rabu juga menjadi hari dengan engagement tertinggi dalam seminggu. Jadi, kamu bisa memaksimalkan konten yang akan diunggah pada hari Rabu. Tidak hanya video Reels saja, tetapi juga konten lainnya.

Sudah Tahu Apa itu Instagram Reels?

Itulah penjelasan tentang apa itu Instagram Reels, seperti algoritma Instagram Reels, manfaatnya untuk bisnis, hingga waktu yang tepat untuk membuat Instagram Reels. Dengan begitu, sekarang kamu sudah ada bayangan tentang cara untuk optimasi fitur Reels. Jadi, tunggu apalagi, segera buat konten video Reels untuk Instagram bisnis kamu!

Dapatkan berbagai tips atau informasi menarik seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password