7 Cara Menjadi Linkedin Influencer untuk Mengembangkan Karir

cara menjadi linkedin influencer

Peran influencer dan sosial media memang tidak bisa terpisahkan. Sekarang ini menjadi influencer mungkin menjadi impian banyak orang. Tidak heran jika mulai banyak orang yang aktif di berbagai media sosial, termasuk Linkedin. Lalu, bagaimana cara menjadi Linkedin influencer?

Apa itu Linkedin?

Linkedin merupakan salah satu platform media sosial. Bedanya dengan Facebook atau Instagram, Linkedin merupakan memiliki market yang sangat spesifik, karena cenderung menyasar para profesional dari berbagai bidang untuk tujuan mengembangkan karir.

Bagi orang awam, media sosial Linkedin ini sendiri mungkin lebih terlihat seperti tempat untuk mencari pekerjaan. Padahal, penggunaan media sosial ini sendiri tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya.

Di Linkedin juga kamu akan menemukan berbagai konten selayaknya pada media sosial secara umum. Sedikit yang membedakannya adalah kamu akan mendapatkan banyak tips dan trik untuk pengembangan karir.

Jika media sosial lain bertujuan untuk  menambah pertemanan, maka penggunaan Linkedin bisa kamu gunakan untuk mengembangkan karir. Perlu kamu ketahui, Linkedin merupakan salah satu cara agar kamu bisa menjadi influencer.

Jika dilihat dari segi pengguna, maka Linkedin juga merupakan tempat yang pas jika kamu ingin melakukan marketing di media sosial. Setidaknya, ketika kamu melakukan marketing di sini, maka target yang kamu hadapi cukup jelas.

Masalahnya, untuk melakukan hal tersebut tentu tidak mudah. Kamu akan menghadapi para profesional yang pastinya akan memiliki karakter yang berbeda. Inilah salah satu tantangan dari cara menjadi Linkedin influencer.

Jika berbicara jumlah pengguna, mungkin Linkedin berada di bawah beberapa media sosial lain. Alasannya cukup jelas, karena media sosial ini memang memiliki market khusus. Namun jika dilihat lebih jauh, hal ini juga merupakan sebuah keuntungan. Terutama ketika kamu bisa menjadi influencer di Linkedin.

Baca Juga:   Deretan Beauty Vlogger Indonesia, Mana Inspirasimu?

Meskipun Linkedin memiliki jumlah pengguna yang kalah banyak dari media sosial lain. Namun, jumlah leads yang dihasilkan untuk bisnis justru yang terbanyak jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Hal tersebut menunjukan jika menjadi influencer Linkedin merupakah hal yang sangat menguntungkan bagi kamu. 

Cara Menjadi Linkedin Influencer

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi Linkedin Influencer:

1. Tingkatkan Kepercayaan dari Sesama Pengguna

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kepercayaan dari sesama pengguna. Pada dasarnya, ini merupakan cara yang akan kamu lakukan juga jika ingin menjadi influencer di media sosial lain.

Karena berisi sesama profesional, maka kamu juga perlu meyakinkan pengguna lain jika kemampuan kamu memang bisa diandalkan atau setidaknya kamu punya nilai lebih yang cukup menonjol.

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan rajin memberikan konten yang bermanfaat. Contoh konten yang bisa kamu bagikan, misalnya tips dan trik mengembangkan karir atau mungkin topik spesifik lainnya. Khususnya konten yang berhubungan dengan keahlian yang kamu miliki.

2. Pahami Tujuanmu

Ketika kamu mencari cara menjadi Linkedin influencer, maka hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memahami tujuan kamu. Pada hal ini, maka sebenarnya kamu perlu memikirkan mengapa kamu perlu menjadi Linkedin influencer.

Misalnya, kamu ingin mendapatkan banyak followers di Linkedin dan media sosial lain atau menambahkan viewers maupun subscribers untuk channel YouTube kamu. Contoh tujuan lainnya, yakni mendapatkan banyak klien yang berasal dari Linkedin.

Berdasarkan beberapa contoh tujuan menjadi Linkedin influencer tersebut. Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin memahami apa yang menjadi tujuanmu adalah mencatat semua kemungkinan yang bisa kamu raih. Lalu, pilih salah satu yang ingin kamu capai terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan strategi yang akan kamu gunakan untuk meraih tujuan kamu tersebut. Misalkan, tujuan kamu adalah mendapatkan banyak klien. Maka kamu bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

  • Sering melakukan posting tentang hasil pekerjaan yang pernah kamu buat.
  • Mencantumkan daftar pengalaman yang pernah kamu kerjakan berkaitan dengan pekerjaan tersebut.
  • Menunjukan siapa saja yang pernah menjadi klien kamu.
Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Specialist, Tugas, dan Gajinya

3. Buat Profil yang Meyakinkan    

Tidak ada orang yang ingin melihat halaman profil yang kosong atau minim informasi. Jika kamu mencari cara menjadi Linkedin influencer, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah memberikan keyakinan pada user lain dengan profil yang meyakinkan.

Pada Linkedin, maka halaman profil merupakan salah satu cara untuk menunjukan kemampuan kamu. Buatlah halaman tersebut menjadi semenarik mungkin, tuliska informasi yang jelas untuk menunjukan siapa kamu, apa kemampuan kamu, dan apa saja prestasi kamu.

4. Rajin Membuat Konten yang Meyakinkan Kemampuanmu

Inti dari cara menjadi Linkedin influencer adalah meyakinkan banyak orang tentang apa yang kamu bisa. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin memposting konten untuk menunjukan seberapa hebat kamu.

Ketika membuat konten, maka pastikan konten yang kamu buat bisa menyasar target yang ingin kamu raih. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menciptakan konten ini adalah memahami bagaimana target yang ingin kamu jangkau.

Apakah harus selalu menciptakan konten? Lebih baik iya, namun jika ada satu atau dua hari kamu merasa sibuk, maka kamu juga bisa melakukan share konten dari influencer lain. 

Selain menciptakan konten, kamu juga bisa mengkurasi mana konten yang sudah ada dan sekiranya sesuai dengan niche yang ingin kamu jangkau.

5. Membangun Networking

Hal lain yang sebenarnya sangat penting untuk dilakukan di semua platform media sosial adalah membangun networking. Menciptakan networking ini akan jauh lebih penting dari sekedar menciptakan atensi.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun networking adalah dengan aktif berkomentar di postingan pengguna lain. Buatlah koneksi yang baik, mulailah bangun rasa saling percaya. Ketika memulai langkah seperti itu, hal tersebut juga akan berpengaruh kepada perkembangan akun miliki kamu.

Nantinya, konten yang kamu buat juga akan menjadi ramai. Jika dilakukan dengan konsisten dan benar, maka cara menjadi Linkedin influencer ini juga merupakan langkah organik untuk menumbuhkan jumlah followers kamu.

6. Jangan Lupa untuk Promosikan Konten yang Kamu Buat

Di dalam banyak hal, karena saking banyaknya konten, terkadang konten yang bagus sekalipun menjadi sulit untuk ditemukan. Demi menghindari hal ini, maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan promosi untuk konten yang sudah kamu buat.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

Tidak perlu tanggung-tanggung, lakukanlah promosi ini di setiap media sosial lain yang kamu punya. Semakin banyak tentunya akan semakin bagus. Semakin banyak tempat kamu melakukan promosi, maka kemungkinan mendapatkan banyak pengunjung menjadi lebih tinggi.

Jika kamu mendapatkan banyak eksposure, maka akan semakin cepat juga tujuan kamu tercapai. Ini merupakan cara menjadi Linkedin influencer yang perlu kamu lakukan. Di sisi lain, kamu juga bisa melakukan hal sebaliknya, yaitu mempromosikan konten media sosial kamu yang lain di Linkedin.

7. Update Selalu Profil Kamu

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam cara menjadi Linkedin influencer adalah membangun kredibilitas. Karena dari sinilah, orang akan melihat apakah kamu kompeten dan tumbuh atau hanya diam saja. Maka salah satu cara untuk membuktikan hal ini adalah jangan lupa untuk update profil Linkedin kamu.

Lakukanlah update setiap kali ada capaian atau perubahan dalam karir yang kamu lakukan. Hal ini untuk membuktikan jika kamu terus berkembang dan belajar banyak hal baru. Ini juga merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan dari pengguna lainnya.

Sudah Siap untuk Menjadi Linkedin Influencer?

Berdasarkan penjelasan di atas, terlihat jelas jika cara menjadi Linkedin influencer merupakan satu langkah menguntungkan yang perlu kamu coba. Sebagai sebuah media sosial, Linkedin ini cukup powerfull dan tentunya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan bisnis yang kamu punya.

Meski demikian, karena berisi para profesional, maka untuk menjadi terkenal di platform ini kamu butuh pembuktian kredibilitas yang tidak mudah. Kamu perlu membangun hal tersebut dan berusaha meyakinkan para klien tentang kemampuan yang kamu punya. 

Setidaknya, itu merupakan salah satu tantangan yang perlu kamu hadapi ketika mencari ingin menjadi Linkedin influencer.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi tentang Linkedin influencer, social media influencer dan lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password