Apa Itu Influencer? Ternyata Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

apa itu influencer

Pengertian Influencer dan Manfaatnya –  Mungkin Sebuah pertanyaan sering muncul dalam benak kamu jika mendengar istilah ‘influencer’. Saat ini, kata ini marak di media sosial bahkan menjadi salah satu jenis pekerjaan baru khususnya di dunia Instagram. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang apa itu influencer, yuk simak ulasan dibawah ini!

Apa Itu Influencer?

Jadi, secara sederhana influencer adalah seseorang yang bisa meyakinkan dan memberikan pengaruh terhadap followers-nya untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang mereka promosikan. 

Influencer ini bisa seorang selebritis, blogger, youtuber, hingga public figure yang memiliki jumlah pengikut atau followers cukup banyak di media sosial.

Umumnya, jumlah pengikut atau followers seorang influencer bisa mencapai jutaan. Tapi ada juga yang hanya memiliki jumlah followers ribuan, namun orang tersebut memiliki pengaruh besar kepada audience

Berbicara soal pengaruh, seorang influencer dipercaya mempengaruhi audiens sehingga membuat para pemilik bisnis tertarik bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan produk, barang, atau jasa lewat unggahan foto atau review lewat video.

Hanya lewat unggahan di platform sosial media tadi, mereka sudah bisa menarik perhatian para followers, bahkan bisa mempengaruhi dan meyakini followers untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang mereka promosikan.

Apakah Influencer Penting untuk Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu influencer, pertanyaan selanjutnya pentingkah menggunakan seorang influencer untuk bisnis? Jawabannya adalah sangat penting. Mengapa? 

Sebab di era digitalisasi seperti saat ini, kehadiran influencer sudah jadi bagian penting dari strategi marketing atau pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target.

Nah, jika target sudah tercapai, tentu saja keuntungan akan menghampiri bisnis milikmu. Dalam sebuah bisnis, keuntungan merupakan hal ‘wajib’ yang harus kamu miliki agar bisnis tetap stabil dan meningkat. 

Inilah alasan yang paling kuat mengapa kamu harus bekerja sama dengan seorang influencer. Semakin populer dan memiliki banyak jumlah followers, maka semakin besar pengaruh yang akan mereka berikan terhadap bisnis yang kamu kelola.

Baca juga: Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!


Manfaat Influencer untuk Bisnis Kamu

Sudah jadi bagian penting dari strategi marketing, tentu saja influencer akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis kamu. Penasaran apa saja? Berikut 5 manfaat menarik yang akan kamu dapatkan jika bekerja sama dengan seorang influencer:

1. Membangun Kepercayaan Produk atau Brand dengan Cepat

Manfaat yang pertama adalah membangun kepercayaan produk atau brand bisnismu dengan cepat. Mengapa audiens dengan cepat percaya terhadap produk atau brand lewat review atau unggahan foto dan video dari public figure

Alasannya, mereka sudah memiliki pengalaman atau keahlian di bidang tertentu yang masih berkaitan dengan produk atau brand bisnismu.

Jika membandingkannya dengan promosi produk secara konvensional, tentu cara ini butuh waktu yang relatif lama untuk membuat audiens percaya. 

Inilah alasan kedua mengapa kamu perlu bekerja sama dengan para influencer untuk membangun kepercayaan audiens. Ketika kepercayaan sudah terbentuk, maka akan mudah membuat para audiens melakukan pembelian.

Kredibilitas seorang influencer jadi salah satu kunci untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk atau brand. Ibaratnya, kredibilitas dan influencer bagaikan dua sisi uang koin yang tidak terpisahkan. 

Semakin bagus kredibilitas yang mereka miliki, maka semakin mudah mereka meyakinkan audiens untuk membeli atau menggunakan produk dari brand milikmu.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu cara meningkatkan brand awareness bisnis kamu adalah mengajak para public figure yang memiliki pengaruh cukup bagus untuk bekerja sama. Sebelumnya, kamu harus melakukan research atau observasi agar tidak salah pilih influencer

Tidak hanya memiliki pengalaman dan keahlian yang berkaitan dengan produk atau brand milikmu, kamu juga harus melihat setiap aktivitas mereka apakah selalu menjadi pusat perhatian atau tidak.

Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang, kamu akan menemui kompetitor bisnismu berlomba-lomba untuk meningkatkan brand awareness

Tentu saja dengan memanfaatkan public figure yang diajak bekerja sama untuk mempromosikan produk atau brand mereka. Agar bisnismu tidak kalah saing, tentu kamu juga harus melakukan hal serupa.

Ingat, jangan hanya terpaku dengan jumlah followers-nya saja. Sebab, tidak semua influencer yang memiliki followers jutaan mampu mendongkrak brand awareness milikmu. 

Jadi, usahakan pilih influencer yang benar-benar sesuai atau relevan dengan produk dan brand milikmu, serta mampu jadi pusat perhatian, sehingga bisa meningkatkan brand awareness.

3. Memperkaya Strategi Konten Kamu

Manfaat menarik selanjutnya adalah memperkaya strategi konten kamu. Dalam sebuah bisnis apalagi di era digitalisasi seperti sekarang, membuat konten merupakan sebuah keharusan. 

Lantas, bagaimana jika kamu sudah kehabisan ide, sementara sangat membutuhkan konten berkualitas untuk sosial media? Maka membagikan konten dari influencer adalah pilihan terbaik.

Kamu memiliki kebebasan untuk mengunggah konten tersebut untuk mengisi kekosongan sosial media, seperti feed Instagram. Selain memperkaya strategi konten, cara ini juga akan menambah portofolio produk atau brand milikmu. 

Apalagi jika influencer yang kamu ajak bekerja sama memiliki kredibilitas bagus, tentu saja produk atau brand kamu akan mendapat citra positif dari audiens.

Bahkan konten-konten tersebut juga bisa jadi referensi kamu untuk membuat konten selanjutnya. Sehingga, kamu tidak akan kehabisan ide atau konten untuk sosial media brand milikmu. 

Usahakan tetap konsisten menyajikan konten-konten berisi produk atau brand yang menarik dan informatif untuk mempertahankan audiens dan menarik lebih banyak audiens. Jadi, jangan pernah malas untuk tetap produktif membuat konten-konten yang menarik ya.

4. Secara Efektif Mencapai Target Audiens Kamu

Ini merupakan salah satu manfaat yang sangat penting. Seperti penjelasan sebelumnya, memilih public figure yang relevan dengan produk atau brand milikmu akan menjangkau audiens secara efektif. 

Tentu saja kamu tidak perlu repot-repot mencari audiens, sebab public figure yang kamu ajak untuk bekerja sama tersebut sudah menguasai audiens atau followers mereka di sosial media.

Semakin relevan public figure yang kamu pilih, tentu semakin efektif target audiens tercapai. Sebaliknya, jika tidak relevan, maka kamu akan bekerja dua kali untuk menjangkau audiens. Inilah mengapa kamu harus melakukan research atau observasi lebih dalam agar tidak mengecewakan.

Sebagai contohnya, misal produk atau brand bisnis kamu adalah kosmetik. Maka carilah seorang beauty influencer yang sudah kredibilitas. 

Mengapa? Alasannya, mereka sudah memiliki keahlian di bidang kosmetik dan memiliki pengikut yang merupakan para beauty enthusiast. Sehingga, produk kosmetik yang mereka promosikan akan tepat sasaran.

5. Memberikan Value untuk Audiens Kamu

Ternyata value berkaitan dengan tiga elemen penting dalam bisnis, yaitu engagement, trust, dan sales. Jika tidak ada value maka tidak ada ketiga elemen penting tersebut dan berdampak buruk untuk bisnismu. 

Oleh sebab itu, konten yang berkualitas dari seorang influencer berpengaruh terhadap audiens kamu. Lantas, seperti apa konten berkualitas tersebut? Yaitu, konten yang tidak hanya mempromosikan tapi juga bisa memberikan value kepada audiens.

Tidak hanya mempromosikan, influencer yang kamu pilih tersebut juga harus bisa membuat konten agar audiens mendapatkan sesuatu, misalnya pengetahuan hingga tips dan trik menarik yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. 

Maka dari itu, pastikan kualitas konten dari public figure tidak hanya ‘menjual’ produk atau brand, tetapi juga berguna untuk audiens.

Faktanya tidak semua pemilik bisnis peka terhadap konten-konten yang bisa memberikan value untuk audiens. Inilah yang harus kamu manfaatkan untuk menarik lebih banyak audiens dengan memberikan value selain mempromosikan produk atau brand

Ketika audiens merasa konten yang mereka terima sangat berguna, biasanya mereka akan betah melihat atau bahkan turut membagikan konten tersebut.

Baca juga: Tips Sukses Menjalankan Influencer Marketing untuk Bisnis


Kesimpulan

Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah followers banyak di sosial media. Jumlah followers atau pengikut yang mereka miliki ini bisa kamu manfaatkan untuk bekerja sama untuk bisnismu.

Karena termasuk dalam salah satu strategi marketing, maka memanfaatkan influencer dalam bisnis memiliki peran penting. Memanfaatkan jasa seorang influencer akan memberikan 5 keuntungan yang akan membantu bisnis kamu berkembang lebih baik di tengah banyaknya kompetitor sejenis.

Demikian penjelasan mengenai arti hingga manfaat seorang influencer untuk bantu mengembangkan bisnis.


Semoga penjelasan di atas membantu kamu yang selama ini bertanya-tanya apa itu influencer, penting atau tidak menggunakan jasa mereka, hingga manfaat menariknya jika menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan produk dan brand bisnismu.

Jika saat ini kamu belum pernah memanfaatkan jasa seorang influencer, maka tidak ada salahnya untuk segera memanfaatkan jasa mereka lho. Mengapa? Karena jasa mereka bisa membantu bisnismu berkembang dengan pesat dan semua target marketing tercapai. Selamat mencoba ya!


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password