Apa itu Email Marketing? Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukannya

email marketing adalah

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan sebuah marketing. Salah satu caranya adalah menggunakan email marketing. Penggunaan email marketing adalah satu cara yang cukup efektif dan lebih murah untuk digunakan. Selain itu, Salah satu tips dari email marketing adalah bisa menjangkau banyak kalangan.

Penggunaan email sebagai media jualan adalah langkah yang tepat, terutama saat ini dimana setiap orang hampir selalu memegang smartphone yang mana terintegrasi dengan email di dalamnya. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa penggunaan teknik ini semakin banyak akhir-akhir ini.


Apa itu Email Marketing? 

Secara sederhana email marketing adalah sebuah teknik melakukan marketing dengan menggunakan email sebagai media perantaranya. Cara ini dinilai cukup efektif untuk membangun koneksi dengan berbagai target pelanggan.

Salah satu kelebihan dari penggunaan email marketing adalah Anda bisa melakukan presentasi pada target yang Anda tuju. Nantinya, Anda bisa mengubah tiap isi dari email menyesuaikan dengan tujuan dari target konsumen Anda.

Penggunaan teknik ini menjadi semakin efektif karena saat ini pengguna email juga semakin bertambah banyak. Jumlah orang yang menggunakan email sebagai media komunikasi juga semakin banyak. Selain itu, penggunaan cara ini juga dirasa lebih resmi dan bukan spam.

Salah satunya adalah karena biasanya email marketing ini dikirim langsung dari alamat email yang menggunakan nama perusahaan atau nama brand di dalamnya. Hal ini dianggap jika penawaran yang diberikan memang benar adanya.


Manfaat Email Marketing

Penggunaan email marketing yang semakin banyak juga tidak lain karena cara ini dinilai memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Sebagai salah satu cara melakukan promosi, maka menggunakan cara ini dinilai memiliki beberapa keunggulan. Beberapa contoh keunggulan tersebut antara lain:

1. Biaya yang Cukup Murah

Salah satu keunggulan dari email marketing adalah penggunaan biaya yang cukup murah jika dibandingkan dengan cara marketing lainnya. Hal ini karena cukup hanya dengan satu kali klik maka akan banyak email yang terkirim. Dan itu artinya, cara ini akan menjangkau banyak orang sekaligus.

Dengan jumlah target yang sama, mungkin cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan media iklan digital. Namun mungkin bisa Anda bayangkan berapa biaya yang diperlukan untuk sebuah iklan tersebut. Hal tersebut tentu akan memakan biaya yang cukup besar.

Baca Juga:   Podcast adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

2. Pemberian Informasi yang Lebih Lengkap

Penggunaan cara ini juga dinilai jauh lebih lengkap dan bisa memberikan informasi dengan lebih detail. Penggunaan email marketing bisa memberikan informasi dengan lebih banyak dan lebar. Hal ini tentunya akan memberikan banyak informasi dengan lebih jelas.

Penggunaan teknik ini dinilai menjadi jawaban dari penyebaran informasi lewat media sosial. Penggunaan media sosial meskipun terlihat lebih menarik namun akan terbatas oleh jumlah kata yang bisa dituliskan dalam caption. Hal ini biasanya akan menimbulkan kesalahpahaman antara pihak penjual dengan konsumen.

3. Menghindari Perubahan Algoritma Pada Media Sosial

Keuntungan lainnya dari penggunaan email marketing adalah menghindari perubahan pada algoritma yang mungkin saja terjadi pada media sosial. Masalah algoritma yang sering berubah memang menjadi tantangan tersendiri pada penggunaan media sosial. Hal ini bisa membuat campaign yang sama belum tentu menghasilkan hasil yang sama.

Hal ini tidak akan berlaku jika Anda memilih menggunakan email marketing. Dengan menggunakan cara ini, maka jangkauan email akan tetap dan tidak akan terpengaruh dengan algoritma apapun. Yang terpenting untuk mendapatkan hal ini adalah Anda selalu mengupdate email yang akan menjadi tujuan marketing Anda.

4. Bersifat Lebih Personal

Keunggulan lainnya yang juga dimiliki oleh email marketing adalah sifatnya yang personal. Dibanding pengunaan cara lain, menggunakan email marketing akan terasa sangat personal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan nama pribadi sebagai sapaan.

Faktanya, hal ini merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan dan sangat mungkin untuk Anda lakukan dengan menggunakan email marketing. Meskipun Anda mengirim banyak email sekaligus, tapi kini ada tools yang bisa membantu Anda untuk tetap menuliskan nama penerima dengan tepat.

Dengan sifat yang lebih personal ini harapannya adalah pembeli juga merasa memang penawaran tersebut dibuat khusus untuk mereka. Cara personal lainnya yang juga bisa dilakukan oleh email marketing adalah memungkinkan untuk membedakan tiap email yang akan dikirimkan.


Tips Menerapkan Strategi Email Marketing 

Pada penggunaan, email marketing ini akan sukses jika Anda bisa menentukan dengan tepat. Untuk mendapatkan hal tersebut maka ada beberapa tips email marketing yang bisa Anda lakukan.

Beberapa strategi khusus yang Anda perlukan untuk mendapatkan hasil maksimal tersebut antara lain:

1. Mengenali Kebiasaan Calon Pelanggan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai tips email marketing agar sukses adalah dengan mengenali setiap kebiasaan dari pelanggan yang akan Anda tuju. Dalam hal ini maka Anda perlu mencari tahu seperti apa pelanggan Anda dan bagaimana persona nya.

Cara ini akan berguna untuk memberikan personalisasi yang lebih baik pada email marketing yang akan akan Anda gunakan nantinya. Dengan lebih mengenali pelanggan Anda, maka isi email juga bisa menyesuaikan dengan hal tersebut.

Baca Juga:   Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah

2. Menetapkan Target Penjualan Lewat Email

Dalam banyak hal, menetapkan target juga akan memudahkan Anda untuk menentukan tiap lagkah yang perlu a anda lakukan. Dalam hal marketing, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menetapkan berapa nilai penjualan yang ingin Anda dapatkan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat bagaimana penjualan yang berhasil dilakukan oleh saingan bisnis Anda lewat email. Dari situ, Anda bisa menggunakannya sebagai patokan untuk menentukan apa yang akan Anda dapatkan.

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan data email pribadi yang akurat. Dalam hal ini, pastikan selalu mengupdate alamat email dari target konsumen yang Anda punya. Memastikan email tersebut juga bisa menjadi keuntungan lainnya.

Data yang akurat ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk Anda menentukan target. Nantinya ANda bisa melihat berapa orang Anda kirimi email marketing, berapa orang yang merespons, dan berapa penjualan yang didapat dari proses tersebut. Rangkaian ini bisa Anda jadikan untuk bahan evaluasi untuk langkah selanjutnya.

3. Mengelompokan User

Hal penting lainnya yang juga Anda perlukan ketika akan melakukan email marketing adalah dengan mengelompokan user. Cara ini bisa Anda lakukan ketika sudah mendapatkan persona masing-masing pelanggan dengan baik.

Pengelompokan ini sendiri bisa Anda lakukan dengan membagi konsumen ke dalam beberapa kelompok tertentu. Misal, Anda bisa membagi tiap pelanggan berdasarkan minat, usia, tempat tinggal, jenis pekerjaan, lokasi kerja, dan lainnya.

Nantinya, dengan pengelompokan ini maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan mana kelompok konsumen yang cocok dengan promo yang sedang berlangsung. Dengan pengelompokan ini juga Anda bisa melihat mana yang berpotensi untuk menjadi konsumen atau tidak.

Proses pengelompokan ini tentunya membutuhkan survei yang cukup ketat dan panjang. Selain itu, Anda juga membutuhkan standar minimal yang jelas untuk tiap kategori tersebut. Hal ini untuk memastikan tiap kelompoknya sesuai.

4. Menentukan Jenis Campaign

Hal lain yang juga menjadi tips email marketing adalah menentukan jenis campaign yang akan Anda lakukan. Sebenarnya, penentuan ini akan berkaitan dengan target konsumen yang akan Anda tuju. Nantinya, Anda akan memilih mana kelompok konsumen yang cocok dengan campaign tersebut atau tidak.

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki jadwal yang tepat untuk mengirim email tersebut. Hal ini agar email yang Anda kirimkan akan terbaca dan pastinya tidak akan terlewatkan.

5. Melakukan Evaluasi dan Mengukur Hasilnya

Hal penting lainnya yang juga akan Anda perlukan dalam melakukan email marketing adalah melakukan evaluasi dan melihat bagaimana hasil dari program yang sudah berjalan. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah program yang sedang berjalan memberikan hasil yang sesuai keinginan atau tidak.

Baca Juga:   Cara Membuat Facebook Ads yang Mudah: Pemula Wajib Tahu!

Di lain sisi, cara ini juga akan menentukan jika program tersebut gagal, maka bisa langsung dicari apa yang menjadi penyebab dari kegagalan tersebut. Lalu selanjutnya akan dicari bagaimana penanganan dari masalah tersebut.

Proses evaluasi ini juga menjadi penting terutama untuk melihat apakah campaign yang sama bisa digunakan di masa yang akan datang atau tidak. Termasuk apakah campaign tersebut membutuhkan perubahan dan penyesuaian atau tidak.


Memanfaatkan Email Marketing dengan Baik

Setelah memahami tentang penggunaan email marketing, maka akan terlihat jika cara ini menawarkan sebuah manfaat yang sangat besar. Penggunaan yang tepat dan juga penargetan konsumen yang sesuai akan berdampak sangat besar pada bisnis yang Anda kembangkan.

Namun ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Salah satu masalah dari penggunaan email adalah kemungkinan email tersebut terdeteksi sebagai spam. Ini akan menjadi masalah karena email tidak akan masuk inbox, dan tentunya besar kemungkinan untuk tidak terbaca.

Lalu bagaimana agar email tersebut tidak terdeteksi sebagai spam? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut, seperti:

  • Pastikan email yang Anda buat masuk kategori whitelist. Itu artinya Anda juga perlu memastikan konsumen tidak mengkategorikan email tersebut sebagai blacklist yang akhirnya masuk kategori spam
  • Pada isi email, jangan banyak menggunakan kata-kata yang termasuk dalam kata-kata spam
  • Untuk keperluan bisnis, maka gunakanlah email provider yang terpercaya. Salah satu tipsnya Anda bisa menggunakan email provider dari perusahaan yang sudah sangat terpercaya.

Selain aturan agar email marketing yang anda buat tidak masuk spam, Anda juga perlu memahami jika penggunaan email marketing ini juga harus sesuai regulasi. Secara umum, regulasi tersebut adalah

  • CAN-SPAM Compliance. Ini merupakan regulasi yang mengatur dan memastikan hak pelanggan agar mereka selalu mendapatkan email yang relevan.
  • GDPR. Regulasi ini mengatur tentang perlindungan data konsumen oleh pelaku bisnis. Selain itu, regulasi ini juga akan mengatur penggunaan data yang berkaitan bisnis. Artinya, pihak perusahaan pun perlu memberikan data dengan benar untuk kebutuhan marketing yang mereka buat.

Ketika semua regulasi dan aturan tersebut Anda penuhi, maka hal itu juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Efek terbaiknya, email marketing adalah senjata terbaik untuk bisa menjangkau konsumen dengan personal. Jika hal tersebut berhasil, maka potensi untuk mendapatkan banyak konsumen pun semakin terbuka lebar.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, social media influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password