Apa itu Affiliate dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

Apa itu affiliate dan sistem kerjanya

Salah satu cara mendapatkan uang saat ini adalah dengan menjadi affiliate marketing. Sebagian orang mungkin masih bertanya apa itu affiliate marketing? Untuk kamu yang sudah sering melakukan bisnis online, mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah affiliate marketing. Berikut adalah penjelasan tentang apa itu affiliate dan bagaimana sistem kerja affiliate


Apa itu Affiliate?

 Untuk kamu yang bertanya apa itu affiliate marketing? Maka secara singkat affiliate adalah cara berbisnis dengan membayar orang lain untuk menjual produk yang kamu punya. Sistem kerja affiliate adalah kamu akan menjual barang milik orang lain. Dan jika ada orang yang tertarik dengan barang tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi.

Pengertian dari apa itu affiliate ini memang menunjukan jika sistem kerja affiliate ini benar-benar menggunakan sistem online. Sistem ini cocok untuk kamu yang memiliki bakat berdagang tapi bingung mau menjual apa dan tidak mau membuat stok barang di tempat kamu.


Sistem Kerja Affiliate 

Setelah mendengar pengertian dari apa itu affiliate, mungkin kamu masih bingung dengan bagaimana sistem kerja affiliate ini. Berikut adalah penjelasan tentang sistem kerja affiliate untuk kamu yang tertarik mencobanya:

1. Daftar ke Program Affiliate Marketing

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan menjadi affiliate marketer adalah mendaftar ke program affiliate marketing yang ada pada situs penjual atau affiliate network. Affiliate network sendiri merupakan pihak ketiga yang menawarkan jasa untuk menjadi affiliate ke berbagai merchant.

Nantinya saat mendaftar, kamu akan memilih merchant apa yang sekiranya cocok untuk kamu jual. Dan setelah menentukan hal tersebut maka kamu akan mendapatkan link referal dari merchant tersebut. Nantinya link inilah yang akan menunjukan akun mana yang menjadi referensi dari pembeli.

Contohnya, setelah mendaftar kamu akan mendapatkan link. Lalu link tersebut kamu taruh di media sosial yang kamu punya. Setelah itu, ada orang yang melihat lalu dia mengklik link tersebut dan membeli produk tersebut. Maka merchant penjual akan melihat jika pembeli tersebut datang karena referensi dari akun kamu.

2. Sebarkan Link yang Kamu Punya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika ketika kamu mendaftar menjadi affiliate marketing maka kamu akan mendapatkan link referal. Maka yang perlu kamu lakukan adalah menyebarkan link tersebut ke banyak tempat. Nantinya, link inilah yang akan menjadi barang untuk kamu berjualan.

3. Ada Orang yang Bertransaksi Melalui Link Kamu

Setelah menyebar link referral yang kamu punya, maka kamu hanya tinggal menunggu ada orang yang melakukan transaksi dengan melalui link yang kamu sebar. Jika ada orang yang melakukan hal tersebut, lalu nantinya sistem akan mencatat dan melakukan verifikasi.

Setelah itu, sistem akan melakukan konfirmasi. Dan jika memang pembeli tersebut datang dari akun kamu, maka kamu juga akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Nantinya komisi inilah yang akan menjadi hak yang bisa kamu cairkan.

Baca Juga:   Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu

Mengapa Memilih Affiliate Marketing?

Setelah penjelasan tentang apa itu affiliate dan bagaimana sistem kerjanya, maka mungkin kamu juga bertanya apa keuntungan dari affiliate ini. hal yang banyak menjadi pertanyaan adalah apa keuntungan dari melakukan sistem kerja bisnis online seperti ini?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu perlu mencoba bisnis ini:

1. Menjadi Passive Income

Menjadi affiliate adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income. Kamu hanya tinggal menyebarkan link yang kamu punya. Lalu selanjutnya kamu hanya perlu menunggu ada orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut.

Adapun penghasilan yang bisa kamu dapatkan maka akan tergantung dari seberapa banyak penjualan yang akan kamu hasilkan. Tentunya semakin banyak maka akan semakin baik. Dan untuk mendapatkan penjualan yang banyak ini maka hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan promosi dengan sebaik mungkin.

2. Modal yang Relatif Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan di awal jika hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi affiliate adalah mendaftar di program affiliate. Dan pendaftaran tersebut gratis. Sehingga pada dasarnya modal yang kamu perlukan adalah gratis. Hanya saja di perjalanannya nanti, kamu akan membutuhkan beberapa biaya seperti untuk kuota internet misalnya.

Meski demikian, modal menjadi affiliate marketing ini relatif kecil. Hal utama yang perlu kamu miliki untuk menjadi seorang affiliate marketer adalah kemampuan berdagang atau digital marketing.

3. Bisa Menjual Banyak Produk

Keuntungan lainnya yang juga bisa kamu dapatkan dari menjadi seorang affiliate adalah kamu bisa menjual banyak produk sekaligus. Hal ini membuat kamu tidak hanya terpaku untuk menjual satu produk saja. Dengan bisa menjual banyak produk maka kemungkinan untuk mendapat untung juga semakin besar.

Ketika ada banyak produk yang bisa kamu jual, maka akan ada banyak kemungkinan juga kamu mendapatkan keuntungan. Yang terpenting adalah pastikan semua produk yang kamu jual nantinya merupakan produk yang memiliki prospek bagus.

4. Hanya Perlu Melakukan Promosi

Jika kamu sudah paham dengan apa itu affiliate, maka kamu juga akan paham jika tugas utama dari seorang affiliate marketing ini hanyalah melakukan promosi. Artinya, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana kemasan yang baik atau juga jasa pengiriman apa yang bagus.

Semua hal tersebut akan menjadi tanggung jawab dari penjual. Tugas kamu hanya melakukan promosi dengan baik dan mendapatkan pembeli sebanyak mungkin. Semakin banyak pembeli maka semakin banyak juga komisi yang akan kamu dapatkan.

5. Tidak Perlu Memikirkan Biaya Produksi

Hal lain yang juga menjadi keuntungan dari affiliate marketing adalah kamu tidak perlu memikirkan biaya produksi. Nantinya semua biaya ini akan menjadi tanggungan dari penjual. Hal ini lah yang membuat program affiliasi ini merupakan sistem kerja yang cocok untuk kamu yang ingin berbisnis dengan modal yang tidak terlalu besar.

6. Bisa Kamu Lakukan Dari Mana Saja

Keuntungan lain dari affiliate marketing ini adalah kamu bisa melakukan pekerjaan ini dari manapun kamu mau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk kamu yang ingin bisa bekerja secara fleksibel. Program affiliate ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari manapun dan kapanpun. Selama ada koneksi internet, maka kamu bisa menjalankan sistem kerja ini.


Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing

Selain pengertian tentang apa itu affiliate marketing, hal lain yang juga perlu kamu tahu adalah bagaimana cara menjadi sukses dengan menggunakan sistem kerja affiliate ini. Secara singkat, untuk mendapatkan banyak keuntungan dari sistem ini maka kamu perlu mendapatkan banyak pembeli sehingga kamu mendapat banyak komisi.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan banyak pembeli dari affiliate marketing:

Baca Juga:   Ketahui Pentingnya Script Podcast untuk Setiap Siaran!

1. Buat Review

Salah satu tips untuk kamu mendapatkan banyak pembeli dari affiliate marketing adalah dengan membuat review. Dalam hal ini maka kamu tidak hanya menyebarkan link tersebut. Namun kamu mengemas link tersebut dalam sebuah konten review yang menarik.

Dengan menggunakan konten review ini maka bisa membuat orang lebih tertarik. Kamu bisa membuat review dengan menjelaskan apa saja kelebihan dari produk tersebut. Atau kamu juga bisa menjelaskan bagaimana cara kerja dari produk tersebut.

Review berdasarkan pengalaman ini akan membuat konten promosi yang kamu buat menjadi lebih personal. Dalam hal ini maka kamu juga bisa memberikan penjelasan mengapa orang perlu membeli produk tersebut.

2. Perhatikan SEO

Dalam dunia digital marketing, maka satu hal yang tidak bisa kamu lepaskan adalah SEO. Ini merupakan cara agar konten yang kamu buat mudah ditemukan orang. Dengan cara ini juga akan membuat semakin banyak orang yang melihat konten promosi kamu.

Dengan mengoptimalisasi SEO ini maka bisa menjadi salah satu cara untuk mendatangkan banyak pembeli. Hal ini karena dengan menggunakan SEO maka konten yang kamu buat bisa muncul dihalaman pertama dan posisi terbaik pada mesin pencari. Untuk bisa mengoptimalisasi SEO ini maka hal yang kamu perlukan adalah melakukan riset keyword yang akan kamu gunakan.

3. Memahami Audiens

Dalam dunia marketing, maka hal yang tidak bisa kamu lupakan adalah audiens. Bagaimanapun mereka adalah pihak yang menentukan akan membeli atau tidak. Sehingga, ketika melakukan proses marketing ini maka kamu juga perlu memastikan jika hal tersebut sesuai dengan apa yang mereka mau.

Dalam hal ini, maka konten yang kamu buat harus bisa menjawab berbagai pertanyaan yang mereka miliki. Semakin jelas, tentunya mereka juga akan semakin yakin untuk membeli produk kamu. Untuk bisa memahami audiens ini tentunya kamu membutuhkan riset pasar. Kamu juga perlu memahami bagaimana kondisi audiens pada saat itu.

4. Fokus pada Niche Tertentu

Ketika kamu mengikuti program affiliate, kamu memang bisa menjual banyak produk sekaligus dalam waktu bersamaan. Namun hal tersebut bukan berarti kamu harus menjual berbagai macam produk dengan banyak niche sekaligus. 

Hal tersebut memang tidak dilarang, namun sebaiknya tidak kamu lakukan. Hal ini akan berkaitan dengan  masalah kepercayaan dari pembeli.

Dalam hal ini maka sebaiknya kamu menjual banyak produk yang masih memiliki niche yang sama. Misalkan, jika kamu fokus pada niche teknologi maka jual berbagai macam produk yang ada hubungannya dengan hal tersebut. Jangan tiba-tiba kamu menjual produk fashion.

Menjual produk dengan fokus pada niche tertentu tentu akan mampu membangun kepercayaan dari pembeli. Mereka tentu akan lebih yakin untuk membeli produk yang memang ditawarkan oleh ahlinya. Dan dengan fokus pada niche tertentu saja, maka hal ini juga menjadi cara untuk membangun kepercayaan tersebut.

5. Manfaatkan Call to Action

Salah satu elemen penting dalam dunia digital marketing yang perlu kamu maksimalkan adalah call to action. Dalam hal ini maka kamu perlu untuk membuat call to action yang menarik agar calon pembeli mau melakukan apa yang kamu minta.

6. Memaksimalkan Media Sosial

Di zaman sekarang, media sosial memang memegang peranan yang cukup penting. Termasuk dalam dunia digital marketing. Ada banyak orang yang menggunakan dan mengakses media sosial setiap saat. Hal ini tentunya membuat media sosial menjadi tempat yang menarik untuk kamu berjualan.

Termasuk ketika kamu menjadi seorang affiliate marketing. Maka kamu juga perlu memaksimalkan peran media sosial ini untuk lebih memperkenalkan apa yang kamu jual. Salah satu keunggulan dari media sosial, selain murah adalah jangkauannya yang sangat luas. Kamu bisa menjual ke lebih banyak orang dan juga ke banyak tempat.

Baca Juga:   Tren Influencer Marketing di Tahun 2021 untuk Pebisnis dan Marketer

Yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan promosi di media sosial ini adalah masalah persaingan. Tentunya ketika kamu melakukan promosi di media sosial maka kamu akan menghadapi persaingan yang jauh lebih banyak. Untuk menghadapi hal ini maka kamu perlu memiliki strategi marketing yang cukup jitu dan bisa kamu andalkan.

7. Pilih Program Affiliate yang Sesuai

Saat ini, ada banyak program affiliate yang bisa kamu ikuti. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset untuk semua program itu lalu pilih mana yang paling cocok dengan kamu. Ada hal beberapa hal yang perlu kamu perhatikan berkaitan dengan program affiliate yang akan kamu pilih. Beberapa hal tersebut antara lain

  • Relevansi. Hal ini akan berkaitan dengan produk yang akan promosikan apakah sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau tidak.
  • Komisi. Hal ini berkaitan dengan berapa komisi yang akan kamu dapatkan dari setiap penjualan. Pastikan presentasi komisinya sesuai dengan keinginan kamu
  • Pengguna. Hal ini akan berkaitan dengan kualitas program afiliasi tersebut dan juga reputasi yang mereka punya. Dalam hal ini, semakin banyak pengguna nya tentu akan semakin baik.
  • Support system. Hal ini akan berkaitan apakah program afiliasi tersebut menawarkan support ketika terjadi masalah atau tidak. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika kamu mengalami masalah atau kendala.

8. Pahami Produk yang Kamu Jual

Untuk lebih memudahkan kamu ketika melakukan promosi, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan benar-benar memahami produk yang kamu jual. Kamu bisa mencoba produk tersebut terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa mencari tahu dengan jelas dan detail tentang produk yang kamu jual tersebut.

Semakin banyak informasi yang kamu pahami maka akan semakin banyak juga hal yang bisa kamu bagikan. Cara ini bisa menjadi cara untuk menarik banyak pembeli. Ini juga merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dari pembeli.


Sistem Pembayaran di Affiliate Marketing

Setelah paham dengan apa itu affiliate marketing, maka mungkin kamu juga akan bertanya-tanya kapan kamu mendapatkan komisi dari sistem kerja ini. Ada beberapa sistem pembayaran dari program affiliate ini. masing-masing tentunya akan sesuai dengan kebijakan dari program afiliasi yang kamu pilih. Beberapa sistem pembayaran tersebut antara lain:

1. Pay per Click

Sesuai namanya maka sistem pembayaran ini adalah kamu akan mendapatkan komisi dari setiap klik yang terjadi pada link affiliasi yang kamu punya. Semakin banyak orang yang mengklik link tersebut maka akan semakin banyak komisi yang kamu dapat.

2. Pay per Lead

Pada sistem ini maka kamu akan mendapatkan komisi dari setiap leads yang dibuat. Artinya, jika ada orang yang menjadi leads dari link yang kamu punya maka kamu akan mendapatkan komisi. Leads ini sendiri ada banyak macamnya, dari mulai mengisi kontak, mendaftar, mendownload, dan lainnya.

3. Pay per Sale

Sistem pembayaran ini membuat kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi karena link yang kamu punya. Artinya semakin banyak yang membeli maka akan semakin banyak komisi yang kamu punya.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa itu affiliate dan bagaimana sistem kerja affiliate. Ini merupakan salah satu bisnis online yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu sampingan kamu. Hasil dari bisnis ini juga cukup lumayan. Terutama jika kamu bisa melakukan promosi dengan baik, maka hasil dari program afiliasi ini akan menjadi sangat besar.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, berita influencer, hingga influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password