9 Alat YouTuber yang Wajib Kamu Miliki Sebagai Pemula

alat youtuber

Apa saja sih alat YouTuber yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konten kreator handal?

Apalagi, profesi YouTuber menjadi salah satu yang banyak diminati, pasti kamu sudah mengenal nama-namanya.

Setiap kali mereka mengupload konten terbaru, jumlah penonton bisa mencapai jutaan orang. Jumlah subscribernya pun bahkan melebihi 5 juta.

Penghasilan para YouTuber terkenal tersebut sangat tinggi. Menurut analisis Social Blade, Deddy Corbuzier kemungkinan mendapatkan Rp466 juta sampai dengan Rp7,45 miliar per bulan dari akun YouTubenya.

Kemudian untuk penghasilan per tahunnya bisa mencapai Rp5,58 miliar hingga Rp88,93 miliar.

Siapa yang tidak tergiur untuk mencoba?

Deretan Alat Youtuber yang Harus Kamu Miliki Sebagai Pemula

Namun, untuk mencapai tahap ini, YouTuber sukses perlu melalui berbagai proses.

Selain itu, setiap kontennya juga dilakukan secara totalitas dengan menyiapkan berbagai peralatan untuk mendukung kualitas kontennya. 

Berikut ini ada beberapa alat YouTuber yang harus kamu punya.

Dengan alat tersebut, kamu bisa lebih leluasa dalam membuat konten yang berkualitas dan tentunya menarik penonton kontenmu agar lebih nyaman.

Yuk, simak ulasannya!

1. Kamera DSLR atau Mirrorless

Alat untuk YouTuber yang pertama adalah Kamera DSLR maupun mirrorless. Ini merupakan jenis kamera yang saat ini paling banyak digunakan para YouTuber di Indonesia. Kamu pasti sudah tahu seperti apa kualitas tangkapan gambar dari kamera mirrorless tersebut.

Selain itu, budget yang kamu keluarkan cenderung lebih terjangkau daripada menggunakan alat-alat videografi profesional. Belum lagi dengan fitur-fitur di dalamnya yang semakin memudahkanmu menghasilkan gambar yang berkualitas.

Kamera mirrorless juga mudah kamu operasikan. Ukurannya yang kecil membuatmu mudah untuk kamu bawa ke mana-mana. Peralatan ini bisa membuat kualitas gambar pada konten jadi lebih baik. Bukan tidak mungkin banyak yang memberikan respon positif karena kamu membuat konten tersebut secara totalitas.

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

2. Microphone

Sama dengan kamera, alat ini juga sangat penting. Meskipun kamu menampilkan video kualitas terbaik sekalipun, namun jika tidak ada mic, hasilnya akan sia-sia. Orang atau penonton malah akan kesulitan memahami isi dari video tersebut sehingga kemungkinan besar tidak tertarik menonton kontenmu.

Maka dari itu, seorang YouTuber yang memang serius ingin membuat konten harus menggunakan alat audio yang satu ini. Jangan lupa gunakan microphone yang berkualitas. Dengan begitu suara yang dihasilkan mampu terdengar secara jelas.

Dengan alat perekam suara YouTuber yang berkualitas membuat penonton benar-benar memahami secara jelas setiap percakapan atau dialog dalam video yang kamu unggah. 

Terdapat banyak toko yang menjual produk microphone atau alat perekam suara YouTuber. Pastikan microphone yang kamu beli mampu menghilangkan efek noise.

3. Stabilizer

Alat untuk YouTuber berikutnya yang juga harus kamu miliki adalah stabilizer. Fungsi alat tersebut yaitu membantu mengurangi keburaman tangkapan kamera. Kualitas gambar memang menjadi prioritas jika kamu serius ingin menjadi YouTuber profesional.

Berbagai peralatan yang kamu miliki harus mendukung hal tersebut. Maka dari itu, penting untuk membeli stabilizer. Alat inilah yang membuat proses pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

4. Tripod

Untuk alat yang satu ini pasti kamu sudah mengenalnya. Bukan hanya untuk kebutuhan menjadi YouTuber, untuk keperluan berfoto pun terkadang memerlukan alat tripod ini. Tripod merupakan salah satu alat YouTuber yang biasanya digunakan untuk membuat vlog.

Tidak mungkin, kan kamu selalu meminta tolong orang lain untuk memegang kamera atau HP. Apalagi jika kamu membuat konten dalam waktu yang lama. Orang yang memegangnya akan mengalami kram dan malah hasil videonya akan kurang stabil.

Harga tripod ini cukup terjangkau. Karena kamu masih baru menjadi YouTuber, belilah tripod yang tidak terlalu mahal. Namun jika kamu memiliki budget yang besar mungkin tidak ada masalah meskipun mengeluarkan uang lebih untuk membeli tripod yang harganya lebih mahal.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter di TikTok untuk Konten, Mudah Banget!

5. Komputer atau Laptop

Alat untuk YouTuber yang juga tidak kalah penting yaitu komputer atau laptop. Mungkin sebelumnya kamu membuat konten melalui kamera smartphone. Akan tetapi, kamu memerlukan proses editing yang tepat agar kontenmu benar-benar menarik. 

Maka dari itu, kamu bisa mengedit konten tersebut melalui komputer maupun laptop. Tentunya perangkat ini harus memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk mendukung pekerjaanmu. 

Selain itu, perangkat tersebut juga sudah harus terinstal aplikasi editing video yang memadai. Dengan mengedit video tersebut, maka video kontenmu akan jadi lebih bagus. Kemudian kamu bisa mengunggahnya ke akun YouTube milikmu.

6. Lighting

Dalam membuat sebuah konten yang berkualitas, penerangan atau lighting merupakan salah satu faktor penentu. Meskipun penerangan biasanya dilakukan ketika malam, namun lighting juga bisa kamu gunakan pada saat merekam objek di tempat yang minim cahaya.

Jadi, ketika kamu membuat konten di ruangan yang minim cahaya maka kamu memerlukan lighting. Dengan begitu, gambar yang muncul nanti akan terlihat lebih terang dan enak dilihat.

7. Aplikasi Video Editing

Jika ingin mengedit video, sudah tentu kamu memerlukan aplikasi edit video. Ada banyak aplikasi yang tersedia dan memiliki fitur-fitur canggih. Pastikan kamu memilih aplikasi yang menurutmu paling mudah digunakan.

Apalagi kamu sebagai YouTuber pemula dan mungkin memerlukan banyak waktu untuk belajar mengedit video berkualitas. Jadi, mulailah dari aplikasi sederhana. Jangan lupa memastikan perangkat yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang mendukung untuk menginstal aplikasi edit video tersebut.

8. Jaringan Internet

Ketika ingin menjadi YouTuber, maka kamu harus mengupload kontenmu. Untuk mengunggahnya kamu memerlukan koneksi internet. Bukan sekadar koneksi biasa melainkan harus stabil karena ukuran file yang kamu unggah tidak sedikit.

Pastikan sarana pemancar koneksi internet yang kamu miliki, entah itu WiFi, tethering via ponsel, hotspot, dll, cepat dan stabil. Jadi proses uploadnya tidak akan memakan waktu terlalu lama. Apalagi sampai gagal karena masalah koneksi internet yang buruk.

Baca Juga:   Kapan Waktu Terbaik Post di Facebook Agar Konten Ramai?

9. Profesional, Kartu Memori

Alat untuk YouTuber berikutnya yang juga perlu kamu siapkan adalah kartu memori. Durasi atau banyaknya video yang kamu buat tentu saja menyesuaikan berapa besar kapasitas kartu memori yang kamu miliki. Jika ukurannya besar, maka kamu bisa membuat dan menyimpan lebih banyak video.

Untuk itu, pastikan kamu memiliki kartu memori dengan kapasitas yang besar. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa membuat konten yang berkualitas. Ketika kamu unggah, kualitas video-mu akan mampu mengundang banyak tanggapan positif.

Sudah Tahu Apa Saja Alat YouTuber yang Harus Pemula Punya?

Itu dia pembahasan seputar apa saja alat untuk YouTuber yang perlu kamu siapkan.

Mungkin saat ini kamu masih menjadi seorang YouTuber pemula.

Namun kamu harus tetap berusaha memberikan yang terbaik. 

Salah satunya dengan menyiapkan berbagai peralatan tersebut termasuk alat perekam suara YouTuber. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten secara totalitas. 

Jangan lupa juga untuk mengunggah konten yang bagus secara rutin!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, youtube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password