Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Blog Kamu?

apa itu guest post

Ketika menjalankan digital marketing untuk blog kamu, ada berbagai cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan blog milikmu. Salah satu yang dapat kamu gunakan adalah memanfaatkan guest post. Lalu, apa itu guest post? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Guest Post?

Secara umum guest post adalah sebuah postingan yang diunggah oleh orang-orang yang berkunjung ke dalam sebuah blog. Hal tersebut juga berarti bisa saja ada orang lain yang menuliskan postingan promosi ke dalam sebuah blog yang bukan milik mereka.

Jenis Guest Post

Guest post sendiri adalah satu teknik SEO atau Search Engine Optimization yang bisa bertujuan untuk meningkatkan nilai atau skor DA atau Domain Authority dari sebuah blog.

Selain itu, dengan menggunakan strategi ini, kamu juga memiliki potensi untuk menghasilkan traffic ke blog kamu melalui tautan link yang berada di blog milik orang lain. Terlebih lagi jika blog milik orang lain tersebut telah memiliki traffic yang cukup tinggi.

Guest post juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu berbayar dan gratis. Berbayar yang berarti kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya tertentu sesuai dengan kesepakatan kamu dan pemilik blog lainnya. Sementara gratis, berarti kamu dapat menambahkan postingan ke blog lain tanpa pungutan biaya sepeserpun.

Manfaat Guest Post untuk Blog

Setelah mengetahui apa itu guest post, terdapat beberapa manfaat dari strategi ini yang perlu kamu ketahui. Manfaat tersebut baik bagi orang-orang yang menjadi tamu maupun pemilik blog, seperti berikut ini:

1. Manfaat Guest Post Bagi Penulis Tamu

Manfaat guest post yang pertama adalah dari sisi orang-orang yang menjadi tamu atau menulis di blog orang lain. Ketika kamu menjadi tamu dan menulis di blog orang lain, kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk memberikan tautan ke dalam blog kamu. Berikut ini adalah beberapa manfaat guest post bagi penulis tamu:

  • Menjadi tempat promosi blog yang efektif.
  • Dapat menjangkau audiens yang lebih banyak.
  • Meningkatkan brand awareness dari sebuah bisnis yang dipromosikan.
  • Mendapatkan backlink berkualitas untuk meningkatkan DA atau Domain Authority.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan atau traffic ke dalam blog kamu.
  • Dapat meningkatkan posisi blog dalam hasil pencarian Google.
  • Meningkatkan tingkat kepercayaan dan juga reputasi bisnis.
Baca Juga:   Mengenal Apa itu Content Creator: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill

2. Manfaat Guest Post Bagi Pemilik Blog

Manfaat guest post yang kedua adalah bagi pemilik blog yang membuka blog miliknya untuk ditulis oleh orang lain. Setelah mengetahui apa itu guest post, kamu tentunya tahu bahwa ada beberapa manfaat apabila kamu membuka blog kamu untuk ditulis oleh orang lain, seperti berikut ini:

  • Mendapatkan artikel baru tanpa menulis.
  • Dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic.
  • Memperluas pembahasan dari sebuah blog.
  • Meningkat penghasilan pemilik blog terlebih apabila menjalankan strategi blog berbayar.
  • Membangun dan memperluas relasi bisnis.
  • Meningkatkan popularitas blog.

Tips Membuat Guest Post yang Baik

Setelah mengetahui apa itu guest post dan juga manfaatnya baik bagi penulis tamu dan juga pemilik blog. Ada beberapa tips membuat guest post yang baik, bagi kamu yang ingin menulis di blog orang lain, yaitu:

1. Menemukan Blog yang Tepat

Tips paling pertama adalah menemukan blog yang tepat. Proses menemukan blog yang tepat memang bukan sebuah hal mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Kamu dapat menemukan guest post gratis yang tersedia di internet atau juga bisa mencari guest post berbayar. Selain melalui kedua cara tersebut, kamu juga dapat mencari referensi melalui beberapa orang teman kamu sekaligus mengetahui kualitas blog tempat kamu menulis nantinya.

2. Kenali Blog Sebelum Menulis

Tips yang kedua tentunya kamu harus mengenali blog tempat kamu akan menulis  untuk membuat backlink ke dalam blog kamu. Pastikan bahwa blog tempat kamu menulis nantinya sesuai dengan blog milik kamu sendiri.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti kesesuaian isi atau hal apa saja yang dibahas dalam blog tersebut. Jika blog kamu membahas tentang wisata, kamu dapat mencari blog untuk guest dengan konsep yang sama. Hal lainnya adalah tentu bagaimana kualitas blog tersebut yang juga harus kamu perhatikan.

Baca Juga:   Cara Daftar AdSense untuk Blog dan Syarat Lengkapnya

3. Menetapkan Tujuan Menulis

Setelah mengenali blog tempat kamu akan menulis, tips berikutnya adalah menetapkan tujuan kamu menulis dalam blog milik orang lain. Kamu dapat menetapkan atau mempertimbangkan tujuan kamu menulis. Apakah untuk meningkatkan brand awareness atau untuk meningkatkan traffic blog kamu?

Jika sudah menetapkan tujuan menulis, maka kamu dapat membuat artikel atau konten yang sesuai dengan tujuan kamu. Kemudian, kamu juga dapat membuat anchor text beserta link seperti apa yang akan kamu gunakan dalam artikel pada blog milik orang lain tersebut.

4. Menentukan Topik yang Akan Ditulis

Setelah menetapkan tujuan kamu menulis, kamu dapat menentukan keyword atau kata kunci serta topik seperti apa yang akan kamu tulis di blog milik orang lain. Apabila telah menentukan topik, kamu tentunya dapat membuat artikel yang berkualitas dalam blog milik orang lain tersebut.

Ketika menentukan topik, kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari topik apa yang banyak dicari saat ini dan sesuai dengan blog kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencari beberapa topik yang paling dibaca dalam blog milik orang lain tempat kamu melakukan strategi ini.

5. Membuat Artikel untuk Menyelesaikan Masalah

Pada umumnya orang-orang yang menggunakan internet adalah orang-orang yang ingin menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan informasi mereka. Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat sebuah artikel yang menarik bagi orang-orang yang mencari banyak hal di Google.

Kamu bisa memulai dengan beberapa permasalahan sederhana atau informasi yang umum dicari oleh para pengguna internet. Selain itu, pastikan juga bahwa artikel kamu dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan informasi para pengguna internet. Agar artikel kamu bisa menarik minat lebih banyak pembaca.

6. Membuat Konten yang Menarik

Selain artikel yang dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan informasi para pengguna internet. Tentunya kamu juga harus membuat artikel yang menarik, sehingga orang-orang tertarik untuk membaca artikel yang kamu tulis.

Baca Juga:   Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Brand: 5 Poin Utama

Kamu bisa memulai dengan judul yang tegas dan menarik minat baca para pengguna internet. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat artikel yang unik atau berbeda dari beberapa artikel dengan tema atau topik yang sama dan sudah ada di Google. Supaya, artikel kamu tampak original dan berada di halaman pertama Google.

7. Perhatikan Kesesuaian Informasi

Tips membuat guest post yang baik berikutnya adalah perhatikan kesesuaian informasi. Maksudnya adalah sebuah artikel yang selain memiliki tema atau topik yang menarik. Isi konten tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para pembaca dan bukan hoax.

Hal tersebut sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena ketika seseorang sudah tertarik untuk membaca artikel kamu, namun isi dari artikel kamu tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. 

Maka hal ini akan bisa mempengaruhi kredibilitas dari blog milik kamu sendiri. Karena itu harap perhatikan poin ini dengan seksama.

8. Menggunakan Link yang Tepat

Tips membuat guest post yang terakhir adalah menggunakan link yang tepat. Jika ingin membuat link yang tepat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari anchor text dan juga link yang mengarah ke dalam blog milik kamu.

Kamu harus bisa menggunakan kalimat anchor text yang natural dan tidak terkesan memaksakan berada dalam sebuah artikel. Kemudian, sesuai link dengan isi dari halaman blog yang menjadi tujuan dari anchor text tersebut.

Tertarik dengan Strategi Guest Post?

Itulah beberapa informasi mengenai guest post yang perlu kamu ketahui. Mulai dari apa itu guest post, manfaat menggunakannya baik bagi penulis tamu maupun pemilik blog sampai dengan beberapa tips penting dalam membuat guest post yang baik.

Strategi ini sangat tepat untuk kamu dalam meningkatkan brand awareness blog milikmu. Melalui strategi ini, kamu dapat menjangkau lebih banyak pengunjung dengan memanfaatkan blog milik orang lain. Setelah mengetahui tentang strategi ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?


Temukan inspirasi tentang blogger influencer, marketing influencer dan lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password