Apa itu Influencer Marketing, Beserta Manfaat, dan Contoh Strategi

apa itu influencer marketing

Apa itu Influencer Marketing?

Menggunakan jasa influencer marketing adalah salah satu pilihan dalam strategi marketing di dunia yang sudah serba digital sekarang ini. Strategi ini tergolong aman karena sebelum melakukan kerjasama dengan influencer, kamu dapat memintanya untuk menunjukkan bukti kinerjanya. 

Bukti kinerja seorang influencer marketing dapat dalam bentuk insight di Instagram atau analytics untuk website. Namun, sebelum masuk lebih jauh, kamu perlu memahami apa itu influencer marketing.

Apa itu influencer marketing? ia adalah pihak ketika yang berperan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Singkatnya, para influencer ini bertugas untuk mempengaruhi keputusan pembelian. 

Media yang digunakan dapat berupa akun Instagram pribadi sang influencer yang kemudian diarahkan ke website atau akun Instagram dari bisnis yang dipromosikan. Di sisi lain, dapat juga sang influencer tampil dalam konten di akun Instagram bisnis yang sedang berpromosi.

Pemilihan influencer biasanya mempertimbangkan beberapa hal. 

  • Pertama, berapa banyak pengikut atau pengikut di akun Instagramnya.  Semakin banyak pengikut maka semakin baik karena artinya konten yang ditampilkan dapat menjangkau banyak orang.
  • Kedua, bidang yang digeluti sang influencer itu sendiri. 

Misalnya, selama ini ia fokus untuk membuat konten ulasan tentang makanan.  Maka, pebisnis makanan akan sesuai untuk bekerjasamanya dengan influencer tersebut. 

Para pengikut telah percaya bahwa influencer tersebut adalah ahli di bidang makanan sehingga konten-konten yang dibuat akan lebih mudah untuk diterima audience atau masyarakat.

Setelah memahami apa itu influencer marketing, yuk kita simak apa saja manfaat bekerja sama dengannya untuk bisnismu.


Manfaat Influencer Marketing

Berikut ini adalah beberapa manfaat menjalankan influencer marketing yang perlu kamu tahu:

Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama dari bekerjasama dengan influencer marketing adalah meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. 

Seperti penjelasan sebelumnya, apa itu influencer marketing, yaitu pihak ketiga yang memang telah memiliki banyak pengikut. 

Baca Juga:   Apa Itu Brand Ambassador? Tugas, Manfaat, dan Cara Pilih Brand Ambassador

Oleh karena itu, bekerja sama dengan influencer dapat meningkatkan pengenalan masyarakat tentang bisnis atau produk yang sedang kamu pasarkan. 

Melalui konten-kontennya, ia akan mengenalkan bisnismu pada para pengikutnya.

Membangun Kepercayaan Terhadap Brand atau Produk

Bekerjasama dengan influencer yang sesuai akan mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand atau produk. 

Jika kamu sedang membangun bisnis fashion, maka bekerjasamalah dengan influencer yang menunjukkan bahwa ia seorang yang ahli dan amat memperhatikan penampilan. 

Atau, jika bisnismu adalah bisnis kosmetik, maka bekerjasamalah dengan seorang influencer yang menunjukkan bahwa ia seorang yang punya pengetahuan tentang kecantikan. 

Masyarakat akan percaya pada pilihan seorang ahli, dengan demikian kepercayaan terhadap brand atau produk yang dipromosikan akan meningkat.

Dapat Menjangkau Audience yang Ditarget

Melalui influencer marketing, sebuah brand akan lebih mudah untuk menjangkau audience yang menjadi targetnya. 

Seperti telah kita pahami, apa itu influencer marketing, ia adalah pihak ketiga yang seumpama perpanjangan tangan dari sebuah bisnis. 

Audiens yang adalah target pasar memiliki hubungan dengan sang influencer sebagai pengikut. 

Oleh karena itu, sebuah brand dapat menjangkau audience yang menjadi target melalui konten-konten sang influencer.

Dapat Terhubung dengan Pasar yang Lebih Luas

Jumlah pengikut dan karakteristik lain dari seorang influencer , seperti lokasi dan bahasa, mempengaruhi seberapa luas pasar yang dapat ia jangkau. 

Semakin banyak pengikut maka semakin luas pasar. 

Sedangkan lokasi domisili seorang influencer dapat berpengaruh untuk konten-konten tertentu seperti makanan atau butik. 

Misalnya, influencer yang membuat konten tentang ulasan makanan-makanan di Surabaya, akan lebih mudah menjangkau pasar Surabaya karena memiliki banyak pengikut dari kota tersebut.

Membangun Partnership

Semakin luas sebuah bisnis atau brand menj pasar, maka semakin mungkin bagi pihak-pihak lain untuk tertarik membangun partnership

Seperti telah kita bahas sebelumnya, apa itu influencer marketing, adalah melaluinya sebuah brand menjadi semakin dikenal, dipercaya, luas pasarnya. 

Tentu hal ini menjadi menggiurkan bagi para calon partner seperti reseller dan dropshiper.

Mendapatkan Leads

Leads adalah orang-orang yang telah menunjukkan ketertarikannya pada brand atau produk yang dipromosikan oleh influencer marketing. 

Baca Juga:   Apa itu Conversion Rate? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Orang-orang ini umumnya memberikan nama dan kontak yang dapat dihubungi agar tidak melewatkan informasi lebih lanjut tentang brand atau produk tertentu. 

Melalui konten-konten kerjasama dengan seorang influencer marketing yang tepat, kamu bisa mendapatkan leads yang berpotensi menjadi pelanggan setia.

Bisa Meningkatkan Konversi

Sesuai dengan tujuannya, apa itu influencer marketing, adalah membawa pengaruh kepada audience yang menjadi target pasar sebuah brand atau bisnis. 

Pengaruh yang dimaksud antara lain adalah dengan meningkatkan konversi. 

Konversi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan para audiens pada halaman website. 

Tindakan-tindakan yang dimaksud dapat berupa mendaftar sebagai anggota atau subscriber hingga melakukan transaksi pembelian.

Membantu Content Strategy

Seorang influencer marketing tentu sudah cukup fasih dalam hal content strategy

Ia bahkan mungkin sudah cukup paham mengenai karakter konten-konten seperti apa yang akan mendapatkan banyak tanggapan dari para pengikutnya. 

Oleh karena itu, bekerjasama dengan influencer, adalah tidak hanya agar ia membuat konten-konten tentang brand yang kamu pasarkan, tetapi juga dapat menjadi partner diskusi dalam menentukan content strategy.

Setelah memahami apa itu influencer marketing dan manfaatnya, yuk simak contoh strategi yang dapat diterapkan.


Contoh Strategi Influencer Marketing

Berikut ini adalah beberapa strategi kerja sama yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan apa itu influencer marketing

Yuk, simak!

Kerja sama paid promote adalah ketika pebisnis mengirim foto atau video kepada influencer marketing. Influencer hanya bertugas untuk mengunggah foto atau video tersebut ke akun media sosialnya. Kapan dan berapa kali influencer mengunggah foto atau video adalah sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Ini adalah bentuk kerja sama paling dasar antara influencer dengan sebuah brand atau bisnis.

Endorsement

Di sisi lain, kerja sama endorsement adalah ketika produk yang dipromosikan sampai ke tangan influencer marketing. 

Influencer kemudian bertugas membuat konten, misal berupa foto atau video untuk mengenalkan hingga merekomendasikan penggunaan produk tersebut kepada para pengikutnya. 

Setelah memahami apa itu influencer marketing dari paragraf-paragraf sebelumnya, kamu akan menyetujui bahwa kerja sama endorsement adalah yang cukup umum sekarang ini.

Brand Ambassador

Kamu dapat menunjuk seorang influencer sebagai brand ambassador sebuah brand

Baca Juga:   Cara Melakukan Brief yang Benar untuk Influencer

Dengan cara ini, brand atau produkmu akan dipromosikan secara eksklusif oleh brand ambassador

Orang yang bertugas sebagai brand ambassador berperan sebagai wajah sebuah brand sehingga ia tidak akan mempromosikan brand lain yang sejenis hingga batas waktu sesuai kesepakatan.

Single Post Media Sosial

Jika pada strategi-strategi yang dibahas sebelumnya, kerjasama antara pebisnis dan influencer relatif cukup panjang, maka strategi yang satu ini adalah yang paling singkat. 

Kerja sama berupa single post media sosial adalah bahwa influencer hanya bertugas satu kali unggah konten promosi.

GiveAway

Sekarang ini strategi GiveAway sebuah produk menjadi ciri khas apa itu influencer marketing

Pada kerja sama ini, influencer tidak hanya menunjukkan pada pengikutnya bahwa ia pengguna sebuah produk atau brand, tetapi ia juga membagi-bagikan produk tersebut kepada beberapa pengikut yang beruntung. 

GiveAway adalah salah satu ide promosi produk yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Referral Code

Referral code atau kode referensi dapat kamu pertimbangkan juga. 

Kamu dapat meminta influencer untuk membagikan referral code dalam konten yang ia buat mempromosikan brand atau produk. 

Melalui banyaknya voucher yang tersebar dan digunakan, seorang pebisnis dapat mengecek seberapa efektif kerja sama yang ia lakukan dengan sang influencer.

Voucher Kupon

Membagikan voucher kupon juga identik dengan apa itu influencer marketing

Banyak influencer yang membagikan voucher kupon agar para pengikutnya tertarik untuk mencoba produk yang dia promosikan sehingga angka penjualan meningkat. 

Voucher kupon ini dapat berupa diskon khusus atau bentuk keuntungan lainnya yang menarik. 

Voucher kupon biasanya terkait dengan hari besar tertentu, seperti misalnya voucher kupon untuk Akhir Tahun.


Kesimpulan

Setelah memahami apa itu influencer marketing, manfaat, beserta contoh strateginya, kamu tak perlu ragu lagi untuk bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan bisnismu. 

Dengan memilih influencer yang tepat untuk jenis bisnismu, semua manfaat yang telah kita bahas bersama di atas, akan kamu dapatkan. 

Kamu juga dapat menentukan jenis kerjasama yang cocok dengan bisnismu. 

Selamat mempromosikan brand atau produk!


Temukan berbagai informasi menarik lainnya seperti berita influencer, influencer marketing, social media inflencer dan blogger influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password