Apa Itu CMS Website: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

apa itu cms website

Mengelola website membutuhkan keahlian coding yang menakjubkan. Namun tidak semua orang memiliki keahlian tersebut. Di masa ini, teknologi selalu memberi kemudahan. Salah satunya adalah memanfaatkan perangkat lunak untuk mengelola website. Perangkat lunak tersebut disebut CMS. Sebenarnya apa itu CMS website?

Tanpa coding, CMS dari website dapat membantu pengguna maupun pemilik website dalam membangunnya. Tidak hanya itu, CMS juga bermanfaat untuk mengelola dan mengunggah postingan di dalam website dengan mudah. 

Jadi, apa itu CMS website? Apa saja manfaat yang diberikan? Dan apa saja contohnya? Berikut adalah penjelasan lengkap dari CMS website. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


Apa Itu CMS Website?

CMS atau content management system adalah sebuah perangkat lunak yang memberikan manfaat kemudahan untuk membuat dan mengelola website bagi para penggunanya. Umumnya, CMS untuk media kanal ini akan memberikan kuasa kepada pengguna dalam penggunaan User Interface.

User Interface atau UI merupakan antarmuka yang memberikan wewenang kepada pemilik untuk mengatur tampilan, fitur, dan isi website secara cuma-cuma. Dengan CMS, kamu akan memiliki kuasa lebih dalam mengatur website dengan mudah. Bahkan tanpa memiliki keahlian dalam menggunakan coding, website pun aman. 

Beberapa menu yang akan kamu dapatkan dalam menggunakan CMS website adalah mengelola halaman, mengunggah gambar, mengatur tampilan website, menambahkan fitur, dan mengelola antarmuka (UI).


Jenis CMS Website

Dalam menggunakan content management system, kamu harus tahu jenis mana yang akan kamu gunakan. Ada dua macam jenis CMS website, mereka adalah hosted CMS dan self-hosted CMS. Apa itu hosted dan self-hosted CMS?

Untuk jenis yang pertama, hosted CMS merupakan content management system yang dapat kamu gunakan tanpa melakukan instalasi. Berbeda dengan hosted CMS. jenis yang kedua mewajibkan penganutnya untuk melakukan instalasi. Biasanya, instalasi khusus self-hosted CMS akan langsung terhubung pada hosting.

Apabila kamu merasa kesusahan dalam menggunakan self-hosted CMS sebab mewajibkan instalasi, kamu dapat menggunakan jasa penyedia hosting. Layanan tersebut akan memberikan tutorial cara untuk menginstall CMS ke website milikmu.


Fungsi CMS Website

Manfaat utama yang akan kamu dapatkan dalam menggunakan CMS adalah kemudahan dalam mengelola apa yang akan kamu unggah. Termasuk konten dan gambar yang harus ada dalam website milikmu. 

Namun tidak hanya itu, CMS memiliki banyak fungsi lain yang dapat menguntungkan. Apa itu fungsi CMS website yang bisa kamu dapatkan? Berikut adalah fungsi-fungsinya.

1. Mempermudah Proses Pembuatan Website Tanpa Coding 

Coding adalah sebuah bahasa pemrograman yang berguna untuk pembuatan website dan aplikasi. Namun coding bukanlah sebuah pengetahuan yang mudah untuk kamu pahami sebab memerlukan pemahaman yang mendalam dalam periode yang lama. 

Inilah fungsi CMS yang pertama dan sungguh layak untuk digunakan bagi banyak pengguna website. CMS membantu pengguna untuk membangun website tanpa menggunakan bahasa pemrograman. 

Bagi kamu yang terhalang biaya untuk menggunakan jasa developer dalam pengembangan website, CMS adalah pilihan yang tepat. Dengan otodidak dan usaha lebih dalam memahami CMS, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengelola website yang kamu miliki. Terutama dalam mengelola peraturan website. 

Baca Juga:   Apa itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Memberi Kemudahan dalam Penataan Tampilan 

Membuat tampilan website menjadi cantik dan nyaman dilihat para pengguna akan membutuhkan banyak usaha. Terutama apabila kamu tidak memiliki ilmu yang berhubungan dengan pengelolaan website. Namun, CMS memiliki fungsi untuk membantu dalam mengkostumisasi tampilan situs web. 

Fungsi kedua dalam menggunakan CMS adalah layanan untuk mengganti tema tampilan situs web. Beberapa CMS website memiliki pilihan yang tidak terlalu banyak, namun yang lain justru memiliki ribuan pilihan tema yang dapat kamu gunakan. Baiknya lagi, mengubah tema website dapat kamu lakukan secara instan. 

Beberapa fungsi kustomisasi tampilan lain yang dapat kamu ubah meliputi warna teks, urutan menu dashboard, hingga background website. Sebagai tambahan, beberapa tema yang CMS website sediakan dapat kamu gunakan secara gratis. Namun kamu juga dapat membeli tema melalui perantara ketiga yaitu marketplace.

3. Menambah Fungsi Plugin 

Biasanya, dalam menginstall content management system, perangkat lunak ini sudah siap kamu gunakan dalam website. Dengan fitur lengkap yang khusus dan dapat kamu gunakan dalam mengelola website, kamu bisa menggunakannya untuk mengkostumisasi tampilan. Terutama untuk website yang biasa.

Namun CMS situs web biasa akan kurang baik digunakan dalam situs web khusus seperti situs web untuk bisnis dan website kursus online. Maka dari itu, kamu harus menginstall plugin. Beruntungnya, mengaplikasikan plugin dengan CMS itu mudah. 

Untuk menginstall plugin dengan CMS, kamu perlu melakukan dua langkah. Yaitu instalasi dan aktivasi plugin dalam website. Apabila telah berhasil, maka kamu sudah memiliki akses untuk pengelolaan website khusus. Seperti menambahkan elemen yang kamu butuhkan. Mulai dari formulir hingga informasi berupa pop up. 

4. Membantu Membuat Website Lebih Aman

Membuat website dengan cara coding akan lebih berisiko, sebab satu kesalahan dalam coding akan membuat keseluruhan website error. Ketika itu pula website tidak akan bisa kamu gunakan. Namun dengan menggunakan CMS, situs web milikmu pasti lebih aman.

Hal ini karena setiap kode yang CMS gunakan dalam pengelolaan website telah melalui uji coba. Sehingga setiap kesalahan yang muncul dapat segera teratasi dengan baik. Bahkan ketika adanya kesalahan sehingga situs web mudah diretas, pihak pengembang dari CMS akan segera mengatasi masalah tersebut.

Kamu hanya perlu menghubungi pihak pengembang CMS dan melakukan pembaruan atau update di website milikmu. Lebih baiknya lagi, beberapa pemberi layanan hosting CMS bahkan memberikan fitur update otomatis ketika masalah sudah selesai teratasi. 

5. Memberi Peran Untuk Mengakses Situs Web

Dalam mengelola website, akan ada banyak pengurus utama yang melakukan pembaruan. Terutama dalam hal konten yang terbagi menjadi tulisan atau artikel, gambar, hingga video.

Sebagai pemilik website, kamu harus mengatur siapa saja yang dapat mengakses website. Sebab apabila kamu tidak menerapkan aturan dan siapa saja yang mendapat akses, maka pengaturan dan pengelolaan akan berantakan. Padahal website adalah media dan kanal yang cukup vital. Terutama dalam bisnis tertentu.

Fungsi kelima dari content management system adalah membantu untuk menentukan peran apa saja yang dapat mengakses website. Pengaturan hak dalam mengelola website akan diperlukan, utamanya oleh tim inti. 

Saat memberi hak akses, kamu dapat menentukan peran bagi para anggota yang berhak mengakses website. Beberapa contoh peran dalam pengelolaan website meliputi editor, author, dan kontributor. 

Baca Juga:   Rekomendasi Tools Riset Keyword Gratis, Mudah Digunakan!

6. Membuat Website Lebih Ramah dalam Mesin Pencarian

Memiliki website yang ramah dalam mesin pencarian adalah sebuah wishlist yang harus tercapai. Terutama apabila website tersebut digunakan untuk keperluan berjualan atau bisnis. Dengan menggunakan CMS, situs web milikmu bisa lebih ramah dalam mesin pencarian.

Hal ini disebabkan oleh kode CMS yang rapi dan mudahnya penerapan SEO melalui berbagai macam plugin CMS. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah metode yang berguna untuk menaikkan engagement artikel dalam website. 

Agar website milikmu muncul dalam mesin pencarian, pastikan untuk menginstall plugin SEO dan perhatikan artikel yang akan kamu unggah. Sebab apabila artikel dan konten yang kamu unggah belum memenuhi ketentuan untuk SEO-friendly, maka websitemu akan memiliki kesulitan tersendiri untuk masuk mesin pencarian. 

7. Memberi Kemudahan dalam Pengelolaan Website

Fungsi terakhir yang CMS berikan dalam website adalah kemudahan untuk mengelola website. CMS adalah manajemen konten yang memiliki kelebihan dalam mengelola kategori dan tag sebagai pilihan untuk mengelola halaman dan unggahan dalam sebuah website. 

Manajemen konten seperti CMS tidak akan kamu dapatkan apabila dasar membuat website yang kamu gunakan adalah coding. Sebab coding memerlukan database untuk unggahan dan gambar yang terunggah di website. Namun CMS dengan daya tariknya justru memberi yang sebaliknya.

Ia juga memiliki fitur perpustakaan media untuk menyimpan dan mengelola setiap gambar yang kamu unggah. Ia juga memiliki fitur embed yang berguna untuk menampilkan media tertentu dari media sosial. Sebuah fitur yang tidak akan kamu dapatkan saat menggunakan website dengan coding.


Contoh CMS Website Terbaik

Selagi ada perangkat lunak yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola website, coding pun tidak harus kamu pelajari. Content management system adalah perangkat lunak terbaik yang dapat membantumu dalam membangun website dari nol. 

Namun sebelum menggunakan perangkat lunak satu ini, ada baiknya apabila kamu mengetahui CMS website mana saja yang bisa memberi fitur terbaiknya. Apa saja CMS terbaik saat ini? Berikut adalah contoh-contoh CMS website dengan fitur terbaik. 

1. WordPress: CMS Terkenal di Dunia

Siapa sih yang tidak kenal dengan WordPress? Ia adalah sebuah website yang banyak digunakan dan saat ini tidak ada yang dapat menandingi WordPress dalam hal CMS. Dalam hal CMS, WordPress sudah digunakan sebanyak lebih dari 40 persen di dunia, termasuk oleh website-website terkenal di Amerika. 

Kelebihan utama dari CMS WordPress adalah penerapan dan penggunaannya yang mudah. Dengan banyaknya pengguna website satu ini, kamu bisa mencari tutorial penggunaan CMS WordPress dengan mudah di internet. 

Baiknya lagi, WordPress memiliki prinsip dimana pengguna bisa melihat apa yang mereka inginkan. Sehingga kamu dapat melihat langsung tampilan website yang sudah kamu kustomisasi secara instan sebelum melakukan publikasi.

Kelebihan kedua adalah layanan dan penyediaan ribuan tema website dan plugin yang gratis bagi para pengguna WordPress. Ia adalah sebuah website serbaguna dengan CMS mudah yang dapat kamu gunakan untuk segala keperluan website. 

2. Drupal: CMS Stabil Meski Banyak Pengunjung

Bagi kamu yang membutuhkan CMS website yang stabil dan tidak error saat memiliki banyak pengunjung, Drupal adalah CMS website yang bisa kamu andalkan. Ia memiliki lebih dari 40 ribu plugin yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah fitur dengan mudah. 

Menggunakan Drupal untuk CMS akan sangat berguna, terutama untuk website khusus yang memiliki banyak fitur. Ia juga memiliki ribuan tema dan kestabilan website yang tiada duanya. Semakin banyak pengunjung, semakin stabil website yang kamu miliki.

Baca Juga:   Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui

NASA adalah salah satu contoh pengguna Drupal yang dapat mengatasi maraknya pengunjung website. Menariknya lagi, Drupal bukanlah tujuan utama dalam serangan cyber sebab penggunanya tidak terlalu banyak seperti jenis yang sebelumnya. 

3. Joomla: CMS Multi Bahasa

Contoh CMS website yang ketiga merupakan andalan bagi mereka yang memiliki bisnis ritel global dengan target pasar yang luas. Apa nama CMS website satu ini?

Ia adalah Joomla yang memiliki satu fitur paling berbeda dengan dua jenis yang sebelumnya. Joomla memiliki kelebihan multi bahasa yang dapat kamu gunakan secara langsung tanpa melakukan instalasi plugin terlebih dahulu. Ia ramai digunakan oleh banyak organisasi internasional dan bisnis ritel dengan target global.

Kelebihan lain yang Joomla berikan kepada penggunanya adalah fitur Gzip compression. Ia adalah fitur yang dapat menambah kecepatan muat dalam mengakses website dengan cara mengurangi ukuran file di dalam website. Baiknya lagi, fitur kedua ini akan berlaku secara instan 

Satu lagi kelebihan Joomla adalah kemampuan untuk membedakan template website pada setiap halaman. Dengan CMS yang disediakan oleh Joomla, kamu dapat membuat website dengan tampilan yang unik dan beda dari yang lain. 

4. Magento: CMS Khusus E-Commerce

CMS website terbaik yang keempat khusus dan sangat berguna bagi kamu yang memiliki bisnis. Ia adalah Magento yang ahli dalam memberikan fitur e-commerce. Fitur utamanya akan sesuai bagi kamu yang memiliki toko online dan ingin mencari target pasar yang lebih luas. 

Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh CMS Magento meliputi pengelolaan produk, pengelolaan harga, dan hasil rapor yang diberikan secara teratur. Rapor tersebut meliputi akun yang terdaftar, jumlah pesanan yang masuk, pembayaran, dan insight lain yang berguna untuk bisnis milikmu.

Kelebihan lain yang membuat Magento terkenal dan berguna dalam bisnis adalah multibahasa dan multi mata uang. Yang berarti kamu dapat menargetkan pasar lebih luas lagi dengan menggunakan fitur bahasa yang beragam dan mata uang yang memiliki banyak pilihan. 

Magento juga dapat memberi layanan optimasi dalam mengakses website. Apabila pengguna membutuhkan waktu lama dalam mengakses website, maka Magento dapat meminimalisir lamanya waktu tersebut. 

5. Blogger: CMS Tanpa Layanan Hosting

CMS dari website terakhir yang dapat kamu gunakan adalah Blogger. Website satu ini sangat mudah digunakan sebab ia hanya membutuhkan akun Google tanpa perlu layanan hosting. Kelebihan utama yang Blogger tawarkan adalah kemudahan dalam pengaturan dan penggunaan website.

Karena Blogger melakukan afiliasi dengan Google, maka kamu tidak perlu khawatir dengan kecepatan dan keamanan yang ditawarkan. Namun kamu tidak akan memiliki banyak pilihan dalam kustomisasi tema tampilan.

Kendati demikian, Blogger akan memberi kemudahan lebih sebab ia dapat terintegrasi dengan layanan-layanan milik Google. Layanan tersebut meliputi Google Search Console dan Google Analytics. 

Yuk, Gunakan CMS Agar Mudah Mengelola Website!

Content management system adalah perangkat lunak yang akan sangat berguna dalam mengelola website. Apapun bentuk dan jenis website yang akan kamu gunakan, kamu harus menggunakan perangkat yang dapat membantumu mengelolanya. 

CMS dapat memberimu banyak fitur yang beragam, terutama dalam hal plugin. Ada banyak pilihan CMS website terbaik dan unggul di bidang masing-masing. 

Demi website yang aman dan ramah dalam mesin pencarian, gunakan CMS agar website milikmu lebih estetik dengan segala fitur yang kamu tawarkan. Jadi, CMS website mana yang akan kamu gunakan?


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password