Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu

Apa itu engagement rate dalam sosial media

Berbicara tentang social media tentunya kamu tidak akan asing lagi dengan kata engagement. Sebenarnya apa itu engagement rate? Kenapa itu bisa begitu penting? Bagaimana cara menghitungnya?

Berikut ini penjelasan rinci mengenai engagement rate yang bisa kamu terapkan untuk menjadi influencer atau menggunakan jasa influencer di social media.

Apa Itu Engagement?

Tidak ada definisi resmi mengenai engagement atau keterikatan. Namun ada definisi yang dianggap orang banyak paling mendekati dari makna sebenarnya kata engagement. Secara harfiah keterikatan adalah kombinasi dari komitmen dan value.

Di tempat kerja keterikatan dianggap sebagai bentuk saling tolong menolong. Sementara di social media melihat engagement sebagai bentuk interaksi antara sang influencer dan followers mereka. Keterikatan membuat orang merasa lebih dekat satu sama lain.

Keterikatan yang kuat di social media tidak hanya membuat orang-orang mau memfollow sebuah akun. Namun juga merasa terpuaskan dan senang dengan kehadiran sang influencer. Selain itu, keterikatan juga membuat orang-orang dengan senang hari mempromosikan akun social media sang influencer.

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement rate adalah sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat keterlibatan followers pada konten yang dibuat atau yang dipromosikan. Dengan kata lain, engagement rate adalah interaksi dengan para followers yang tercipta oleh konten yang di upload pemilik sebuah akun social media.

Kenapa Engagement Rate Itu Penting?

Jika kamu sudah mengetahui apa itu engagement rate. Tentunya kamu juga harus tahu kenapa hal ini begitu penting. Tingkat keterikatan yang tinggi adalah sebuah penanda bahwa kepercayaan, loyalitas dan kedekatan kamu dengan para followers.

Hubungan antara influencer dan followers menjadi penting bagi para brand untuk mau menggunakan jasa influencer tersebut. Influencer yang memiliki tingkat keterikatan tinggi memiliki peluang lebih sukses daripada yang tidak.

Engagement rate juga menjadi penting karena mempengaruhi jangkauan setiap postingan. Algoritma saat ini lebih menyukai dan menghargai postingan yang memiliki engagement rate tinggi. Jika tingkat keterikatan kamu tinggi, social media tersebut akan membantu menyebarluaskan setiap konten yang kamu post.

Baca Juga:   Algoritma Instagram Reels yang Perlu Diketahui Para Pebisnis

Bahkan saat ini, followers yang besar tidak serta merta membuat jangkauan postingan jadi lebih luas. Akun social media dengan followers sedikit namun engagement rate tinggi akan memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk bisa menjangkau orang banyak.

Itulah kenapa setiap influencer wajib mengetahui betapa pentingnya hal ini.

Baca juga: Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!


Bagaimana Cara Menghitung Engagement Rate?

Untuk menjadi atau ingin menggunakan jasa influencer, kamu tidak bisa hanya mengetahui apa itu engagement rate. Kamu juga harus memahami bagaimana cara menghitung engagement rate. Karena dengan mengetahui angka pastinya kamu bisa memberikan tarif yang sesuai untuk jasa yang kamu berikan atau yang ingin kamu pakai.

Berikut ini cara menghitung engagement rate;

1. Menghitung Engagement Rate Berdasarkan Reach

Cara paling umum yang sering dipakai orang-orang untuk mengetahui tingkat keterikatan menggunakan reach. Reach mengukur persentase orang-orang yang melihat konten postingan kamu. Rumus untuk menghitung engagement rate berdasarkan reach adalah;

Reach = total keterlibatan posting (like, komen, share, saved)/ jangkauan per posting x 100%.

Contohnya kamu memiliki 3 konten yang sudah di post. Konten pertama jumlah keterlibatannya 100, konten kedua 200, konten ketiga 150. Sementara jangkauan setiap konten ini sama 1000.

Konten 1 = 100/ 1000 x 100% = 10%

Maka untuk konten 2 didapatkan 20% dan konten 3 15% Untuk menghitung nilai rata-rata. Jumlahkan semua reach tiap konten dibagi total postingan. Contohnya;

10% (konten 1) + 20% (konten 2) + 15% (konten 3)/ 3 = 15%

Artinya rata-rata engagement rate akun social media kamu adalah 15%. Dengan menghitung reach akan jauh lebih akurat dibandingkan melihat followers. Karena tidak semua followers akan melihat konten yang kamu post.

2. Menghitung Engagement Rate Berdasarkan Post

Rumus untuk menghitung engagement rate berdasarkan post adalah Total Keterlibatan (like, komen, share, saved)/ Jangkauan per post x 100%.

Misalnya postingan kamu hari ini mendapatkan total komen, like, saved dan share sebanyak 250. Sementara kamu menjangkau sekitar 5000 akun. Maka

Baca Juga:   Cara Mengukur Tingkat Keberhasilan Influencer Marketing

250/ 5000 x 100% = 5%

Maka tingkat keterikatan kamu untuk postingan tersebut adalah 5%. Metode ini biasanya dipakai untuk melihat akun social media yang memiliki banyak niche. Dengan menghitung berdasarkan post, kamu bisa mengetahui berapa engagement rate untuk jenis topik tertentu.

Dengan mengetahui tiap posnya kamu bisa memperkirakan topik apa yang bagus untuk kamu bahas dan topik apa yang harus kamu tinggalkan.

3. Menghitung Engagement Rate berdasarkan Impression

Cara lain untuk melihat tingkat keterikatan ialah menggunakan impression. Mengetahui cara ini bisa membuat kamu menganalisa lebih dalam akun social media. Kamu tidak cukup hanya tahu apa itu engagement rate dan beberapa cara saja untuk menghitungnya.

Kamu bisa menggunakan cara ini dengan mengkombinasikannya dengan reach. Karena reach untuk menganalisa seberapa banyak orang yang melihat konten kamu. Sementara impression untuk melihat seberapa sering konten kamu muncul di layar seseorang.

Rumus impression = Total keterlibatan (like, komen, share, saved)/ Total Impression x 100%.

Misalnya kamu memiliki reach 1000 dan impression 2300. Sementara total keterlibatan dari postingan kamu adalah 250.

250/ 2300 x 100% = 10,8%

Maka didapatkan tingkat keterikatan postingan kamu 10,8% berdasarkan impression. Cara ini akan sangat efektif jika kamu ingin menghitung efektivitas konten yang berafiliasi atau berkolaborasi dengan sebuah brand.

4. Menghitung Engagement Rate Per Hari

Meskipun melihat tingkat keterikatan berdasarkan impression cukup bagus untuk melihat efektifitas setiap postingan. Kamu juga harus menghitung seberapa sering followers berinteraksi dengan kamu setiap harinya.

Engagement rate per post = Total keterlibatan dalam sehari (like, komen, saved, share)/ Total Followers x 100

Contohnya jika setiap hari selalu ada 159 keterlibatan (like, komen, saved, share) di akun social media kamu. Sementara total followers yang kamu miliki adalah 10.000. Maka cara menghitungnya;

159/ 10.000 x 100% = 1,59%

Dengan begitu kamu bisa melihat persentase keaktifan followers yang kamu miliki. Cara ini akan sangat efektif jika kamu berkolaborasi dengan brand yang ingin melihat seberapa efektif iklan tertentu yang kamu jalankan.

Namun kekurangan dari cara ini adalah tidak menghiraukan keaktifan akun yang sama. Kamu akan menghitung semua keterlibatan meskipun dari satu akun yang sama saja.

5. Menghitung Engagement Rate Berdasarkan View

Cara ini khusus untuk postingan yang berupa video. Kamu bisa melihat seberapa banyak orang yang terlibat dengan postingan kamu setelah menonton video yang kamu unggah.

Baca Juga:   Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer

Engagement Rate berdasarkan view = Total keterlibatan (like, komen, share, saved)/ Total view x 100%

Misalnya kamu memposting video berdurasi satu menit dan mendapatkan toal like, komen, share dan saved sebanyak 327. Sementara view untuk postingan tersebut sebesar 1000. Cara menghitungnya;

327/ 1000 x 100% = 32,7%

Dengan begitu kamu bisa mengetahui tingkat keterikatan untuk postingan video kamu sebesar 32,7%. Cara ini akan tepat jika kamu ingin melihat seberapa efektif video yang kamu post untuk memunculkan keterlibatan followers.

Kamu bisa menganalisa apakah konten video tersebut layak untuk dilakukan pengembangan atau tidak. Namun sayangnya cara ini memiliki satu kekurangan. Setiap jumlah view yang muncul tidak mempertimbangkan jenis akun.

Sehingga terkadang ada beberapa akun yang menonton video tersebut sebanyak 10 kali namun hanya komen satu kali saja.

Baca juga: Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer


Berapa Engagement yang Bagus?

Sebagian besar orang sepakat bahwa engagement rate yang bagus berkisar antara 1% – 5%. Untuk mencapai angka ini memang hal yang sulit. Semakin banyak followers yang kamu miliki maka semakin sulit untuk mencapai angka 5%.

Jika kamu mendapati tingkat keterikatan kamu jauh dari angka tersebut. Maka konten yang kamu miliki terbilang masih memiliki akun yang sedikit followersnya. Sekarang kamu sudah tahu apa itu engagement rate, kamu juga tahu bagaimana menghitungnya sehingga kamu mungkin akan jauh lebih mudah meningkatkan popularitas social media kamu.

Kesimpulan

Engagement rate sangatlah penting baik sang influencer maupun orang yang ingin memakai jasa influencer. Dengan mengetahui apa itu engagement rate dan cara menghitungnya, kamu tidak hanya bisa mengukur efektivitas dari konten yang kamu buat.

Untuk melihat angka pastinya kamu bisa melihatnya di Sociabuzz.

Kamu juga bisa memberikan konten mana yang bagus, topik apa yang sesuai dan kamu juga bisa menentukan berapa tarif yang sesuai untuk setiap postingan di akun social media tersebut.


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar social media influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password