Apa itu CTR? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Pengertian CTR adalah

Zaman yang semakin canggih membuat banyak sekali aktivitas-aktivitas yang seharusnya kamu kerjakan offline menjadi aktivitas online. Salah satunya adalah membeli barang ataupun mempromosikan sesuatu. Nah, untuk kamu yang menjadi pelaku transaksi atau iklan online ini, kamu tentunya harus mengenal tentang digital marketing dan bagaimana tips-tipsnya. CTR adalah salah satu teknik yang sering terpakai dalam dunia digital marketing. Simak penjelasan lengkap dan cara meningkatkannya berikut ini!


Apa Itu CTR?

Pernahkah kamu mendengar teknik CTR? Sebagai salah satu teknik terpopuler yang sering terpakai untuk mensukseskan sebuah marketing atau promosi, teknik ini memang cukup unik. Lalu apa itu CTR? CTR adalah sebuah singkatan dari Click Through Rate yang dalam bahasa Indonesia berarti sebuah teknik yang menghitung seberapa banyak orang yang menekan link promosi yang kamu berikan.

Biasanya, link yang ada dan kamu bubuhkan pada CTR adalah sebuah link yang akan menghubungkan para penonton untuk langsung menuju ke website online shop milikmu. CTR ini akan berfungsi juga pada bagian evaluasi agar menjadi sebuah pertimbangan apakah strategi marketing yang sudah kamu buat berjalan dengan optimal atau tidak.

Ketika para penonton atau calon customer tidak tertarik untuk menekan link yang sudah kamu bubuhkan pada promosimu, artinya kamu akan kesulitan untuk menjangkau para calon customer. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada traffic website pada halaman pencarian. Semakin sedikit total jumlah pengunjung yang mengunjungi website atau toko online mu, maka akan semakin sedikit pula peluangmu untuk menempati tempat teratas pada halaman Google atau halaman pencarian.

Itulah mengapa teknik CTR ini sangat penting untuk dapat kamu optimalkan pada sebuah promosi yang kamu buat. Click Through Rate juga mempengaruhi berbagai macam teknik digital marketing yang ada seperti impression, dsbnya.

Baca Juga:   8 Alternatif Google AdSense untuk Monetize Blogmu

Cara Menghitung CTR?

Sebagai salah satu teknik digital marketing yang sistematis, CTR juga bisa kamu hitung untuk dapat mengetahui apakah teknik CTR mu tersebut sudah optimal. Cara menghitung CTR adalah sebagai berikut :

CTR = Total Jumlah Klik : Total Pencarian x 100%


Bagaimana Cara Meningkatkan CTR?

Nah, setelah mengetahui pengertian dari apa itu CTR dan bagaimana cara menghitung CTR, sekarang kamu bisa meningkatkan teknik CTR mu dengan beberapa tips berikut ini :

1. Cek Keyword CTR yang Paling Populer

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan CTR adalah dengan mengecek keyword yang paling populer yang sesuai dengan topik promosi. Kamu bisa mencarinya pada website-website online dan gratis yang tersedia pada mesin pencarian. Dengan mengecek keyword tersebut, kamu bisa meningkatkan promosi untuk terlihat pada banyak orang.

2. Cek CTR Website Kamu

Website yang dapat kamu pakai untuk pengecekan keyword ini harus tepat pula. Kamu dapat mencarinya pada Google Analytics. Sebagai fitur official dari Google, kamu tentunya bisa memakainya dengan gratis.

Nah, cara memakai Google Analytics untuk mengecek keyword untuk CTR adalah dengan memilih Acquisition lalu pilih tombol Search Console, lalu Quaries. Pada fitur ini, kamu dapat melihat apa-apa saja pertanyaan yang masuk ke dalam website mu. Dan apa-apa saja topik yang para pengunjung tanyakan dan diskusikan tentang website kamu.

Selanjutnya, laporan yang Google Analytics beri juga akan membuatmu mengetahui berbagai macam informasi seperti berapa total jumlah klik, CTR dan impression yang kamu dapat dalam halaman pencarian Google. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa mengetahui apakah strategi CTR yang kamu pakai sesuai.

3. Gunakan Long Tail Keywords

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan selain mengecek keyword dan CTR yang ada pada website mu adalah dengan menggunakan Keyword yang sedikit panjang dan lengkap. Seperti yang kamu ketahui, hal yang paling penting untuk meningkatkan CTR adalah dengan menggunakan keyword. Namun, menggunakan keyword yang lebih lengkap akan semakin mengoptimalkan website kamu.

Baca Juga:   Jenis Jenis Blog dan Contohnya yang Bisa Menginspirasi

Tentunya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam menentukan long tail keyword. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi keyword seperti cara pertama, atau kamu bisa memikirkan sendiri sambungan keyword dari keyword singkat yang sudah kamu tentukan.

4. Tulis Judul yang Mengandung Keyword

Setelah mengetahui keyword yang ingin kamu gunakan, pastikan untuk menulis judul dari artikel atau tulisan promosi kamu dengan keyword tersebut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyisipkan keyword tersebut ke dalam tulisanmu.

5. Tulis Meta Deskripsi yang Jelas dan Efektif

Cara selanjutnya untuk meningkatkan CTR adalah dengan menulis meta deskripsi. Meta deskripsi selain untuk mengoptimalkan CTR juga dapat kamu gunakan untuk meningkatkan SEO dari tulisanmu. Dengan meningkatkan SEO, tulisan kamu akan muncul pada halaman pertama aplikasi pencarian.

6. Menggunakan Teknik Breadcrumbs in SERP

Breadcrumbs adalah sebuah teknik yang dapat mempermudah pengunjung website atau artikel tulisan promosimu. Dengan menggunakan teknik ini, para pengunjungmu dapat menelusuri halaman website yang sebelumnya mereka buka. 

Walaupun tampak sepele, namun menggunakan teknik ini pada website kamu dapat membantumu menaikkan traffic yang kamu punya. Informasi yang ada pada breadcrumbs ini juga akan membantu para pengunjung website mu untuk menilai seberapa relevan artikel promosi yang kamu buat dengan apa yang mereka butuhkan.

7. Gunakan URL Deskriptif

URL Deskriptif untuk CTR adalah sebuah elemen penting yang biasanya ada pada mengoptimalisasi SEO. URL atau alamat link yang ada para artikel, tulisan, atau website ini akan membantumu menarik perhatian dan pengunjung lebih untuk melihat ke websitemu. 

Beberapa penelitian mengatakan membiarkan link url dengan random akan membuat website mu menjadi sedikit tidak professional. Maka dari itu, ubahlah url website atau artikel mu dengan memuat keyword yang kamu pilih.

8. Manfaatkan Fitur Fetch as Google

Cara berikutnya untuk meningkatkan CTR adalah dengan memanfaatkan fitur fetch as Google. Fitur ini akan menunjukkan seperti apa halaman website atau artikel promosi Anda jika terlihat dalam kacamata para pengunjung.

Ketika kamu memakai fitur fetch as Google ini, kamu dapat membuat Google melihat website kamu, termasuk perubahan atau link langsung yang kamu buat.

Baca Juga:   Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah untuk Pemula

9. Tambahkan Gambar yang Sesuai dan Optimal

Penelitian psikologi banyak mengatakan bahwa manusia adalah makhluk hidup visual. Hal ini membuat otak manusia lebih menyukai dan menghapal gambar atau iklan visual dibanding dengan iklan tulisan yang tidak mempunyai gambar sama sekali.

Maka dari itu, untuk membuat para pengunjungmu betah untuk membaca tulisan yang kamu buat, tambahkanlah gambar yang sesuai pada tulisan promosimu. Gambar yang kamu pakai hendaklah menjelaskan secara rinci hal-hal yang positif tentang brand yang kamu punya.

Dengan memasukkan gambar, kamu juga bisa mengajak para pengunjung websitemu untuk dapat mengimajinasikan seberapa besar, banyak, atau berguna barang tersebut untuk kehidupan mereka.

10. Tingkatkan Waktu Memuat Halaman

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa hubungannya waktu loading dengan peningkatan CTR? Hubungan utama antara waktu memuat dengan CTR adalah untuk menarik rasa penasaran para pengunjungmu. 

Bayangkan jika para pengunjung tersebut jadi bosan menunggu website kamu untuk terbuka, mereka tidak akan penasaran lagi tentang apa promo yang kamu buat. Maka dari itu, penting untuk kamu mengatur dan menjaga waktu loading yang website kamu perlukan.

Pastikan bahwa tidak ada masalah pada server atau fitur yang kamu pakai dalam membangun website sehingga website kamu pun dapat berjalan dengan cepat dan semestinya.

11. Pakai Artikel Listicle

Cara selanjutnya untuk meningkatkan CTR adalah dengan memakai artikel listicle. Artikel listicle ini adalah sebuah artikel yang mempunyai penomoran yang jelas. 

Orang-orang akan lebih tertarik untuk membaca artikel listicle karena sifat manusia yang senang untuk mengetahui hal dengan singkat. Tidak perlu menulis terlalu banyak dan memakai bahasa yang bertele-tele. Cukup highlight semua hal yang ingin kamu promosikan dan apa kelebihan brand kamu.

Kesimpulan

Seperti itulah penjelasan singkat tentang apa itu CTR dan bagaimana tips-tips untuk meningkatkan CTR. Terakhir, siapkah kamu untuk memakai teknik Click Through Rate ini pada artikel dan website promosimu? Semoga artikel ini dapat membantu!

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password