Apa Itu Endorse Beserta Tipe dan Manfaatnya

apa itu endorse

Apa itu endorse bisa kamu lihat dari fungsi media sosial yang tidak hanya berguna sebagai media komunikasi saja, melainkan juga bisa kamu gunakan sebagai media promosi atas berbagai produk. 

Hal ini tentunya akan membawa manfaat tersendiri bagi para pelaku bisnis maupun pengguna dari media sosial. Nah, promosi yang kamu lakukan dengan menggunakan media sosial ini memang terkesan lebih efektif untuk bisa meningkatkan sistem penjualan. 

Bahkan, tidak sedikit pula para pebisnis yang memanfaatkan akun sosial media dari para publik figur yang memang sudah memiliki ribuan pengikut sebagai media promosi. Hal ini lebih dikenal dengan istilah endorsement atau endorse.

Dalam dunia penjualan,  endorsement merupakan salah satu bentuk promosi yang cukup halus bagi para calon konsumen. Endorsement juga merupakan salah satu taktik yang cukup efektif dalam membantu untuk menaikkan penjualan. Dengan adanya endorsement ini, maka para calon konsumen akan jauh merasa lebih dekat dengan produk yang kamu tawarkan.


Apa Itu Endorse?

Endorse merupakan pernyataan publik dari seseorang atau sebuah organisasi untuk keperluan dalam mendukung fitur, manfaat, kualitas, atau merek dari sebuah produk. Selain itu, endorsement juga bisa kamu identifikasikan sebagai bentuk pernyataan publik yang khususnya dilakukan oleh seseorang yang terkenal, bahwa memang orang tersebut telah menggunakan atau menyukai produk tersebut.

Orang-orang tersebut pun akan melakukan bentuk promosi atas nama pribadi untuk bisa mempromosikan produk atau layanan tersebut. Endorsement ini dinilai mampu mempengaruhi para calon pembeli dengan sangat baik. Endorsement juga bisa membuat kamu menjadi terhubung dengan lebih banyak orang daripada jika kamu menggunakan teknik pemasaran biasa. Hal ini bisa terjadi karena orang lain akan jauh memperhatikan dan mengikuti tokoh terkenal atau selebritas.

Apa itu endorse juga bisa dikatakan sebagai salah satu teknik marketing yang bisa memberikan citra merek jauh lebih besar jika kamu bandingkan dengan metode iklan biasa. Semakin terkenal seorang endorse, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa menggunakan jasa endorsement terebut untuk suatu produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga:   Ukuran Video Tiktok Ideal dan Cara Agar Video Banyak Penonton

Baca juga: Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnyaa! Kamu Wajib Tahu!


Tipe-Tipe Endorse

Endorsement memiliki beberapa tipe yang perlu kamu ketahui. 

1. Celebrities

Golongan endorsement yang pertama adalah celebrities atau publik figur. Kepopuleran dari publik figur ini sudah pasti tidak perlu kamu ragukan lagi. Dengan kepopulerannya tersebut, para publik figur ini memang acap kali mendapatkan tawaran untuk mengendorse suatu produk tertentu, baik produk tersebut berasal dari pihak perusahaan maupun dari pihak perseorangan.

Dengan kepopuleran para selebriti ini tentunya akan membuat para pembeli iklan memiliki harapan untuk bisa mendapatkan konsumen yang jauh lebih banyak lagi. 

2. Influencer

Influencer sendiri merupakan salah satu elemen dari promosi terkait dengan apa itu endorse yang kamu lakukan. Tujuan penggunaan influencer ini adalah untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Influencer sendiri lebih mengacu pada orang yang memiliki kepopuleran sekaligus memiliki banyak followers di media sosial, khususnya Instagram.

Akan tetapi, bukan berarti bahwa semua akun Instagram yang memiliki banyak followers ini bisa menjadi seorang influencer yang sangat potensial untuk kebutuhan promosi usaha kamu.

3. Atlet

Peran pesohor memang sangatlah penting bagi sebuah merek. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk endorsement. Endorse yang dilakukan juga termasuk dalam bidang pakaian olahraga. 

Salah satu cara endorsement atlet adalah dengan memproduksi barang limited atau barang langka. Selain itu, cara ini juga mendapatkan dukungan dari selebriti, dan penggunaan teknologi yang serba modern. Dengan gabungan antara ketiga komponen ini tentu saja akan berpotensi dalam memberikan angka penjualan yang cukup tinggi.

4. Personal

Tipe lain dari apa itu endorse adalah personal. Tipe ini lebih mengarah kepada perseorangan yang nantinya akan membangun sebuah personal branding yang baik. Nah, untuk tipe personal ini akan memberikan ciri khasnya tersendiri dalam mengendorse produk kamu tersebut.

5. Organisasi Pemerintahan

Pola komunikasi dari Organisasi Pemerintahan saat ini memang sering menjadi sorotan publik. Oleh karena itu, tipe endorse yang satu ini cukup memberikan pengaruh yang sangat signifikan mengingat Organisasi Pemerintahan memiiliki peran penting dalam sebuah negara.

Baca Juga:   Jenis Konten Instagram yang Paling Menarik Perhatian Audiens

6. Organisasi Non – Pemerintahan

Organisasi Non – Pemerintahan atau yang sering masyarakat sebut dengan NGO. NGO sendiri merupakan Organisasi Non Pemerintah yang tidak dalam arahan dari institusi milik negara yang dikendalikan oleh pemerintah.

NGO juga sering disebut dengan LSM. Nah, Lembaga Swadaya Masyarakat ini juga sangat berpengaruh terhadap proses endorse secara lebih merakyat. Hal ini dikarenakan LSM lebih dekat dan sering berkesinambungan secara langsung dengan masyarakat.

7. Asosiasi Professional

Asosiasi Profesional merupakan salah satu tipe dari apa itu endorse. Kelompok Profesional sendiri merupakan kelompok orang yang melakukan praktek kegiatan profesional tertentu. Dengan menggunakan Asosiasi Profesional ini maka kegiatan endorse bisa berjalan lebih baik dan menyebar lebih merata.

8. Product

Untuk tipe endorse menggunakan produk ini bisa kamu lakukan dengan memberikan sample produk yang bisa dicoba oleh para calon konsumen. Dengan begitu maka para calon konsumen ini pun akan lebih percaya setelah mencobanya sendiri. Dan ini merupakan salah satu tipe endorse yang cukup banyak berhasil dalam pengaplikasiannya.


Manfaat Endorse

Dengan adanya proses penjualan menggunakan endorsement ini, maka banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari endorse yang perlu kamu ketahui setelah memahami apa itu endorse.

1. Membuat Brand Anda Lebih Stand Out

Kegiatan endorse ini merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk kamu lakukan dalam hal memperkenalkan atau mempromosikan produk yang sedang kamu jual. 

Dengan endorse, maka brand yang kamu buat akan jauh lebih stand out atau lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Jika produk tersebut sudah terkenal luas, maka kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan banyak konsumen. Namun, membuat brand menjadi lebih stand out pun bukan perkara yang mudah. 

2. Dapat Membuka Pasar Baru untuk Bisnis Anda

Kegiatan endorse ini selain bisa membuat brand kamu lebih stand out juga bisa membuka pasar baru untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Pasar ini tentunya harus kamu sesuaikan juga dengan target produknya. Dengan membuka pasar baru ini berarti kamu bisa mendapatkan lebih banyak calon konsumen untuk produk yang sedang kamu tawarkan tersebut.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Konten YouTube Menarik yang Sering Orang Tonton 

Terbukanya pasar baru ini tentu akan semakin mempermudah kamu dalam memperkenalkan produk dan menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Bahkan, produkmu tersebut bisa semakin terkenal, baik dalam negeri maupun luar negeri.

3. Memberikan Brand Personality

Brand Personality merupakan salah satu hal yang bisa membuat para konsumen merasa lebih dekat dan mengenal baik brand kamu. Selain itu, adanya brand personality ini juga akan memudahkan para konsumen dalam mengingat produk kamu, bahkan bisa menentukan kesuksesan dari bisnis yang kamu jalani tersebut.

Brand personality yang merupakan salah satu bagian dari apa itu endorse adalah karakteristik yang sudah melekat pada sebuah nama produk atau brand. Nah, manfaat dari adanya endorse ini bisa membuat produk kamu bisa lebih dekat dengan konsumen, karena memang sudah sesuai dengan target pasar yang kamu buat.

Tanpa adanya brand personality ini, maka akan cukup sulit untuk bisnismu tersebut bisa dengan mudah meyakinkan para calon konsumen bahwa memang produk kamu lah yang harus mereka pilih.

4. Memberikan Trigger Kepada Konsumen Anda

Manfaat lain dari endorse ini juga bisa memberikan trigger kepada para konsumen kamu. Dengan endorse ini, maka kamu bisa membuat orang lain terpicu untuk membeli dan menggunakan produk kamu tersebut. Intinya adalah bahwa endorse bisa kamu gunakan untuk mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk ikut menggunakan sebuah produk.

Baca juga: Sistem Promosi Endorse dan Paid Promote, Manakah yang Lebih Efektif?


Kesimpulan

Dukungan dari apa itu endorse memang sangat berpengaruh pada pengguna media sosial. Dengan adanya tipe-tipe endorse tersebut, maka bisa mendukung suatu produk untuk lebih membuat orang lain cenderung membeli dan menggunakan produk yang sedang kamu tawarkan tersebut.

Dengan melakukan proses endorse, maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa calon konsumenmu pun akan semakin meningkat. Bahkan, kamu pun bisa mendapatkan konsumen baru. Jadi, bisa dikatakan bahwa proses endorse ini merupakan salah satu kegiatan marketing yang sangat efektif untuk kamu lakukan guna untuk meningkatkan penjualan dan followersmu.

Baca juga: Apa Itu Impression dan Pentingnya Dalam Digital Marketing


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password