Apa Itu Brand Ambassador? Tugas, Manfaat, dan Cara Pilih Brand Ambassador

Apa itu brand ambassador

Apa Itu Brand Ambassador? – Oleh karena ramainya penghuni media sosial, banyak pegiat bisnis juga ikut memanfaatkan platform tersebut untuk ajang pemasaran produk. Hal ini tentu akan menimbulkan berbagai macam persaingan dalam rangka mengambil hati audiens agar mau mengambil tindakan selanjutnya.

Maka dari itu, suatu bisnis perlu menetapkan strategi jitu agar bisa unggul dalam pasar atau bisa menggaet banyak sasaran. Salah satunya adalah dengan mengundang brand ambassador untuk mendorong penjualan. 

Namun sebelum itu apakah kamu sudah tahu mengenai apa itu brand ambassador, tugas, serta manfaatnya? Kali ini, kamu akan segera tahu jawabannya setelah membaca penjelasan berikut.

Apa Itu Brand Ambassador?

Secara arti terjemahan, brand ambassador (BA) adalah duta merek. Profesi ini punya peran yang sangat besar dibalik kesuksesan sebuah brand produk atau jasa. Banyak bisnis yang mulai menggunakan figur penting ini untuk mendongkrak hasil penjualan dan menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran.

Sejak dulu, teknik pemasaran dari mulut ke mulut telah banyak membantu pemasaran produk suatu perusahaan dan cenderung lebih bersifat persuasif dan personal.

Semakin majunya zaman, kini teknik pemasaran juga semakin beragam, menarik, dan kompetitif. Teknik marketing dari mulut ke mulut pun juga ikut memiliki bentuk modifikasi baru yakni dengan brand ambassador.

apa itu brand ambassador? brand ambassador  adalah orang yang melakukan promosi suatu brand dan produk kepada jaringan mereka dalam rangka meningkatkan brand awareness dan penjualan suatu usaha.

Ada lagi pengertian duta merek ini oleh pendapat yang lain. Menurut ulasan dalam Referral Rock, pengertian apa itu brand ambassador adalah orang yang cinta dengan suatu produk dan loyal menggunakan berbagai produknya. Hal ini karena ia ingin produk tersebut bisa sukses sampai seterusnya.

Baca Juga:   Viral Marketing: Pengertian dan Strategi Melakukannya

Untuk pengertian duta merek yang kedua ini, maka suatu perusahaan tentu akan sangat diuntungkan. Selama mereka masih loyal sebagai pengguna setia produk tertentu maka ia juga akan sering memberikan rekomendasi produk tersebut kepada siapapun yang dapat mereka jangkau.

Baca juga: Apa itu Key Opinion Leader (KOL) dan Perbedaannya dengan Influencer?


Apa Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador?

Jika perusahaan sudah memiliki seorang duta merek tertentu, maka seorang BA telah bersedia menjadi ‘sampul’ suatu brand sampai masa kerjanya usai. Jadi, mereka akan terus melakukan promosi suatu produk sampai dengan waktu tertentu.

Siapa saja biasanya orang-orang yang dipercaya oleh suatu perusahaan untuk menjadi seorang apa itu brand ambassador? Mereka adalah orang-orang terkenal atau orang yang punya pengaruh dalam bidang profesi yang relevan dengan jenis produk perusahaan. Contohnya aktor, publik figure dan lain sebagainya.

Sebagai seorang duta merek, mereka juga perlu bisa menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan brand tersebut. Untuk itu, berikut adalah macam-macam tugas dan tanggung jawab dari duta merek.

1. Paham Visi dan Misi Perusahaan

Tujuan dari BA yang utama adalah sebagai salah satu upaya dalam strategi pemasaran sekaligus branding suatu produk. Brand ambassador merupakan bentuk modifikasi lanjutan dari teknik pemasaran word-to-mouth. Jadi harus selaras dengan visi dan misi perusahaan.

Sebagai seorang BA, tentu perlu paham dengan visi misi perusahaan brand tertentu agar kegiatan promosinya akan lebih tepat sasaran. Jika pemasarannya sudah sesuai dengan visi misi perusahaan, maka goals nya akan lebih mudah terwujud.

2. Menjadi Duta Brand Secara Positif

Apa itu brand ambassador yang baik? BA yang baik adalah mereka yang bisa menjadi duta yang positif. Maksudnya mereka harus mampu mewakili nama brand nya secara positif dan hati-hati. Tentu hal ini akan berkaitan dengan citra seorang duta merek dan brand perusahaan.

Hal ini nantinya akan membentuk dan menggiring opini positif dari banyak orang khususnya mereka yang ada di jaringannya ketika melihat brand yang diwakilinya. Dapat dikatakan menjadi seorang duta merek bukanlah hal mudah. Bahkan kontrak kerjanya pun berlangsung cukup lama.

3. Ikut Terlibat dalam Produksi Konten

Sebagai wajah dari suatu brand, maka peran duta merek juga akan ada dalam beberapa konten pemasaran di perusahaan tersebut. Agar duta merek dapat memerankan tugasnya dengan efektif, maka ia perlu terlibat dalam proses penyusunan konten.

Baca Juga:   Apa Itu ROI? Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menghitungnya

Contohnya adalah penyusunan artikel untuk blog, pembuatan konten video, aktivitas review, penyusunan caption suatu post, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang duta merek juga akan bekerja sama dengan bagian sales & marketing perusahaan untuk menyusun strategi campaign.

4. Terlibat Aktif dalam Event Marketing

Sejak semula, kita sudah paham bahwa tugas dari apa itu brand ambassador yang utama adalah untuk membantu promosi atau aktivitas pemasaran untuk suatu brand perusahaan. Salah satu contoh nyatanya adalah ikut terlibat dalam kegiatan event marketing kepada jaringan yang dimilikinya.

Salah satu cara yang dapat seorang BA lakukan ketika hendak membagikan informasi event di perusahaan tersebut adalah dengan media sosial. Hal ini karena tugas lain dari seorang duta merek adalah bersedia untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu di sosial media masing-masing.

Baca juga: Apa Itu Endorse Beserta Tipe dan Manfaatnya


Manfaat Menggunakan Brand Ambassador

Apa manfaat perusahaan jika memiliki brand ambassador? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga Reputasi

Ketika brand kamu memiliki duta merek yang seorang public figure ternama, maka kepopulerannya juga akan menular ke reputasi perusahaan. Hal ini tentu akan baik untuk nama perusahaan kamu, karena seorang BA tersebut punya banyak orang yang kagum dengannya.

2. Brand Kamu akan Lebih Dikenal oleh Masyarakat

Manfaat dari apa itu brand ambassador selanjutnya adalah dapat mendekatkan brand dengan customer. Hal ini karena pada dasarnya seorang duta merek adalah jembatan antara brand dan masyarakat luas.

Bahkan masyarakat akan lebih tergiur dan percaya dengan apapun yang dikatakan brand ambassador daripada oleh iklan-iklan biasa. Dari sini kita jadi tahu bahwa memiliki BA akan membawa banyak keuntungan bisnis kamu.

3. Mengubah Persepsi Brand di Mata Masyarakat

Perusahaan yang memiliki duta merek, akan mengubah persepsi brand perusahaan di mata masyarakat. Jika ingin brand kamu dipandang baik oleh masyarakat, pemilihan brand ambassador yang tepat dan efektif sangat perlu kamu lakukan.

Baca juga: Sistem Promosi Endorse dan Paid Promote, Manakah yang Lebih Efektif?


Bagaimana Cara Memilih Brand Ambassador yang Tepat?

Demi citra dan reputasi positif dari brand perusahaan, tentu tak boleh sembarangan dalam memilih apa itu brand ambassador. Berikut adalah cara memilih duta merek dengan tepat agar produk kamu lebih banyak dikenal dan banjir orderan.

Baca Juga:   Mengenal Nano Influencer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Pilih Figur Sesuai dengan Karakter Brand 

Jika bidang usaha kamu adalah produk fesyen, maka pilihlah figur yang telah banyak dikenal memiliki selera fashion tinggi atau yang berprofesi sebagai model. Citra seorang figur akan membawa pengaruh besar terhadap citra brand produk kamu. 

2. Pilih yang Cerdas dan Profesional

Brand ambassador adalah wajah perusahaan dalam hal pemasaran. Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih duta merek yang dikenal cerdas oleh masyarakat luas. Alasannya sederhana karena di mata masyarakat orang-orang cerdas tentu tidak akan sembarangan dalam memilih brand untuk keperluan.

Cara pikir ini tentu akan tertanam di benak masyarakat dan mempengaruhi persepsi mereka terhadap brand kamu. Masyarakat akan menganggap brand tersebut berkualitas karena sudah direkomendasikan oleh orang cerdas.

3. Pilih yang Rendah Hati

Seorang figur yang banyak disegani masyarakat rata-rata adalah orang yang memiliki karakter ramah dan rendah hati. Begitu pula dengan penggunaan brand ambassador bagi strategi pemasaran produk.

Pembawaan BA terhadap pemasaran produk yang tepat akan berpengaruh pada persentase diterimanya brand dalam masyarakat. Oleh karena itu, kerendahan hati dari duta merek sangatlah penting dalam membangun hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat.

Baca juga: Cara Melakukan Brief yang Benar untuk Influencer


Contoh Brand Ambassador di Indonesia

Berikut adalah contoh figur yang sedang menjadi brand ambassador suatu produk.

  • Cinta Laura, untuk produk kosmetik dan lokapasar
  • Agnes Monica, untuk beberapa produk suplemen, obat-obatan, dan shampo
  • Chef Arnold Poernomo, untuk beberapa produk yang berhubungan dengan dapur
  • Arya Saloka, seorang aktor populer ini juga sering kamu jumpai membintangi beberapa iklan, mulai dari produk makanan ringan, lokapasar, obat-obatan, dan lain-lain
  • Maudy Ayunda, untuk beberapa brand dalam produk kecantikan

Sudahkah Kamu Tahu Tentang Apa Itu Brand Ambassador?

Jika brand kamu ingin dikenal baik oleh masyarakat, maka pilihlah brand ambassador yang sesuai dengan karakter brand, reputasi dan rekam jejak figurnya. Pemilihan duta merek yang efektif akan berpengaruh positif untuk citra, pemasaran, dan hasil penjualan perusahaan.

Baca juga: Berapa Penghasilan Influencer Berdasarkan Jenisnya?


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password