Apa Itu Digital Nomad? Begini Cara Sukses Menjadi Salah Satunya

apa itu digital nomad

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah digital nomad cukup populer di internet.

Terlebih, saat ini perkembangan teknologi dan digital mempengaruhi cukup banyak industri.

Tak heran profesi pada bisa jadi motivasi untuk perkembangan karier di masa depan. Namun, apa itu digital nomad sebetulnya?

Mari cari tahu lebih lanjut! 

Apa Itu Digital Nomad? 

Istilah digital nomad ini datang dari dua kata, yaitu digital dan nomad.

Sesuai dengan makna dari dua kata tersebut, tentu kamu sudah memahami apa maksud dari digital yang ada pada istilah profesi ini.

Sedangkan nomad, berasal dari kata nomaden yang berarti tidak menetap di suatu daerah dalam waktu yang lama. 

Terminologi ini sebetulnya sudah cukup populer jauh sebelum sistem Work From Home (WFH) diterapkan di Indonesia dalam beberapa waktu lalu. 

Mengenai apa itu digital nomad, istilah tersebut mengacu pada seorang profesional yang bekerja dalam ruang lingkup yang lebih fleksibel.

Saat ini dikenal dengan istilah Work From Anywhere (WFA). 

Orang yang menjadi pengembara digital atau pengembara digital ini biasanya bekerja dalam sebuah perusahaan, baik itu secara tetap maupun freelance.

Namun, mereka mendapatkan kebebasan untuk bisa bekerja di lokasi yang mereka inginkan.

Manfaat Menjadi Digital Nomad 

Dalam memahami apa itu digital nomad, keuntungan yang dapat terlihat adalah kebebasan bekerja dari manapun.

Hal tersebut tentu menjadi keinginan bagi banyak orang, terlebih mereka yang bekerja di bidang kreatif serta teknologi yang sulit untuk bisa berada dalam satu lokasi yang sama secara terus menerus. 

Ternyata, ada juga manfaat lainnya seperti di bawah ini.

1. Bisa Pindah Lokasi Kapan Saja 

Menjadi pembahasan utama, pengembara digital mendapatkan keuntungan untuk bisa berada di berbagai lokasi yang kamu inginkan.

Dengan kata lain, kamu pun akan memiliki kebebasan untuk bisa bekerja di berbagai kota atau daerah sesuai dengan jadwal yang kamu rancang.

Dalam memahami apa itu digital nomad, kamu bisa saja satu minggu bekerja di Jakarta dan minggu depan sudah berpindah lokasi, seperti Bali atau Yogyakarta.

Selain itu, dengan menjadi nomaden, kamu pun bisa menyesuaikan gaya hidup yang lebih terjangkau untuk memanfaatkan gaji ke hal yang lebih bermanfaat. 

Di luar keuntungan secara finansial, kamu pun bisa menggunakan status digital nomad sebagai cara refreshing atau liburan.

Kamu memiliki keleluasaan untuk bisa melakukan eksplorasi dari destinasi impianmu nanti. 

Meskipun begitu, kamu perlu memahami bahwa keleluasaan tersebut harus dibarengi dengan tanggung jawab pekerjaan.

Baca Juga:   Cara Membuat Facebook Ads yang Mudah: Pemula Wajib Tahu!

Hal ini kamu perlukan agar pihak perusahaan pun tetap percaya bahwa kamu merupakan talenta digital yang tepat untuk mereka. 

2. Meningkatkan Mood Bekerja 

Dengan kemudahan untuk berada di lokasi yang berbeda-beda, ternyata ada manfaat yang baik yang kamu bisa rasakan dalam memahami apa itu digital nomad.

Sebagai talenta digital secara nomaden, perpindahan yang kamu lakukan ternyata memiliki dampak baik untuk meningkatkan mood bekerja. 

Meningkatnya mood bekerja yang kamu rasakan hadir berkat perubahan suasana dari setiap lokasi. 

Apalagi, berada di satu tempat dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan rasa jenuh yang berdampak pada penurunan mood dan motivasi kerja.

Memiliki suasana baru hampir setiap saat akan membuat kamu merasa lebih fresh.

Di luar mood bekerja, kamu pun bisa meningkatkan aspek kreativitas dalam melakukan pekerjaan.

Dengan situasi dan suasana baru, kamu pun akan melihat berbagai hal dalam sudut pandang yang baru, unik, serta berbeda.

Tanpa sadar, apa yang kamu lihat pun akan memengaruhi hasil kreasi yang kamu lakukan. 

3. Fleksibilitas Waktu Kerja 

Keuntungan lainnya yang bisa kamu rasakan sebagai digital nomad adalah fleksibilitas waktu kerja.

Sedikit berbeda dengan freelance, pekerja nomaden digital ini umumnya bekerja untuk perusahaan yang memiliki zona waktu berbeda dari tempat mereka tinggal.

Freelance cenderung bekerja di lokasi dan zona waktu yang sama. 

Perusahaan yang memang siap untuk menjadikan pengembara digital sebagai talenta mereka, biasanya memahami bahwa akan ada perbedaan zona waktu saat bekerja.

Oleh karena itu, fokus utama dari perusahaan tersebut adalah memastikan pekerjaan selesai secara tepat waktu sebagai bagian dari pengelolaan karyawan. 

Hal tersebut tentu memberikan fleksibilitas waktu kerja yang lebih menarik.

Kamu sebagai talenta digital bisa bekerja dengan waktu yang diinginkan.

Meskipun tidak jarang kamu harus menyesuaikan jika ada urusan penting atau rapat besar yang wajib kamu hadiri.

Namun, tidak terlalu sering penyesuaian waktu itu akan terjadi. 

4. Meningkatkan Networking 

Sebagai talenta digital, penting bagi kamu untuk meningkatkan networking atau jejaring dengan orang yang punya profesi identik denganmu.

Untuk hal ini, pengembara digital umumnya memaksimalkan fungsi co-working space

Tidak sekadar jadi tempat untuk bekerja saja, co-working space juga menjadi tempat pertemuan bagi banyak pengembara digital yang berasal dari berbagai negara. 

Kamu bisa memaksimalkan jejaring sekaligus belajar terkait tren dan ilmu baru yang berhubungan dengan pekerjaanmu saat ini. Hal tersebut bermanfaat sebagai metode peningkatan skill karier. 

Cara untuk Menjadi Digital Nomad Sukses 

Meskipun jadi hal yang menggiurkan, dalam memahami apa itu digital nomad kamu perlu mempersiapkan berbagai macam hal.

Pasalnya, tidak semua orang mampu bekerja tanpa supervisi secara konstan.

Tentunya bisa kamu latih terlebih dahulu dengan beberapa tips berikut ini.

1. Yakinkan Diri 

Sebelum kamu bisa bekerja sebagai talenta nomaden digital, kamu perlu meyakinkan diri kamu sendiri terlebih dahulu. Penting bagi kamu mengetahui apakah kamu bisa bekerja dalam sistem yang fleksibel dan cenderung tanpa batas sebagaimana yang jadi latar belakang dari apa itu digital nomad

Baca Juga:   Mengenal Social Media Evaluator dan Bagaimana Cara Kerjanya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan tujuan bekerja sebagai talenta nomaden digital. Apakah kamu bekerja dalam sistem tersebut hanya karena ingin bisa liburan atau sekadar tidak suka bekerja di kantor? 

Jika kamu hanya punya dua alasan tersebut, alangkah baiknya untuk menambah waktu agar kamu bisa berpikir lebih matang. Pasalnya, kedua alasan tersebut sifatnya sekadar manfaat. Kamu perlu memikirkan tujuan kuat dalam membangun karier yang baik di masa depan. 

Meskipun terlihat menyenangkan, ada beragam tantangan juga yang bisa kamu hadapi dalam memahami apa itu digital nomad dan menjalaninya. Adaptasi budaya, makanan, serta biaya hidup perlu kamu pikirkan dengan matang agar bisa bekerja dengan nyaman. Selain itu, kamu perlu punya rasa tanggung jawab yang besar. 

2. Apa Keahlian Profesionalmu?

Selain mengetahui tentang diri kamu sendiri, kamu juga perlu memahami apa keahlian terkuat yang kamu miliki di ranah profesional. Ketika kamu mempelajari apa itu digital nomad, bekerja adalah tujuan utama yang perlu jadi landasan setiap rencana karier yang kamu miliki. 

Jangan sampai keuntungan atau manfaat yang bisa kamu rasakan sebagai pengembara digital membuat kamu lupa dengan tujuan utama tersebut. 

Tentu kamu tidak mau pekerjaan jadi berantakan dan kepercayaan perusahaan hilang hanya karena kamu terlalu menikmati keuntungan dan tidak bekerja secara optimal sebagai pengembara digital. 

Keahlian profesional yang kamu miliki saat ini, baik itu datang dari bidang kreatif atau teknologi cukup punya peluang yang besar dalam bekerja secara remote. Jadi, pastikan kamu punya skill yang mumpuni untuk bisa menarik perhatian perusahaan dalam menjadikan kamu sebagai nomaden digital bagi bisnis mereka. 

3. Persiapkan Portofolio 

Saat ini, portofolio jadi salah satu kewajiban yang perlu kamu lampirkan saat melamar pekerjaan. Terlebih untuk kamu yang berada di dunia kreatif dan juga teknologi. Perusahaan membutuhkan portofolio atau rangkaian hasil pekerjaan kamu sebagai penilaian. 

Hal tersebut penting bagi kamu untuk memahami apa itu digital nomad. Pasalnya, perusahaan memerlukan talenta yang tepat. Maka hasil pekerjaan di bidang yang kamu tekuni saat ini menjadi acuan apakah kamu memang orang yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. 

Selain itu, portofolio juga dilengkapi dengan uraian pemikiran kreatif dari apa yang kamu lakukan. Sehingga, perusahaan yang ingin menerimamu sebagai talenta digital mereka bisa memahami cara kamu bekerja. 

4. Pastikan Kondisi Finansial Sehat 

Meskipun menjadi digital nomad membuat kamu bisa bekerja di lokasi yang kamu inginkan, kamu perlu memastikan kondisi keuanganmu dalam keadaan sehat. Biasanya ada sistem pembayaran gaji yang berbeda bagi para talenta nomaden digital dengan pekerja kantoran pada umumnya. 

Perusahaan biasanya akan memotong uang transport dalam benefit kompensasi kerja bagi pengembara nomad. Hal tersebut tentu memengaruhi nilai gaji yang diterima. Jadi, sebelum mulai berencana bekerja di Bali atau lokasi eksotis lainnya, pastikan kamu sudah lebih dulu punya fundamental keuangan yang kuat. 

Baca Juga:   Cara Menulis Rekomendasi di LinkedIn? Begini Langkah-Langkahnya

5. Biasakan Membuat Planning 

Membuat rencana atau planning merupakan hal yang cukup esensial sebagai nomaden digital. Pasalnya, kamu diharapkan untuk memiliki manajemen waktu dan pekerjaan yang baik, karena minimnya supervisi dari atasan.

Membiasakan diri untuk membuat rencana atau to do list dalam pekerjaan sehari-hari akan membuat kamu lebih disiplin terhadap apa yang kamu lakukan. Hal ini juga bisa membantu kamu meningkatkan konsistensi serta kualitas pekerjaan dengan baik. 

6. Networking 

Meskipun kamu bekerja di lokasi impian, pastikan untuk sesekali berkunjung ke co-working space. Sebagaimana yang telah dijelaskan, networking di co-working space memiliki manfaat besar untuk perkembangan karier yang kamu jalani sebagai digital nomad

Di co-working space, kamu punya kesempatan bertemu dengan nomaden digital yang lebih senior dan berpengalaman. Kamu bisa mulai membangun koneksi untuk mendapatkan ilmu terkait memahami apa itu digital nomad secara lebih mendalam dan juga sukses menjalaninya. 

7. Lakukan Review 

Selain melakukan review terkait pekerjaan, kamu juga perlu mengulas pengalaman diri selama menjalani nomaden digital. Dengan minimnya supervisi dari atasan, tentu kamu akan sulit mengetahui mana yang efektif dan tidak. Oleh karena itu, proses ini penting untuk kamu lakukan. 

Dengan melakukan review rutin terkait pengalaman sebagai digital nomad, kamu bisa menemukan elemen kerja mana yang perlu ditingkatkan dan apa yang harus ditinggalkan. Hal ini diperlukan agar kinerja kamu sebagai pengembara digital jadi lebih efisien. 

Mulai Jadi Digital Nomad Sekarang! 

Setelah kamu memahami pengertian dari apa itu digital nomad, kamu pun mengetahui bahwa cukup banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan karier.

Pastikan memahami fundamental pengembara digital terlebih dahulu sebelum 100 persen terjun menjalani profesi tersebut!


Temukan inspirasi lainnya mengenai influencer marketing, social media influencer dan yang lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password