Apa itu CPA Marketing? Pengertian, Kelebihan, dan Tips Menjalaninya

apa itu cpa marketing

Mungkin kamu pernah mendengar tentang affiliate marketing,  jika sudah maka seharusnya kamu sudah tidak asing lagi dengan apa itu CPA marketing. Secara mendasar, CPA Marketing merupakan sebuah cara untuk mengharapkan orang lain melakukan sesuatu yang kamu inginkan. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi ketika orang tersebut mau melakukannya.

Apa itu CPA Marketing?

JIka affiliate marketing akan memberikan kamu komisi ketika ada orang yang melakukan transaksi, maka CPA marketing akan memberikan kamu komisi ketika ada orang yang melakukan aksi atau tindakan. Mungkin itu adalah sedikit penjelasan tentang apa itu CPA marketing.

CPA marketing merupakan kependekan dari Cost per Action. Ini adalah sebuah strategi marketing yang mana memungkinkan kamu mendapatkan komisi ketika ada user atau leads yang melakukan sebuah aksi.

Aksi yang dimaksud di sini pun beragam, dari mulai mengisi form, melakukan download, melakukan instalasi, memberikan kontak, atau aksi lainnya. Nantinya, setiap leads tersebut melakukan aksi yang kamu minta, maka kamu akan mendapatkan komisi dari hal tersebut.

Secara cara kerja, CPA marketing ini memang tidak berbeda jauh dengan affiliate marketing, namun yang membedakan adalah kamu tidak perlu berharap orang tersebut melakukan pembelian. Asalkan dia sudah melakukan aksi yang kamu minta, meskipun nantinya orang tersebut tidak jadi melakukan transaksi maka kamu tetap akan mendapatkan komisi.

Nantinya, jika kamu tertarik dengan dunia CPA marketing, maka ada beberapa istilah yang perlu kamu pahami. Beberapa istilah tersebut antara lain:

  • Publisher. Ini adalah orang yang akan mempromosikan sebuah brand, produk, atau layanan tertentu pada website nya. Nantinya, jika kamu tertarik dengan CPA marketing maka kamu akan menjadi publisher ini.
  • Advertiser. Ini merupakan perusahaan atau pemilik bisnis yang akan meminta partnership CPA untuk promosi
  • CPA Network. Ini merupakan platform yang akan menjadi tempat bertemunya publisher dan juga advertiser
  • Affiliate Manager. Ini merupakan orang yang bertugas untuk menjadi pembimbing  bagi publisher.
  • Komisi. Ini merupakan keuntungan yang akan publisher dapatkan hasil dari iklan yang terpasang pada website miliknya
  • Action: tindakan yang user atau leads lakukan. Tindakan ini bisa berupa mengisi form, mendownload, memberikan kontak, dan lainnya.

Kelebihan CPA Marketing

Setelah paham dengan apa itu CPA Marketing, maka kamu juga perlu tahu mengapa cara ini layak kamu coba. Ada banyak kelebihan dari CPA marketing, beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah:

1. Mudah Dijalankan

Salah satu kelebihan dari CPA marketing yang membuatnya memiliki banyak peminat adalah karena sangat mudah untuk kamu jalankan. Untuk bisa menjadi CPA marketing, maka kamu hanya perlu memiliki website lalu mendaftar ke CPA Network.

Nantinya, kamu hanya perlu memikirkan bagaimana cara meningkatkan traffic dari website kamu. Selain itu, jika kamu bingung tentang apa yang perlu kamu lakukan maka kamu akan mendapatkan banyak bimbingan dari para ahli yang ada di CPA Network.

2. Tidak Membutuhkan Banyak Modal

Hal lain yang juga menjadi kelebihan dari apa itu CPA marketing  adalah karena kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Kalaupun membutuhkan modal, maka salah satu yang kamu butuhkan adalah membuat website.

Baca Juga:   Ingin Jadi Social Media Manager? Berikut Cara Dan Skill Yang Dibutuhkan!

Bahkan ketika kamu mendaftar sebagai publisher di CPA Network pun kamu tidak akan dikenakan biaya. Tentunya dengan tidak banyak modal yang kamu perlukan ini merupakan salah satu kelebihan bagi bisnis yang akan kamu jalankan ini.

3. Memiliki Peluang Keuntungan Besar

Kelebihan lain dari CPA marketing juga adalah peluang untung yang sangat besar. Terutama jika website yang kamu punya sudah memiliki banyak pengunjung. Semakin tinggi traffic yang kamu punya maka semakin tinggi juga kemungkinan bayaran yang akan kamu dapatkan.

Besaran keuntungan yang akan kamu dapatkan memang akan tergantung dari aksi apa yang user kamu lakukan. Selain itu, masalah keuntungan ini juga akan tergantung dari kebijakan pembagian komisi dari CPA Network yang kamu pilih.

4. Jam Kerja yang Fleksibel

Ketika menjadi CPA marketing, maka tugas utama kamu adalah memastikan website kamu memiliki traffic yang cukup tinggi. Dan untuk membuat hal ini, maka kamu bisa melakukan banyak hal dengan pengaturan waktu yang kamu atur sendiri.

Ini juga menjadi salah satu kelebihan dari apa itu CPA marketing. Yang mana, kamu akan memiliki banyak waktu. Jam kerja kamu juga akan sangat fleksibel, tergantung bagaimana kamu melakukan pengaturan jam kerja kamu.

5. Terukur

Hal lain yang juga menjadi keuntungan dari melakukan CPA marketing ini adalah karena layanan ini cukup terukur. Dalam hal ini, ketika user melakukan action, maka hal itu lebih bisa terukur dari pada hanya memberikan klik atau impression.

Selain itu, dengan action yang user lakukan juga akan lebih berguna bagi merchant untuk membentuk strategi selanjutnya atau melakukan evaluasi. Hasil dari action ini jauh lebih mudah untuk ditarik kesimpulannya dibanding dengan trik marketing lain.

Matinya, semua action yang user lakukan ini akan menjadi kumpulan data. Dan kumpulan data ini juga jauh lebih berguna untuk melihat berbagai potensi penjualan yang bisa produk tersebut lakukan.

6. Memperbesar Peluang Penjualan

Berkaitan dengan masalah CPA yang lebih terukur, maka hal ini juga akan memberikan banyak keuntungan pada sisi penjualan. Dengan ukuran yang jelas, maka tentu saja hal tersebut juga akan berpengaruh pada peluang penjualan.

Nantinya merchant bisa melihat dengan lebih detail tentang peluan yang mereka miliki. Merchant juga bisa melihat banyak data lainnya berdasarkan action yang user lakukan. Contohnya, jika user melakukan action yaitu mengisi email, maka merchant akan memiliki database tentang email pelanggan potensial yang bisa mereka manfaatkan. Tentunya, cara ini juga akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan mail marketing.

7. Efisien

Keunggulan lainnya dari apa itu CPA marketing juga hasilnya yang cukup efisien. Dalam dunia marketing, berapa besar biaya yang diperlukan mungkin tidak menjadi masalah, asalkan hasil yang didapatkan sebanding dengan biaya tersebut. Inilah yang dimaksud dengan efisien pad CPA marketing.

Selain itu, karena tujuannya adalah mendatangkan aksi maka nantinya hasilnya juga akan lebih untuk dikembangkan. Sebagai contoh, jika tujuan CPA marketing ini adalah mengisi form kontak, maka nantinya merchant akan memiliki data tentang siapa saja yang berpotensi menggunakan produk atau layanan dari mereka.


Tips Sukses Melakukan CPA Marketing

Setelah paham dengan apa itu CPA marketing, maka mungkin kamu juga sudah mulai tertarik untuk melakukan hal ini. Perlu persiapan dan juga strategi agar kamu bisa melakukan hal ini dan menghasilkan sesuatu yang baik.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa sukses dan mendapatkan keuntungan dari CPA Marketing. Tips sukses tersebut antara lain:

Baca Juga:   Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer

1. Pilih CPA Network yang Tepat

Untuk kamu yang bingung apa itu CPA Network, maka secara singkat CPA Network merupakan orang yang akan menghubungkan kamu dengan pemilik bisnis. Dalam CPA marketing, maka kamu akan mempromosikan sebuah layanan atau produk milik orang lain. Dan tugas dari CPA network adalah menemukan produk atau layanan tersebut untuk kamu.

Saat ini, Ada banyak CPA Network  yang menawarkan jasanya. Untuk itulah kamu perlu pintar memilih mana CPA network yang kira-kira sesuai dan menguntungkan untuk kamu. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan memilih CPA Network. Beberapa hal tersebut antara lain:

Kebijakan Pembayaran Komisi. Ini akan berkaitan dengan berapa yang kamu dapatkan untuk setiap aksi yang berhasil user kamu lakukan.

Reputasi. Ini akan berkatian dengan berapa banyak proyek yang mereka miliki dan berapa banyak yang akan kamu dapatkan. Semakin baik reputasi dari CPA Network yang kamu pilih maka akan semakin banyak juga proyek yang mereka miliki. Dan tentu ini akan baik untuk kamu.

Syarat Pendaftaran. Bagi kamu yang pemula maka hal ini  menjadi cukup penting. Hal ini karena ada beberapa CPA Network  yang tidak menerima pemula. Selain itu, beberapa CPA Network juga memiliki kelebihan tersendiri untuk menerima anggota baru.

2. Mempunyai Website

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan jika ingin CPA marketing kamu sukses adalah dengan mempunyai website. Bahkan beberapa CPA Network juga mengharuskan anggotanya untuk memiliki website. Website memang memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga mungkin saja bisa mendapatkan banyak action dari user atau leads.

Untuk kamu yang belum punya website, maka kamu juga bisa membuatnya terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan jasa pembuatan website. Bahkan kamu bisa membuat website sekaligus menyewa hosting. Atau kamu juga bisa membuat website dengan menggunakan CMS yang ada seperti WordPress contohnya.

3. Tingkatkan Traffic Website

Tidak cukup hanya dengan memiliki website maka kamu juga perlu untuk memiliki banyak traffic. Seperti sudah dijelaskan jika website memang memiliki jangkauan yang luas, sehingga bisa lebih banyak mendapatkan banyak orang. Inilah mengapa traffic menjadi penting.

Ketika website kamu memiliki banyak traffic, maka itu artinya ada banyak orang yang mungkin bisa melakukan aksi yang kamu minta. Dengan semakin tingginya traffic juga berarti ada banyak orang yang melihat materi marketing yang kamu punya.

Untuk bisa meningkatkan traffic website sendiri ada beberapa cara. Konten yang berkualitas dan optimalisasi SEO merupakan salah satu kuncinya. Dengan melakukan hal ini, maka website kamu bisa berada pada posisi yang baik di mesin pencari. Hal ini tentunya akan sangat baik karena website kamu akan lebih mudah untuk orang temrukan.


Memilih CPA Networks yang Tepat

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika salah satu tips agar kamu bisa untung dari CPA marketing ini adalah dengan memilih CPA Networks yang tepat. CPA Network sendiri merupakan tempat yang akan mempertemukan kamu sebagai publisher atau orang yang menyediakan tempat untuk beriklan dengan mereka yang membutuhkan tempat untuk beriklan atau advertiser.

Memilih CPA Networks sama dengan memilih tempat untuk bekerja. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah masalah reputasi. Semakin baik reputasi yang mereka punya, maka mungkin akan semakin banyak proyek yang mereka miliki. Selain itu, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah komisi. Kamu tentu perlu melihat apakah pembagian komisi sudah sesuai dengan apa yang kamu harapkan atau belum.

Baca Juga:   Mengenal Mega Influencer serta Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut adalah beberapa contoh CPA Networks terbaik yang bisa kamu pilih:

1. Peerfly

Salah satu CPA Network terbaik yang ada adalah Peerfly. Ini merupakan salah satu CPA yang memiliki pertumbuhan terbaik di dunia. Bahkan anggota dari network ini sudah tersebar di hampir 165 negara. Salah satu keunggulan dari CPA Network ini adalah cocok untuk pemula.

Selain itu, dengan reputasi yang dimilikinya, maka CPA Network ini juga memiliki banyak sekali advertiser dari brand-brand yang sudah sangat terkenal. beberapa brand yang juga bekerja sama dengan CPA Network ini seperti Uber atau Agoda.

2. Maxbounty

Contoh lain dari CPA Network yang juga bisa kamu pilih adalah Maxbounty. Ini juga termasuk salah satu CPA Network yang sudah sangat populer. Salah satu alasannya adalah karena pembagian komisinya yang cukup besar. Maxbounty juga merupakan CPA Network yang melakukan pembagian secara mingguan.

Beberapa contoh klien yang ada pada Maxbounty adalah Microsoft, Shutterstock, Apple dan lainnya. Dengan nama besar brand tersebut, maka sudah tidak heran jika keuntungan komisi yang bisa kamu dapatkan juga cukup banyak.

3. ClickDealer

Untuk kamu yang pemula maka salah satu CPA Network yang bisa menjadi pilihan kamu adalah ClickDealer. Selain banyaknya brand terkenal yang bekerja sama, CPA Network ini juga memiliki affiliate manager yang cukup hebat dan bisa kamu andalkan.

4. Globalwide Media

Globalwide Media merupakan salah satu CPA Network yang cukup besar dan bisa kamu pilih. Salah satu keunggulan dari CPA Network ini adalah banyaknya pilihan produk yang bisa kamu pilih untuk iklankan. Dari mulai kesehatan, telekomunikasi, entertainment, E-commerce, dan lainnya.

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari CPA Network ini adalah adanya tool analytic dan juga pengukuran. Tools ini akan membantu kamu dalam membantu melihat performa iklan yang kamu buat.

5. Clickbooth

Pilihan lain untuk CPA Network yang juga bisa menjadi pilihan kamu adalah Clickbooth. Ini merupakan CPA Network yang sudah sangat berpengalaman. Ada banyak advertiser yang bekerja sama dengan CPA Network ini. 

Dengan banyaknya advertiser di tempat ini, maka akan memperbesar kemungkinan kamu untuk mendapat banyak komisi. Ini juga merupakan contoh CPA Network yang cocok untuk pemula.


Tertarik dengan CPA Marketing?

Setelah paham dengan apa itu CPA marketing, mungkin ini bisa menjadi salah satu cara kamu untuk menghasilkan uang. Hanya dengan modal memiliki website, maka kamu sudah bisa menjadi CPA marketing. Nantinya, kamu hanya tinggal menaikan jumlah traffic yang kamu punya. Karena semakin banyak traffic yang kamu punya maka semakin banyak juga orang yang mungkin akan melakukan aksi yang kamu minta.

CPA marketing juga merupakan salah satu cara marketing paling efektif dan efisien. Bahkan dengan biaya yang relatif kecil, namun mampu mendapatkan hasil yang cukup besar. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai mencoba menjadi CPA marketing, karena jam kerja yang fleksibel maka kamu juga bisa melakukan tugas ini dengan lebih santai.

Pilihan menjadi CPA marketing juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki banyak waktu luang. Kamu hanya tinggal membuat konten dan menaikan traffic pada website kamu. Semakin banyak jumlah pengunjung maka semakin banyak kemungkinan pengunjung kamu melakukan aksi yang kamu minta.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, berita influencer, hingga influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password