Algoritma YouTube: Bagaimana Supaya Video Dapat Banyak Views?

Algoritma YouTube - Bagaimana Supaya Video Dapat Banyak Views

Seperti yang kita ketahui, sudah banyak orang yang lebih memilih untuk eksis lewat jalur sosial media. Dengan memberikan entertainment yang bagus pada sosial media, mereka akan menjadi terkenal dan tentunya akan mendapat untung seperti engagement melalui endorse. 

Nah, salah satu cara orang-orang ingin terkenal adalah menjadi konten kreator pada aplikasi khusus video seperti YouTube. Namun walaupun kelihatannya mudah, Membuat konten yang cukup menghibur bukan berarti kamu akan menjadi terkenal dengan cepat. 

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan adalah dengan memakai algoritma YouTube. Lalu apa sebenarnya pengertian dari algoritma tersebut dan bagaimana cara mengoptimalkannya pada video kita?


Apa Itu Algoritma YouTube

apa itu algoritma youtube

Algoritma YouTube adalah sebuah sistem perhitungan yang YouTube pakai untuk menampilkan atau memulihkan video yang dapat menjadi rekomendasi akan sebuah topik. Bukan hanya YouTube saja, semua media sosial lain pun memiliki sistem pemilihan dengan menggunakan algoritma seperti ini. Yang membedakan dari media sosial satu dengan media sosial lain adalah kebijakan mereka dalam mengatur algoritma mereka.

Pernahkah kamu penasaran mengapa rekomendasi video yang masuk ke timeline media sosial kita bisa sesuai dengan minat kita. Atau pernahkah kamu mencari suatu kategori postingan dan tiba-tiba media sosial yang sama merekomendasikan beberapa video yang serupa dengan yang kita cari tersebut? Jika kamu pernah mendapatkan kejadian seperti itu. Itulah yang namanya algoritma.

YouTube sendiri adalah sebuah media sosial yang cukup populer dengan memiliki banyak sekali akun yang terdaftar pada databasenya. Hal inilah membuat sistem YouTube mencatat ada setidaknya lebih dari 500 jam durasi video yang terupload ke YouTube setiap menitnya. Itu berarti ada lebih dari 5000 video yang masuk ke YouTube.

Cukup banyak, bukan? Nah, video-video tersebut akan tersortir kembali untuk dapat tampil pada beranda seseorang untuk meningkatkan kualitas video yang tercari. Itu artinya, jika kamu ingin terkenal dengan cepat, kamu sudah harus memikirkan bagaimana caranya bisa terpilih dan masuk ke dalam algoritma YouTube ini.


Fungsi Algoritma YouTube

Setelah melihat penjelasan tentang apa itu YouTube, inilah beberapa fungsi algoritma YouTube untuk para pengguna aplikasi baik itu kamu sebagai konten kreator maupun orang lain yang menjadi penonton.

1. Memaksimalkan Engagement

memaksimalkan engagement dengan algoritma youtube

Fungsi pertama yang akan kamu terima saat video mu masuk ke dalam algoritma YouTube tentunya dapat membuat konten video mu lebih terkenal. Hal ini karena konten video yang sudah kamu buat tersebut dapat menjangkau lebih banyak orang.

Jika sudah banyak yang dapat menjangkau videomu, maka kamu dapat memaksimalkan engagement yang akan kamu dapat. Engagement media sosial adalah sebuah metric atau perhitungan pada sistem yang menghitung interaksi penonton.

Baca Juga:   Tingkatan Influencer Berdasarkan Subscriber YouTube

2. Meningkatkan Keuntungan

meningkatkan keuntungan

Setelah memaksimalkan tingkat interaksi dan engagement dari penonton video, kamu pastinya akan meningkatkan keuntungan. Seperti yang terbilang sebelumnya, alasan mengapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat akun YouTube adalah agar dirinya menjadi terkenal. Ketika kamu terkenal, kapasitas kamu untuk membuka jasa endorsement akan lebih besar daripada sebelumnya.

3. Membantu Penonton Mendapatkan Video yang Mereka Sukai

membantu penonton

Manfaat Selanjutnya adalah membantu para penonton atau pemakai aplikasi YouTube ini untuk mendapatkan video yang mereka sukai. Misalnya, jika kamu membuat konten video tentang perfilman, tentunya video kamu akan masuk ke timeline para penonton yang memang sering mencari tentang perfilman. Dengan ini, para penonton tersebut dapat berdiskusi terhadap konten kamu pada kolom komentar.

4. Membantu Kreator Video Untuk Menemukan Komunitas yang Tepat

membantu kreator video

Pernahkah kamu mendapati kolom komentar pada video yang kamu unggah tidak sejalan dengan konteks dalam video tersebut? Nah, hal itu terjadi akibat video kamu masuk ke komunitas yang kurang tepat. Tentunya akan menjadi suatu kerugian jika lebih banyak orang yang menonton video kamu namun tidak bisa mengerti apa yang sedang kamu katakan. Hal inilah yang menjadi manfaat keempat dalam algoritma YouTube. Algoritma ini akan mencegah hal-hal seperti ini terjadi.


Sejarah Algoritma YouTube

Algoritma biasanya sudah masuk ke dalam sistem developing dari aplikasi media sosial itu sendiri dan tidak akan diubah-ubah lagi. Namun, ada beberapa algoritma aplikasi media sosial yang sengaja terupdate dengan berjalannya waktu untuk semakin meningkatkan efektivitas perhitungan dalam algoritma tersebut.

Nah, pada YouTube sendiri, dari sejak awal debutnya, media sosial ini sudah banyak sekali mengubah ketentuan algoritma mereka. Berikut ini adalah sejarah dari algoritma YouTube :

1. Awal – Tahun 2012

Pada awal debut YouTube sampai pada tahun 2012, aplikasi YouTube ini hanya mempunyai algoritma yang hanya menghitung jumlah klik pada suatu video. Semakin banyak orang-orang mengklik atau membuka video tersebut, maka akan semakin tinggi tingkat engagement nya. Kekurangan dari sistem ini adalah jadi banyak sekali kreator YouTube yang membuat judul clickbait yang tidak sesuai konteks dengan video YouTube mereka.

2. 2012 – 2015

Selanjutnya, algoritma tersebut berganti menjadi durasi penonton. Seberapa tinggi tingkat engagement yang kamu dapat berdasarkan seberapa lama videomu ditonton oleh banyak orang.

3. 2016

Dengan algoritma yang seperti sebelumnya, YouTube tidak memiliki banyak sekali feedback kecewa. Namun walaupun begitu, YouTube tetap mengubah sistem algoritma nya menjadi engagement langsung dari penonton dan membuat sistem khusus untuk rekomendasi video.

4. 2016 – 2021

Pada tahun 2016 sampai 2021, YouTube lagi-lagi merubah algoritmanya. YouTube mengeluarkan peraturan pedoman komunitas yang mengatur para pemakai aplikasi ini. Hal ini muncul akibat dari banyaknya pemakai YouTube pada tahun 2016 sampai 2021. Tentunya, peraturan ini ada agar menjaga video yang ada pada aplikasi ini tetap berada pada konteks yang pantas. Yaitu video yang tidak berbahaya, menyesatkan, tidak SARA dan lain-lainnya.

5. 2021

Pada tahun lalu, algoritma YouTube kembali berubah. Walaupun cara kerja algoritma masih sama dengan sebelumnya, YouTube hanya menambahkan beberapa algoritma saja. Yang bertambah pada tahun 2021 adalah tingkat keterlibatan penonton.

YouTube akan mulai memantau tingkat keterlibatan penonton pada suatu video dalam jangka waktu 3 hari sejak video tersebut muncul. Jika pada waktu tersebut video yang kamu buat ternyata tidak layak, maka YouTube akan langsung menghapusnya dari peredaran. Selain itu, YouTube juga sudah memperkenalkan mode kids atau mode anak-anak. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak-anak yang masih berumur -13 tahun untuk tidak membuka aplikasi YouTube tanpa sepengetahuan orang dewasa.

Baca Juga:   5 Instagram Metrics untuk Mengukur Performa Akunmu

Apa Kelebihan Jika Kamu Masuk Ke Dalam Algoritma YouTube?

Ketika kamu masuk ke dalam sebuah algoritma YouTube, maka video kamu akan masuk ke dalam beberapa fungsi aplikasi seperti berikut :

1. Search

Search bar adalah sebuah kolom yang berguna untuk mencari video apapun yang kita inginkan. Nah, pernahkah kamu sedang mengetikkan sesuatu namun saat kamu baru saja mengetik satu dua kata, hal yang kamu inginkan terekomendasi dibawah? Itulah yang akan kamu dapat jika videomu masuk ke dalam algoritma. Artinya, video kamu akan menjadi rekomendasi pertama pada kategori yang sama yang akan orang cari.

2. Trending

Selanjutnya, video kamu berkesempatan besar untuk masuk ke dalam halaman trending YouTube. Halaman trending ini akan menampilkan apa-apa saja video paling banyak peningkatan penontonnya. Biasanya, YouTube mengubah halaman trending ini pada satu periode tertentu. Biasanya seminggu sekali.

3. Subscribe atau Subscription

Mendapatkan akses pada search bar atau jika video mu masuk ke trending artinya akun kamu berkemungkinan besar masuk ke dalam menu subscription. Menu subscription ini muncul saat kamu baru mengikuti atau subscribe ke satu akun dengan kategori yang sama denganmu. Misalnya, ada penonton yang baru saja subscribe ke akun gamingmu, nantinya akan banyak rekomendasi video yang masuk tentang channel gaming lain ke akunnya.

4. Home atau Recommended Video

Sama seperti sebelumnya, video kamu juga akan berkemungkinan besar masuk ke dalam recommendation video pada akun penonton lain jika kamu masuk atau dapat memecahkan algoritma YouTube.


Faktor Yang Dihitung Pada Algoritma YouTube

Cara kerja Algoritma YouTube sudah banyak menjadi topik hits dan terkini saat ini. Banyak orang yang ingin mengetahui cara kerjanya demi meningkatkan kualitas kontennya. Nah, YouTube sendiri mensortir video berdasarkan beberapa faktor berikut ini.

1. Video Penonton dan Video yang Dilewatkan

Cara kerja YouTube pertama yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimalkan videomu dengan masuk ke dalam algoritma YouTube adalah seberapa banyak videomu mendapatkan penonton.

2. Watch Time

Kedua adalah dari seberapa banyak total durasi yang kamu dapat pada satu video tersebut. Durasi ini akan menjadi bukti bahwa videomu layak tonton dan mempunyai tingkat entertain tinggi. Akan lebih baik jika kamu memiliki penonton yang menonton video 10 menit dari awal sampai pertengahan (5 menit) daripada para penonton yang menonton sampai akhir namun selalu di skip dengan total durasi tontonannya selama 2 menit saja.

3. Session Time

Berapa banyak video yang para penonton tonton dalam satu akun YouTubemu. Dengan ini algoritma YouTube akan menghitung seberapa sering para penonton videomu akan beralih untuk nge-stalk akunmu.

4. Feedback dari Penonton

Selanjutnya, algoritma media sosial ini juga akan menghitung seberapa banyak feedback dari penontonmu. Seperti yang terbilang sebelumnya, tingkat engagement sangat penting untuk pengoptimalan video kamu. Feedback seperti like, komen dan subscribe sangat berarti dan akan tercatat oleh algoritma.

5. Kategori Video

Terakhir adalah kategori video yang kamu masukkan ke dalam YouTube. Tentunya, kategori video ini bermacam-macam. Namun ada baiknya kamu memilik kategori yang paling banyak peminatnya dengan catatan kamu tidak boleh memilih kategori yang tidak sesuai dengan videomu.


Tips Mengoptimalkan Algoritma YouTube

Setelah mengetahui beberapa penjelasan tentang pengertian dan cara kerja algoritma YouTube, saatnya kamu mengetahui apa-apa saja tipe yang dapat kamu lakukan dalam mengoptimalkan algoritma ini. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan :

1. Judul yang Sesuai Dengan Kata Kunci

Pertama, kamu harus masukkan judul yang sesuai dengan kata kunci. Untuk lebih bagusnya lagi, cobalah meriset kata kunci dan judul kamu sendiri agar semakin mengoptimalkan tingkat SEO yang ada pada videomu.

Baca Juga:   Algoritma Instagram: 10 Fakta yang Perlu Diketahui

2. Masukkan Terjemahan ke Dalam Dialog Video

Tips kedua yang dapat kamu lakukan adalah memasukkan terjemahan. Tentunya, para pengguna aplikasi YouTube tidak hanya berasal dari Negara yang sama. Hal itu juga akan berpengaruh pada algoritma YouTube ini. Jika videomu masuk ke dalam algoritma, artinya YouTube juga akan merekomendasikannya pada para pengguna dari Negara-negara lain. Itulah kenapa kamu perlu memasukkan translate yang baik kepada setiap videomu.

Subtitle ini akan membuat YouTube mengerti bahwa videomu pantas untuk go internasional. Selain itu, video dengan translate yang baik dapat membantu para penyandang disabilitas.

3. Jangan Memasukkan Intro dan Outro yang Terlalu Panjang

Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan adalah membuat video YouTube dengan intro dan outro yang tidak terlalu panjang. Hal ini berguna agar video kamu tidak sering ter skip dengan para penonton. Intro dan outro mungkin penting sebelum masuk ke inti pembahasan, namun kamu juga harus menjaga agar penonton tidak bosan sebelum masuk ke inti.

4. Menulis Deskripsi

Tulislah deskripsi pada video untuk membantu para penonton untuk memahami alasan kamu membuat video. Tidak perlu yang detail, buatlah deskripsi yang cukup untuk membuat mereka semakin penasaran.

5. Buat Thumbnail yang Menarik

Sama halnya dengan membuat judul yang menarik, kamu juga harus bisa membuat foto thumbnail yang dapat memikat penonton. Algoritma YouTube memang sangat terfokus kepada para penonton, maka dari itu, kamu juga harus berfokus untuk membuat sebuah konten yang watch-worthy.

Dalam membuat thumbnail, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang melanggar ketentuan yang YouTube terapkan. Gunakanlah kreativitasmu untuk mengedit thumbnail ini.

6. Promosikan ke Media Sosial Lain

Selanjutnya, kamu dapat membuat promosi kepada media sosial lain milikmu seperti Instagram atau Tiktok. Hal ini tentunya akan semakin membantumu menyaring penonton yang penasaran lebih banyak lagi.

Kamu dapat menampilkan cuplikan dari video agar dapat menambah rasa penasaran orang-orang yang tidak sengaja melihat akunmu. Carilah media sosial yang mempunyai banyak penonton atau pengguna yang mengenalmu.

7. Interaksi dengan Para Penonton dan Subscribe Mu

Berinteraksi dengan para penonton video mu juga bukan hanya membuatmu menjadi seorang kreator yang ramah, namun juga membantu jalannya cara kerja algoritma YouTube ini. Dengan hal ini, YouTube akan menilai bahwa kamu adalah seorang kreator yang aktif dan akan semakin banyak merekomendasikan videomu.

8. Tambahkan End Screen Rekomendasi Video

End screen rekomendasi video ini adalah screen yang muncul saat kamu selesai menonton satu video. Biasanya, end screen ini akan menampilkan rekomendasi video acak selanjutnya yang YouTube berikan. Namun, ada juga beberapa yang menampilkan video dengan konten yang sama dari kreator yang sama. Hal ini akan menjadi ‘jalan cepat’ untuk menggiring penonton kepada videomu yang lain.

9. Buat Konten Yang Menarik dan Konsisten

Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang menarik dan tetap konsisten. Konsistensi memang sangat diperlukan dalam segala hal, termasuk dalam YouTube. Jika kamu konsisten mengunggah video yang menarik dan membuat orang menonton videomu yang lain, maka namamu bisa tenar dengan cepat.


Siap Mengoptimalkan Videomu Dengan Algoritma YouTube?

Itulah beberapa pengertian tentang apa itu algoritma YouTube dan cara kerja beserta tips-tipsnya yang perlu kamu ketahui. Untuk bisa mendapatkan banyak views di videomu, tentunya kamu harus memahami cara kerja algoritma YouTube ini. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, social media influencer, berita influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password