Algoritma Instagram: 10 Fakta yang Perlu Diketahui

Algoritma Instagram yang Wajib Diketahui

Instagram adalah sebuah aplikasi yang bertujuan agar pemakainya dapat membagikan momen-momen mereka secara luas. Momen-momen berharga seperti foto dan video terupload setiap harinya pada aplikasi yang mengusung warna pelangi ini. 

Jika kamu pernah memakai atau menggunakan Instagram, kamu pasti pernah bertanya mengapa Instagram sering sekali dapat mengetahui “pikiran” kamu. Baik itu karena aplikasi Instagram secara otomatis menampilkan topik yang kamu sukai, atau mungkin teman lama milikmu yang sebelumnya tidak pernah kamu jumpai di aplikasi ini. 

Hal-hal tersebut tentu saja bukan hanya suatu kebetulan belaka, melainkan terjadi karena adanya Algoritma khusus yang Instagram miliki. Lalu apa sebenarnya arti dari algoritma Instagram dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Algoritma Instagram

Algoritma Instagram adalah perhitungan khusus yang Instagram lakukan untuk bisa memilih postingan yang terhubung dengan pemakainya. Perhitungan ini secara otomatis akan berjalan sesuai dengan apapun aktivitas yang kamu lakukan pada aplikasi Instagram. 

Hal ini tentunya bertujuan agar Instagram dapat mempermudah akses Kamu dalam mengumpulkan segala informasi yang ada tentang hal-hal apapun yang kamu sukai maupun tidak kamu sukai.

10 Fakta yang Wajib Kamu Ketahui dalam Algoritma Instagram

Fakta-fakta tersebut akan penulis rangkum sebagai berikut:

1. Algoritma Instagram Cukup Rumit

Algoritma yang Instagram pakai untuk mengatur halaman beranda kamu tidak hanya satu. Algoritma-algoritma ini mempunyai banyak sekali perbedaan antara satu sama lain yang terkadang membuat kamu kebingungan. 

Contohnya, kamu tidak akan bisa mengetahui algoritma halaman eksplore kamu dari caramu menghitung algoritma halaman feeds para pengikutmu. Instagram juga menggunakan algoritma berbeda untuk IGTV dan Instagram Reels.

2. Faktor Utama Algoritma Feeds Instagram

Kepala Instagram, Mosseri pernah mengatakan bahwa Instagram mempunyai 4 faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut adalah:

  • Topik dari postingan yang pernah kamu sukai dan seberapa populer postingan tersebut
  • Postingan yang kamu sukai tersebut apakah seseorang yang kamu ikuti atau hanya postingan random yang masuk ke akunmu.
  • Seberapa sering tingkat kamu menonton atau melihat postingan yang serupa dengan postingan tersebut.
  • Apakah kamu sering berinteraksi dengan postingan orang lain baik itu foto, video, reels atau IGTV?
Baca Juga:   7 Food Vlogger Terkenal dan Banyak Cuan di Indonesia

Empat faktor yang Mosseri sebut itulah yang mempengaruhi tingkat kesukaanmu terhadap suatu topik yang pastinya akan Instagram nilai apakah mereka dapat menampilkan postingan serupa untuk halaman eksplor mu atau malah sebaliknya.

3. Interaksi Yang Kamu Lakukan

Untuk menghitung interaksi yang kamu lakukan terhadap satu postingan, Instagram menggunakan lima faktor berikut:

  • Waktu

Ketika kamu melihat suatu postingan, pihak instagram akan memasukkan waktu yang kamu luangkan untuk melihat postingan tersebut kedalam algoritmanya. Hal ini mereka lakukan untuk melihat apakah kamu sebegitu tertariknya dengan topik yang postingan tersebut berikan. Waktu yang kamu luangkan tersebut mereka hitung saat pertama kali kamu membuka atau melihat postingan tersebut tanpa menggulirkannya ke atas.

  • Like

Seperti yang penulis katakana sebelumnya, seberapa sering kamu mengirim like kepada topik yang serupa dalam postingan yang berbeda juga terhitung oleh algoritma Instagram

  • Komentar

Seberapa sering kamu berkomentar terhadap postingan dengan topik yang sama.

  • Simpan atau Save

Apakah kamu menyimpan postingan tersebut pada halaman arsipmu.

  • Kunjungan Profil

Apakah kamu penasaran dengan profil suatu akun melalui postingan Instagram mereka juga Instagram hitung dalam algoritma mereka.

4. Memasukkan Seseorang ke Daftar Teman Dekat

Jika kamu memasukkan seseorang ke dalam daftar teman dekatmu, Instagram akan menghitung hal tersebut kedalam algoritma Instagram mereka terhadapmu. Kamu akan melihat postingan yang mereka bagikan. Namun jika kamu mengetuk tombol “Not Interest”, Kamu dapat dengan mudah menekan tingkat prioritas topik tersebut untuk masuk ke dalam halaman eksplor akunmu.

5. Waktu Postingan Terkirim

Sebuah waktu pada setiap postingan yang baru terkirim juga penting dalam algoritma Instagram. Postingan terbaru dari akun yang kamu ikuti mungkin bisa saja masuk kedalam halaman feed mu, namun tidak menutup kemungkinan tentang satu hal.

Baca Juga:   Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu

Baca Juga: Mengenal Algoritma Instagram Reels yang Perlu Diketahui Pebisnis

Jika Instagram melihat akunmu tidak terlalu sering berinteraksi dengan akun tersebut, postingan yang mereka bagikan juga akan perlahan-lahan tertutup dengan postingan baru milik seseorang yang sering kamu interaksi.

6. Semua Jenis Akun Instagram akan Diperlakukan Adil

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah ada keuntungan jika akun personal yang kamu miliki berubah menjadi akun bisnis dalam meningkatkan kepopularitasan? Jawabannya Tidak. Semua jenis akun yang ada pada Instagram (Personal, Akun Bisnis, dan Kreator) hak nya sama pada algoritma Instagram.

Semua jenis itu juga tidak berbeda dalam fungsinya. Artinya, semua yang kamu dapatkan dari akun personalmu, juga dapat kamu pakai untuk akun bisnismu. Instagram tidak pernah menyediakan fitur spesial yang berbeda tergantung jenis akun.

7. Semua Komentar Terhitung

Artinya, Semua komentar yang ada, mau itu berjumlah ratusan ribu komentar, atau hanya dua komentar saja, akan terhitung pada algoritma Instagram secara sama rata. Untuk membuatmu semakin sering muncul pada laman feeds orang lain, kamu perlu mengirim suatu postingan yang mengakibatkan banyak akun beramai-ramai berkomentar pada postinganmu, bukan sebaliknya. 

Jadi, akan lebih baik untukmu jika kamu memiliki 10 akun untuk berkomentar 1 komentar pada masing-masing akun daripada kamu memiliki 1 akun yang membuat komentar sebanyak 10 buah pada postinganmu.

TIPS: untuk mempermudah kamu melihat dan membalas komentar yang ada pada postinganmu, kamu dapat menggunakan kotak masuk percakapan yang ada pada setiap akun Instagram.

8. Dalam Setengah Jam Pertama, Interaksi Tidak akan Terhitung

Jika postingan yang baru saja kamu unggah baru berusia 30 menit lamanya, semua interaksi yang kamu dapat dalam jangka waktu tersebut tidak akan membuatmu naik pada peringkat feed dalam algoritma Instagram

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada 4 faktor yang berpengaruh besar dalam penaikan akunmu dalam algoritma Instagram, namun ternyata 4 faktor tersebut tidak akan terhitung dalam 30 menit pertama.

TIPS: bagikan postingan baru kamu sesuai dengan waktu pengguna Instagram lain kemungkinan untuk melihat akun atau postingan kamu. Caranya, perhatikan kapan waktu postingan terakhir kamu mempunyai selisih interaksi paling banyak. Misalnya, untuk penulis, waktu yang baik untuk mengirim sebuah postingan adalah pada jam 5 sore.

Baca Juga:   Mengenal Social Media Evaluator dan Bagaimana Cara Kerjanya

9. Algoritma Instagram Tidak Memprioritaskan Video

Mosseri pernah mengatakan bahwa Instagram tidak pernah lebih memprioritaskan postingan video daripada foto, begitupun sebaliknya. Namun, jika kita lihat dari faktor utama yaitu “waktu yang pengguna lain Instagram butuhkan untuk melihat postinganmu akan masuk kedalam algoritma”, tentu saja mengirimkan sebuah video yang notabene akan memakan waktu lebih lama jika kita bandingkan dari postingan foto. 

Karena itu, postingan video secara tidak langsung dapat mengungguli konten foto yang ada pada aplikasi Instagram

10. Interaksi Bot Tidak Akan Terhitung

Bots adalah suatu interaksi yang dilakukan oleh robot. Banyak sekali kita temukan pada setiap postingan akun-akun sepi yang ingin meraih ketenaran hanya dengan interaksi. Namun, ternyata Instagram pernah mengatakan bahwa interaksi robot atau yang kita sebut sebagai bot tidak akan terhitung dalam algoritma Instagram dan tidak akan membuat sebuah postingan naik ke peringkat popular. 

TIPS: jika kamu ingin mengembangkan akunmu, lebih baik kamu memakai metode alami yaitu dengan secara regular mengirim postingan-postingan yang menarik dan berpotensi mengundang interaksi dari banyak orang atau banyak akun nyata.

Sudah Tahu Algoritma Instagram Sekarang?

Instagram memang menggunakan algoritma otomatis yang sedikit rumit dalam memilih akun atau postingan mana yang akan masuk ke halaman eksplor atau feed. 

Perhitungan algoritma yang Instagram miliki juga sebenarnya berubah-ubah dari waktu ke waktu, sehingga akan sulit memperhitungkan jalannya algoritma tersebut hanya dengan menggunakan satu atau dua macam. 

Namun yang perlu kamu lakukan untuk tetap dapat memenangkan algoritma Instagram adalah membuat konten yang menarik sehingga banyak orang yang akan mampir ke akun kamu. Ingatlah untuk tetap mematuhi ketentuan yang Instagram berikan karena jika kamu sering melanggar ketentuan dan syarat tersebut, akan ada waktunya akun kamu ter- banned oleh Instagram dan tak dapat kamu gunakan lagi.

Dapatkan berbagai tips dan informasi seputar influencer, influencer marketing, dan social media influencer, seperti TikTok, Instagram, dan lain-lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password