Rekomendasi Alat Podcast Wajib untuk Hasilkan Konten Terbaik

alat podcast

Alat podcast yang lengkap adalah perisapan tempur untuk menghasilkan konten terbaik.

Apalagi akhir-akhir ini podcast menjadi salah satu kegiatan yang banyak digeluti. 

Sebagian dari mereka mungkin menggunakan alat podcast yang seadanya seperti perekam pada smartphone untuk memproduksinya. 

Namun, ada juga yang dengan serius membuat konten bahkan memakai alat yang profesional berspek tinggi.

Apakah kamu juga tertarik untuk membuat konten podcast?

Kalau iya, maka perlu sekali mempersiapkan alat-alat di bawah ini untuk menghasilkan konten mumpuni.

Daftar Alat untuk Podcast Wajib Punya

Ada beberapa alat elektronik yang perlu kamu siapkan kalau ingin membangun konten podcast yang serius. Apalagi jika tujuan akhirnya adalah membangun income, maka kamu perlu sekali membuat konten yang berkualitas dengan bantuan alat-alat tersebut. Selengkapnya, berikut ini ulasannya.

1. Microphone

Salah satu faktor penentu sebuah konten podcast bisa berkualitas adalah audionya. Hal ini menjadi penting sekali untuk kamu perhatikan. Pasalnya ketika nanti hasil rekaman suara kamu dengan narasumber yang kamu ajak untuk berbincang kurang bagus, audiens atau pendengar tidak akan mentolerirnya.

Oleh sebab itu, memilih mikrofon yang tepat akan menjadi faktor penentu apakah para pendengar merasa nyaman dengan konten buatan kamu atau tidak. Jika nanti mereka nyaman, maka konten yang kamu buat akan mereka dengarkan lagi bahkan akan mereka rekomendasikan ke orang lain.

Salah satu tips untuk mempersiapkan mikrofon terbaik adalah dengan menghindari pemakaian alat yang sudah tertanam pada berbagai device.  Kamu bisa memilih mic independen dengan spek mumpuni untuk perekaman audio yang jernih dan bagus.

Baca Juga:   8 Ide Konten Kuliner Instagram Untuk Bisnis: Kamu Wajib Tahu!

Kamu bisa cari beberapa rekomendasi mikrofon yang punya hasil bagus untuk menunjang keperluan pembuatan konten podcast. Pastikan bahwa mic tersebut bisa menjadi alat podcast berkualitas yang sekiranya wajib kamu miliki jika ingin menghasilkan konten audio secara maksimal.

2. Headphone 

Alat kedua yang perlu kamu siapkan untuk membuat konten podcast adalah headphone. Barang yang satu ini cukup esensial ketika membuat konten karena fungsinya adalah untuk mendengar ulang hasil rekaman suara yang kamu hasilkan. 

Selain itu, sangat penting keberadaannya jika narasumber yang diajak berbincang itu hadir secara virtual.

Kamu bisa mencari alat headphone berkualitas yang dapat menunjang proses produksi konten. Tidak harus mahal, yang penting kamu harus hindari penggunaan headphone yang ada mikrofonnya karena hasilnya akan kurang bagus.

3. Boom atau Stand Microphone

Selain kedua alat di atas, tidak kalah penting juga untuk memiliki alat boom atau stand mic. Alat ini berguna untuk meletakkan mikrofon karena tidak mungkin kamu atau pembicara lain harus memegang mic sendiri.

Dengan menggunakan stand mic atau boom, maka kamu bisa mengurangi risiko suara goyah atau mikrofonnya jatuh saat sedang melakukan perbincangan yang cukup serius. Akan menjadi lucu ketika pendengar mendengar ada suara-suara mengganggu ketika perbincangan terjadi.

4. Pop Filter

Selanjutnya adalah pop filter. Sudah pernah melihatnya? Jika kamu belum pernah melihatnya, alat podcast ini berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah untuk menangkap suara-suara dengan lebih cermat.

Kadangkala ketika kamu berbicara, akan ada kata-kata yang memiliki huruf yang sama sehingga ketika terdengar akan samar dan tidak jelas kata-katanya. Nah, pop filter ini akan penting keberadaannya untuk memperkuat serta menyelaraskan intonasi pembicaraan ketika mikrofon tengah merekam.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok Menggunakan Smartphone

5. Komputer

Tidak kalah penting, alat podcast yang kamu perlukan ketika memproduksi sebuah konten adalah komputer. Untuk apa komputer? Bukankah ketika membuat konten semacam podcast hanya cukup rekam lalu upload?

Ternyata tidak sesimpel itu, lho. Kamu juga perlu melakukan sesuatu pasca proses perekaman, salah satunya yakni editing. Apalagi kalau kamu melakukan perekaman audio tidak di dalam studio. 

Misalnya tempatnya adalah di sebuah café, maka perlu sekali editing untuk mengurangi noise yang muncul ketika perekaman.

Ingat, para pendengar selalu mengharapkan kualitas rekaman yang bagus dan nyaman mereka dengarkan. Untuk itulah komputer harus ada.

6. Alat Perekam XLR Portable

Apakah kamu akan menggunakan mikrofon yang analog untuk merekam suara? Maka kamu juga perlu sekali mempunyai alat untuk mengubahnya menjadi digital. Alat untuk mengubahnya audio analog menjadi digital adalah perekam XLR Portable.

Keberadaan alat ini cukup penting ketika kamu ingin memaksimalkan hasil rekaman perbincangan podcast. Ini karena perekam XLR Portable bisa melakukan perekaman suara dari beberapa saluran serta memungkinkan adanya penyesuaian keras kecilnya volume suara dengan proses yang cepat.

7. Software Pengolah Hasil Podcast

Tidak hanya alat podcast yang terlihat saja. Ternyata, ketika kamu hendak memproduksi konten podcast memerlukan adanya software tertentu untuk mengolah suara rekaman atau file podcast. Ada dua software yang biasa para podcaster profesional gunakan.  

Pertama adalah Digital Audio Workstation atau DAW. Software ini berguna untuk mengolah atau melakukan proses editing rekaman hingga menjadi lebih baik dan pantas untuk orang dengar. 

Beberapa software editing seperti ini memiliki harga yang mahal ketika kamu ingin berlangganan. Namun, tenang saja karena ada juga aplikasi yang gratis seperti Audacity.

Baca Juga:   6 Ide Bisnis Influencer Indonesia yang Patut Kamu Coba

Kedua adalah ID3 Editor, yaitu software yang memiliki kegunaan untuk menandai podcast yang kamu buat. Artinya, software yang satu ini memiliki fungsi untuk menyimpan informasi-informasi penting seperti judul, nomor, hingga artis bintang tamu. 

Penggunaannya semacam alat pengelompok dan penyaring file-file hasil produksi podcast.

Cicil Alat Podcast Mulai dari Sekarang!

Itu dia beberapa daftar alat podcast yang harus kamu miliki.

Terkadang memang harga dari alat podcast yang ada di atas tidak sesuai budget yang ada.

Namun, mencicilnya dari peralatan yang kecil sembari kamu menghasilkan konten dan mendapatkan income dari podcast bisa menjadi solusi.

Yuk, mulai berkarya!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password